Komunitas Opini

Riset Menyatakan Bermain Board Game Seminggu Sekali Mampu Kurangi Resiko Penyakit Alzheimer?

Bagikan:

Teman-teman di sini siapa yang tidak suka bermain game? Hampir semua orang menyukai game sebagai sarana hiburan di waktu senggang bersama keluarga atau kerabat. Tak heran jika semakin lama game menjadi salah satu media interaksi berbagai bidang, dan salah satu contohnya adalah board game.

Selain menjadi media pembelajaran, rupanya board game juga bisa berguna dari segi medis, lho. Rupanya, bermain game (terutama board game) bisa memberi efek positif dari kesehatan mental sekaligus membantu mengurangi peluang terkena penyakit Demensia dan Alzheimer bagi para lansia. Wah, kenapa begitu ya?

Gambar: almadvisors.com

Ternyata sebuah riset yang digarap oleh Mayo Clinic  di Amerika Serikat menunjukkan hubungan antara aktivitas yang menstimulasi mental dengan dampaknya terhadap Mild Cognitive Impairment (MCI) atau Gangguan Kognitif Ringan.

Seperti yang dilansir dari situs Mayo Clinic, MCI adalah kasus saat manusia mengalami kemunduran mental akibat faktor usia dan masalah kesehatan serius lainnya. Jika tidak ditangani dengan benar, penderita MCI bisa beresiko menderita demensia yang disebabkan oleh penyakit Alzheimer.

Dalam riset tersebut, para peneliti ‘melacak’ kehidupan 2000 orang lansia di atas 70 tahun selama rentang waktu 4 tahun. Hasilnya adalah orang yang bermain game setidaknya seminggu sekali menunjukkan angka 22% lebih rendah beresiko MCI.

Gambar: panoramio.com

Hasil yang sama juga ditunjukkan oleh pasien yang terlibat dalam aktifitas sosial dengan angka pengurangan sebesar 23%. Tidak hanya itu, crafting atau kerajinan tangan rupanya juga berpotensi mengurangi angka MCI sebanyak 28%, dan mengakses komputer yang mengurangi MCI sebanyak 30%.

Para peneliti juga menyebutkan, “dari sudut pandang populasi, ditemukan bahwa melakukan kegiatan yang memicu aktifnya mental seperti bermain game, crafting, mengakses komputer dan bersosialisasi di usia senja sangat berpengaruh dengan berkurangnya resiko MCI.” Jelasnya.

Wah, bermain board game ternyata berguna sekali, bukan? mungkin setelah membaca artikel ini kamu bisa segera menyelipkan permainan board game sebagai kegiatan rutin di akhir minggu, untuk waktu senggang yang sehat dan menyenangkan. Bisa juga kamu mampir ke acara-acara PlayDay di kota-kota terdekatmu. Boardgame.id akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai jadwal-jadwal PlayDay. Keep playing and stay healthy!

Sumber: Purple Pawn

Bagikan:
amaliacindra
Newbie board gamer who love writing and watching movies. See you every month in PlayTime Bandung!