Headline Pendidikan Press Release

Ribuan Mahasiswa Baru di Ubaya Lewati Masa Orientasi dengan Bermain Card Game Dunia Kampus

Bagikan:

Hits: 1

Surabaya – Ribuan Mahasiswa Baru (Maharu) Universitas Surabaya (Ubaya) tahun akademik 2018/2019 mengenal kampus melalui card game “Dunia Kampus”, saat menjalani Masa Orientasi Bersama (MOB). Secara massal, Maharu bermain Kartu Dunia Kampus pada Kamis, 2 Agustus 2018 pukul 10:00-12:00 di Gedung Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) EA Lantai 2 Kampus Ubaya Tenggilis Jl.Raya Kalirungkut Surabaya.

MOB versi Universitas Surabaya | Foto: Adhicipta R. Wirawan.

“Seiring perayaan Ubaya ke 50 Tahun, MOB kali ini bertemakan Abhinaya Kanaka atau dalam bahasa Sansekerta berarti ‘Semangat Emas’, kami ingin membuat hal yang baru,” ungkap Aris Surya Putra, S.E., M.Ak. selaku Ketua MOB 2018. Terdapat divisi Gamifikasi yang membuat Kartu Dunia Kampus untuk mensimulasikan proses yang akan dijalani oleh para Maharu sampai nantinya wisuda.

Kartu Dunia Kampus terdiri dari 105 kartu, dan terdapat Kartu Aktivitas yang terbagi dalam empat kategori yaitu Kartu Kuliah, Kartu Minat & Bakat, Kartu Kewirausahaan dan Kartu Ormawa. Terdapat pula kartu pendukung seperti Kartu Beasiswa, Kartu Sahabat, Kartu MOB, Kartu Pemain Pertama dan Kartu Ijazah. Kartu ini dapat dimainkan oleh 3-5 orang/kelompok.

Unik! mengenal kampus lewat permainan Dunia Kampus | Foto: Adhicipta R. Wirawan.

Awal permainan diibaratkan seperti tahun ke-1 perkuliahan, pemain mendapatkan satu Kartu Sahabat sebagai bonus dan masing-masing memilih dua Kartu Aktivitas yang diulang sampai tiga kali. Tahun pertama ditutup dengan penilaian Kartu Aktivitas tiap pemain. Bagi yang memiliki jenis-jenis Kartu Aktivitas terbanyak, dialah yang akan mendapatkan poin sesuai yang ditetapkan.

Selanjutnya masuk dalam tahun ke-2 perkuliahan yang terdapat tahap evaluasi, sesuai dengan siklus akademik di Ubaya. Tiap pemain minimal memiliki 3 Kartu Perkuliahan dan 1 Kartu Ormawa, jika tidak mereka harus berhenti dari permainan atau terkena DO (Drop Out). Bagi pemain yang memenuhi syarat evaluasi, mereka berhak mendapatkan Kartu Beasiswa dan Kartu Juara sesuai ketentuan yang berlaku. Setelah itu, tahun kedua ditutup dengan penilaian Kartu Aktivitas kembali.

Ribuan Maharu Ubaya kenali kehidupan kampus dengan bermain | Foto: Adhicipta R. Wirawan.

Tahun ke-3 perkuliahan, pemain harus mengembalikan Kartu Aktivitas yang dimiliki dan memilih dua Kartu Aktivitas baru yang diulang sampai tiga kali. Setelah itu, pemain kembali melakukan Penilaian Kartu Aktivitas dan menentukan siapa yang memiliki jenis-jenis Kartu Aktivitas terbanyak serta berhak mendapatkan poin.

Tahap terakhir, tahun ke-4 perkuliahan masing-masing pemain melakukan evaluasi kembali serta wajib memiliki Kartu MOB. Bagi pemain yang tidak memiliki Kartu MOB, mereka tidak berhak mendapatkan Kartu Ijazah dan mengikuti wisuda, karena MOB merupakan syarat kelulusan sesuai dengan ketentuan di Ubaya. Selanjutnya, pemain yang lolos evaluasi dan memiliki kartu MOB melakukan penilaian Kartu Aktivitas serta menghitung total poin yang mereka dapatkan selama 4 tahun.

Baca juga: Unik! Universitas Kritsten Petra Surabaya Ubah Ujian Akhir Menjadi Sesi Main Board Game

“Sebelum dan sesudah bermain Kartu Dunia Kampus, Maharu kami minta untuk mengikuti test online singkat seputar dunia kampus untuk mengukur wawasan mereka. Harapannya setelah bermain, pengetahuan mereka meningkat mengenai beasiswa, siklus akademik, aktivitas perkuliahan secara nyata,” ujar Adhicipta Raharja Wirawan S.E., M.A., Ak selaku Koordinator Divisi Gamifikasi MOB 2018.

Informasi lebih lengkap tentang Dunia Card Game hubungi Adhicipta R. Wirawan di 0812-3110-935

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!