Advertorial Kabar Game

Nutrifood Bagikan Board Game Guna Melancarkan Kesehatan Masyarakat

Bagikan:

Setiap tahun, sebuah organisasi yang peduli dengan kesehatan masyarakat mengirimkan beberapa kandidatnya untuk terjun langsung ke beberapa kota di pelosok Indonesia. Organisasi yang bernama Pencerah Nusantara sudah berdiri selama 4 tahun dan mendedikasikan eksistensinya untuk kesehatan. Namun, mereka hadir bukan untuk mengobati penyakit melainkan mengedukasi bagaimana agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Sebelum mengirimkan para kandidat yang akan menjadi pengajar dibidang kesehatan, seluruh peserta akan dibina dan diberi pelatihan selama 7 minggu. Memasuki minggu keempat pada hari jumat lalu (22/4), teman-teman peserta Pencerah Nusantara menerima workshop oleh Nutrifood dan juga Kummara. Nutrifood membuka workshop dengan materi-materi kesehatan kemudian dilanjutkan dengan workshop yang sesungguhnya, yaitu bermain board game. Board game yang dimainkan adalah hasil kreasi tim Nutrifood yang didesain dengan bimbingan Kummara. Board game yang dimainkan berjudul “Hansel & Gratel: The Sweet Escape” dan “Live Longer yang dulu sempat diujicobakan dalam acara Festival Inovasi Nutrifood (FIND) pada Agustus tahun lalu.

Materi kesehatan
Eko Nugroho (Kummara) memberi materi | Foto: BG.ID
Sesi bermain board game
Workshop sesi bermain board game | Foto: BG.ID

 

 

Live Longer mengajarkan prinsip hidup sehat. Mengambil reversed gameplay dari ular tangga, Live Longer mencari pemain yang bisa bertahan paling lama di papan permainan. Dengan kata lain, pemain yang mencapai kotak paling ujung akan kalah. Ceritanya pemain masuk rumah sakit karena bergaya hidup yang kurang sehat. Di dalamnya juga dilengkapi dengan lifestyle card yang harus diterima atau ditolak pemain dengan membayar sejumlah uang. Misalnya, bila pemain mengambil kartu gorengan dan tidak mampu menolaknya (dengan membayar) pemain akan melangkah beberapa kotak semakin dekat dengan kotak finish.

Satu lagi ada Hansel & Gratel: The Sweet Escape, mengajarkan agar kita jangan lupa berolah raga dan bergerak bila tubuh mengkonsumsi terlalu banyak gula. Permainan ini menceritakan alternitve-story ketika Hansel & Gretel berhasil lari dari penyihir. Ketika lari Gretel tertinggal dan tersesat di hutan. Di sini pemain akan berperan menjadi penyihir baik dan penyihir jahat. Tujuan dari penyihir baik adalah menunjukkan jalan agar Gretel kembali desa, sebaliknya penyihir jahat mengiginkan Gretel kembali ke rumah penyihir. Pemain akan dibekali dengan beberapa kartu aksi yang akan membuat Gretel berjalan atau menghambatnya dengan makanan-makanan manis. Masalahnya bila Gretel terlalu banyak makan ia tidak akan bisa berjalan. Hal ini bisa di counter dengan kartu olah raga untuk mengurangi kadar gula dalam tubuh.

Hansel & Gretel: The Sweet Escape
Hansel & Gretel: The Sweet Escape | Foto: BG.ID
Live Longer
Live Longer | Foto: BG.ID

Di akhir workshop Nutrifood membagikan beberapa copy board game mereka untuk tiap kelompok yang menjadi peserta Pencerah Nusantara. Kummara dan Nutrifood sama-sama percaya bahwa bermain juga bisa menjadi menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Harapannya, teman-teman Pencerah Nusantara juga bisa menggunakan board game dari Nutrifood untuk membantu mereka ketika mengedukasi masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!
  • DB. Mochran

    Apakah bisa mendapatkan game ini dari Nutri Food?