Kabar Game

Monas Board Game, Panjat Pinang di Grand Indonesia

Bagikan:

Dalam helatan bertajuk Batavia Invades yang digelar di Grand Indonesia 13-16 Agustus lalu terlihat sebuah pemandangan unik. Meski sebagian besar tenant dari acara ini merupakan produk makanan dan fashion, sebuah area didedikasikan khusus untuk komunitas pencinta board game. Di area ini para pengunjung dapat melihat dan memainkan tidak hanya produk-produk anyar dan ternama industri board game mancanegara, namun juga board game karya anak bangsa.

Monas adalah board game yang diciptakan oleh Timothy Istianto, Bernardus Boy Dozan dan Nikko Soetjoadi yang mengangkat tema panjat pinang. Ketiganya bertemu dan membentuk grup game designer saat mengikuti kompetisi rancang board game yang bernama Board Game Challenge (BGC) 2015. Dalam kompetisi yang diprakarsai oleh kolaborasi antara Harian Kompas dan Kummara Game Design Studio tersebut Monas berhasil merebut gelar juara favorit. Sementara artikel ini ditulis setidaknya dua pemenang (Juara I dan Juara II) sedang melalui proses produksi untuk segera dirilis. Monas sebagai salah satu jawara BGC 2015 diprediksi juga sangat potensial untuk diproduksi.

Monas Board Game Dimainkan di Batavia Invades Foto: Tim Monas
Monas Board Game Dimainkan di Batavia Invades
Foto: Tim Monas

Atas undangan Arcanum Hobbies & Entertainment, Monas mendapat kesempatan untuk unjuk gigi dalam area board game di Batavia Invades. Arcanum yang mengelola area ini juga mengundang komunitas pemain Heroclix Indonesia yang bernama Indoclix, kemudian juga rekan-rekan Dicemaster Indonesia, serta tentunya pencinta board game pada umumnya. Meski belum diproduksi dan dijual bebas, Galih Aristo dari Arcanum Hobbies & Entertainment berpendapat bahwa kesempatan ini dapat memberikan eksposur tidak hanya ke karya para pemenang BGC2015, namun juga industri dan pasar board game di Indonesia pada umumnya.

Boy Menjelaskan Tentang Monas Board Game Foto: Tim Monas
Boy Menjelaskan Tentang Monas Board Game
Foto: Tim Monas

Dalam kesempatan tersebut tim Monas juga menjadi pengisi talkshow. Diskusi tersebut berjalan ringan dan hangat membahas geliat board game di tanah air, pentingnya kolaborasi antara distributor, komunitas, game designer dan developer, serta pengalaman seru tim Monas saat menjalani kompetisi Board Game Challenge 2015 bersama peserta dan finalis lainnya. Dalam kesempatan tersebut Boy dari Tim Monas juga mengutarakan harapannya untuk dapat terus menyempurnakan board game Monas agar ketika tiba saatnya untuk diproduksi dan dijual umum, masyarakat dapat menerima dan melihat Monas sebagai permainan yang baik dimainkan bersama keluarga.

Bagikan:
andredubari
boardgame enthusiast. spreading the joy and happiness of #playtogether at Manikmaya Games. will be willingly to share a board game session and a cup of coffee anytime you visit Bandung.
http://www.manikmaya.com