Headline Komunitas Pendidikan

Siswa-Siswi Ini Paham Nilai-Nilai Pancasila Berkat Board Game Lho!

Bagikan:

Teman-teman pasti tahu Pancasila, bukan? Ada yang masih hafal?

Ya! istilah Pancasila dikenal sebagai dasar negara Indonesia yang sudah kita pelajari sejak masih di bangku sekolah dasar. Bukan sekedar pesan, Pancasila mengandung nilai-nilai kebaikan yang mendidik Indonesia menjadi rakyat yang bertoleransi.

Sayangnya, saat ini rasanya penduduk Indonesia semakin jauh dari sikap yang mencerminkan Pancasila. Menyadari hal itu, timbul niat dari beberapa orang untuk menanamkan kembali nilai-nilai tersebut dengan cara yang lebih menarik, salah satunya lewat board game.

Masih di bulan Juni yang tak lain adalah bulan kelahiran Pancasila, Kamis (15/6) kemarin Komunitas Board Game Salatiga kembali menggelar playtest di SD St. Theresia Marsudirini 77. Acara ini merupakan kali kedua setelah komunitas ini sempat mengadakan playtest board game Pilah Sampah di tempat yang sama.

Laskar Pancasila board game
Kapan lagi main board game di dalam kelas | Foto: Komunitas Board Game Salatiga

Kali ini, melalui co-operative board game berjudul Laskar Pancasila, para siswa dikenalkan lebih dalam dengan kelima dasar negara ini. Sesuai judulnya, pemain akan tergabung di sebuah kelompok bernama Laskar Pancasila yang didirikan oleh Presiden.

Baca juga: Komunitas Board Game Salatiga Juga Ajarkan Siswa SD Pilah Sampah Lewat Board Game

Di sini, selesaikan masalah dengan mengantarkan barang dari satu tempat ke tempat lain yang bermasalah. Kemudian kelompokkan masalah tersebut sesuai dengan sila Pancasila yang sesuai. Jika benar, pemain akan mendapat poin, dan yang pertama mengumpulkan 5 poin dalam 10 putaran resmi keluar sebagai pemenang.

Memakai action programming dan pick-up delivery sebagai mekanisme permainan, game ini sukses memancing rasa penasaran siswa-siswa kelas 3 SD St. Theresia yang kala itu mendapat kesempatan mencoba di acara tersebut. Meskipun awalnya belum terbiasa, para pemain cilik ini bisa dengan cepat menguasai jalannya permainan.

Laskar Pancasila playtest
Suasana playtest | Foto: Komunitas Board Game Salatiga

 

Nah, tampaknya tidak hanya para siswa saja yang merasa senang dengan acara ini. Para guru pun rupanya memberi apresiasi positif, lho! “Saya senang dengan kegiatan ini karena anak-anak bisa mendapat pengalaman dan pengetahuan baru.” Kata Ibu Lucia, wali kelas 3 SD St. Theresia memberi komentar.

Baca juga: Komunitas Board Game Salatiga Ajak Warga Sekitar Bermain Board Game

Ibu Lucia menambahkan, beliau mendukung kegiatan bermain board game secara rutin karena bisa menambah variasi belajar anak didiknya. “Kegiatan ini bisa meningkatkan semangat belajar anak untuk anak-anak.” ujar beliau yang ikut mendampingi dalam testplay hari itu.

Semoga lewat board game dan playtest ini, para siswa bisa lebih menanamkan kembali tentang pentingnya Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, ya!

Bagikan:
amaliacindra
Newbie board gamer who love writing and watching movies. For community event and report kindly contact me on amalia(at)boardgame(dot)id. See you every month at PlayTime Bandung!