Kabar Game

Tantang Dirimu Untuk Menjadi Komikus Dalam Board Game “Mangaka”

Bagikan:

Pernahkah kamu terpikirkan untuk menjadi seorang komikus ? Mungkin satu hal yang mengekang keinginan tersebut adalah kesulitan bagaimana caranya menyusun kerangka cerita yang seru. Beberapa orang yang sempat mencoba membuat komik kadang terhenti karena ide cerita yang menarik tak kunjung muncul. Sebagian yang lain mungkin merenungkan bagaimana seorang Eiichiro Oda membuat dunia manga One Piece memiliki alur sedemikian menarik.

Bila memang ide yang menjadi penghambat keinginanmu menjadi seorang Mangaka (istilah komikus manga/komik jepang), maka jangan khawatir karena dengan bermain Mangaka mungkin kamu jadi semakin kreatif dan mahir dalam membuat komik.

mangaka prototype
Box dan komponen versi prototype | Gambar: kickstarter.com

Ya! akhir tahun lalu sebuah board game berjudul Mangaka: The Fast & Furious Game of Drawing Comics telah berhasil terdanai di kickstarter. Kemudian pada bulan agustus tahun ini, Mangaka akan mulai dijual bebas dipasaran dengan harga $40 (Sekitar 500 ribu rupiah).

Dalam Mangaka, kamu akan menjadi komikus yang tentunya akan membuat komik. Di dalamnya akan ada lebih dari seratus kartu tema. Pada awal giliran setiap pemain harus mengambil tiga kartu tema, misalnya “Kaijuu” atau monster raksasa; Robot; dan Hasrat menjadi orang tua. Permainan akan dimainkan selama 4 ronde, dan setiap ronde pemain harus menggambar komik yang berhubungan dengan tiga tema yang diambilnya tadi dalam waktu 5 menit saja (pada kertas gambar yang sudah disediakan). Selesai menggambar pada ronde pertama, setiap pemain harus bisa menceritakan gambar masing-masing. Pemain yang sedang tidak bercerita akan memberikan poin.

video promosi Mangaka di kickstarter:

Pada tiap ronde berikutnya akan ada kartu Trend yang dibuka. Kartu trend ini akan memberikan poin lebih bila pemain berhasil memuaskan trend ke dalam cerita komiknya, misal trend ronde ini adalah tentang olahraga.

Sebagai tambahan, panel komik yang harus digambar setiap ronde akan bertambah kelipatan dua dari ronde sebelumnya. Ronde 1 dua panel komik, ronde 2 empat panel dan seterusnya hingga ronde 4 delapan panel komik. Di akhir ronde 4, pemain yang memiliki poin paling banyak menjadi pemenangnya.

Bagaimana ? tertarik untuk menjadi komikus ? kamu bisa melihat hasil lembar komik dari para pemain yang pernah memainkan Mangaka di halaman berikut. Mungkin kamu perlu pemanasan dulu dengan memainkan board game ini sebelum menjadi Mangaka yang sesungguhnya.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!