Advertorial Headline Kabar Industri Kabar SPIEL Press Release

Open Call! Ayo Daftarkan Board Game Buatanmu Untuk Tampil di Pameran Essen SPIEL 2018

Bagikan:

Board Game Indonesia Bakal Unjuk Gigi Lagi di Jerman Tahun Ini

Open call bagi penerbit dan perancang board game lokal untuk berpartisipasi di Essen Spiel 2018

Jakarta (17/07) – Tahun demi tahun, industri board game Indonesia bertumbuh dengan pesat dan makin dewasa. Hal baik ini bisa dicermati dengan banyaknya tempat bermain board game serta judul board game karya anak bangsa yang bermunculan. 

Setidaknya saat ini hampir 40 judul board game lokal telah membanjiri pasar board game di Indonesia sejak industrinya mulai menggeliat di 2014. Dari data yang dirilis APIBGI dalam Musyawarah Nasional bulan April lalu, diperkirakan akhir tahun 2018 ini sudah ada 20 studio / penerbit board game lokal yang berkreasi dan merilis produk board game dan card game di Indonesia.

Open Call Essen SPIEL 2018

Tahun ini Indonesia akan kembali hadir di salah satu pameran board game terbesar di dunia, Essen SPIEL 2018 di Jerman. Ini merupakan kali ketiga Indonesia tampil pada ajang tersebut dan akan membentuk booth Industri board game Indonesia pada partisipasi kali ini. 

Baca juga: Potret Kesuksesan Board Game Asli Indonesia Memikat Pengunjung Pameran Board Game Dunia

Keikutsertaan Indonesia pada Essen SPIEL 2018 merupakan buah kerjasama Deputi IV Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Asosiasi Pegiat Board Game Indonesia (APIBGI). Mengusung brand Archipelageek dari BEKRAF yang kerap mengangkat produk-produk industri game tanah air, booth Indonesia di Essen SPIEL 2018 akan hadir di Hall 3 Messe Essen seluas 66 m2.

Baca juga: Ludes! Board Game dari Indonesia Terjual Habis di Hari Ketiga Pameran Board Game di Jerman

Dalam penandatanganan nota kesepahaman antara BEKRAF dan APIBGI yang telah dilakukan pada bulan Juli 2018 di Hotel Grand Asrilia Bandung , partisipasi Indonesia dalam Essen SPIEL 2018 diharapkan jadi awal dari rangkaian program bersama kedua belah pihak dalam mengakselerasi tumbuh kembangnya industri board game Indonesia.

Partisipasi Indonesia di Essen SPIEL 2017 | Foto: Kevin Yonathan

Mengutip pernyataan dari Andre, Ketua Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia, kolaborasi BEKRAF dan APIBGI di hadirnya booth Indonesia pada Essen SPIEL 2018 ini sangat berpotensi untuk bisa mengakselerasi tumbuh kembangnya industri board game Indonesia. Nantinya booth seluas 66 meter persegi harus dapat berisikan produk-produk board game dan card game berkualitas yang merepresentasikan tidak hanya industrinya namun juga Indonesia secara keseluruhan. Maka dari itu penting sekali proses pemilihan (kurasi) produk dan karya yang dibawa dilakukan dengan prosedur open call yang baik.

Merujuk kepada kesempatan itu, BEKRAF dan APIBGI mengundang para kreator atau perancang board game lokal untuk bergabung meramaikan booth Indonesia di Essen SPIEL 2018 dengan mendaftarkan karya-karya pada Open Call Essen 2018 yang dibuka mulai dari ini hingga 10 Agustus 2018.

Persyaratan serta pendaftaran karya dapat dilihat dan dilakukan melalui tautan berikut: http://bit.ly/archipelageek-essen2018

“Kami mengharapkan board game Indonesia yang terpilih dan ikut meramaikan ajang ini bukan hanya menunjukkan geliat industri game di Indonesia, tapi juga menjadi mampu jadi duta kreativitas anak negeri terkait boardgame,” tambah Andre ketika membahas detail perihal open call.

Lewat Open Call tersebut APIBGI optimis dapat memperkenalkan setidaknya 15 judul board game Indonesia yang akan ditampilkan dalam ajang Essen SPIEL 2018.

Board Game dari Indonesia terjual habis di Essen SPIEL 2017 | Foto: Kevin Yonathan

Tentang APIBGI

APIBGI atau Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia adalah asosiasi yang menaungi para pelaku industri board game di Indonesia, baik rekan penerbit, perancang, hingga distributor, retailer dan akademisi terkait. Berdiri tahun 2017 di kota Solo, APIBGI berharap dapat mengakselerasi tumbuh kembangnya industri board game Indonesia untuk tidak hanya dapat bersaing secara global, namun juga menjadi bagian dari kultur bermain masyarakat Indonesia.

Tentang BEKRAF atau Archipelageek

BEKRAF atau Badan Ekonomi Kreatif Indonesia adalah lembaga pemerintah yang bergerak secara spesifik dalam pengembangan industri kreatif di Indonesia yang melingkupi hingga 16 subsektor ekonomi kreatif. BEKRAF menghadirkan Archipelageek sebagai salah satu brand aktivitas unggulan BEKRAF yang salah satunya menaungi subsektor Aplikasi dan Game. Dalam Essen SPIEL 2018 yang akan menghadirkan booth Indonesia, Archipelageek menjadi tajuk besar paviliun Indonesia yang membawakan board game dan card game terbaik dari Indonesia

Tentang Essen Spiel

Essen SPIEL yang secara harafiah diartikan kota Essen bermain, adalah helatan terbesar industri board game dunia yang digelar setiap bulan Oktober di kota Essen. Dalam data yang dirilis oleh penyelenggara Essen SPIEL, tahun 2017 lalu SPIEL dihadiri oleh 182.000 pengunjung dari setidaknya 51 negara dan menghadirkan lebih dari 1000 eksibitor. Tahun 2014 dan 2017 penerbit asal Indonesia mulai hadir sebagai eksibitor di acara ini. Di tahun 2018 ini Indonesia akan memiliki booth seluas 66 meter persegi di Hall 3 Messe Essen untuk menghadirkan produk board game dan card game terbaik di bawah tajuk Archipelageek.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!