Headline Kabar Industri Komunitas Press Release

Pameran Board Game Seluas 10 Kali Stadion GBK Kembali Digelar di Jerman Bulan Oktober Mendatang [Kabar SPIEL]

Bagikan:

Kamu pernah datang ke sebuah pameran? Pameran seni, otomotif, atau mainan mungkin? Baru sehari keliling pameran melihat berbagai produk dari para eksibitor mungkin sudah melelahkan. Awal Agustus lalu digelaran Popcon Asia 2017 beberapa pengunjung sengaja datang dua hari berturut-turut untuk bisa menikmati pernak-pernik yang ada di pameran tersebut.

Biar kamu tahu aja nih, luas pameran Popcon Asia 2017 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center – Exhibition Hall B sekitar 5.850 m². Untuk perbandingan yang lebih umum, lapangan rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) luasnya 7.700 m².

Baca juga: Potret Kiprah Board Game Indonesia di Ajang Popcon Asia Area Tabletopia

Sekarang bayangkan kalau ada pameran yang luasnya mencapai 10 kali lipat dari GBK. Capek gak tuh kelilingnya? Well, tak perlu lagi dibayangkan karena pameran seluas itu benar adanya. Negara Jerman setiap tahun memiliki agenda untuk menggelar pameran board game terbesar di dunia. Pameran yang biasa dilangsungkan di bulan Oktober di kota Essen ini diberi nama Internationale Spieltage atau yang biasa disebut SPIEL.

Masih ingat dengan surat ini? Ini adalah press rilis edaran untuk SPIEL 2017.

Beruntung, boardgame.id dipercaya oleh Friedhelm Merz Verlag (EO atau penyelenggara SPIEL) untuk menyebarkan berita dan segala kabar terbaru terkait SPIEL’17. Oktober mendatang menjadi tahun ke 35 SPIEL hadir untuk para penggemar board game di seluruh dunia.

Menanggapi jumlah boardgamer di dunia yang makin bertambah setiap tahunnya. SPIEL’17 juga akan menambah luas wilayah pamerannya. Messe Essen, tempat digelarnya SPIEL, hanya menggunakan lahan seluas 66.000 m² tahun 2016 lalu. Tahun ini area diperluas lagi hingga 72.000 m², ya hampir 10 kali luas lapangan rumput GBK kan?

Baca juga: [Infographic] Bagaimana Menjadikan Game Sebagai Pembelajaran Matematika?

Hall 6 dan 7 yang tahun lalu hanya terisi setengahnya, untuk tahun ini akan terisi penuh. Mereka pun untuk pertama kalinya akan membuka Hall 8.  Area seluas itu isinya apa saja?

10x Stadion GBK
Denah SPIEL 2016 | Gambar: merz-verlag-en.com

Tentu mayoritas akan diisi oleh board game. Menurut surat edaran pertama di atas, terdaftar ada 1.100 eksibitor dari 50 negara yang akan mengisi area pameran. Jika setiap eksibitor atau publisher memiliki setidaknya memamerkan lima board game, berarti ada minimal 5.500 judul board game tersebar di Messe Essen. Wow!

Ya! pameran ini memang surganya board game. Untungnya pameran ini berlangsung selama empat hari, jadi ada waktu untuk bermain berkeliling dan bermain board game sepuasnya. Hanya saja tetap mustahil kalau kamu ingin menjajal semua board game baru di sana.

Segini dulu [Kabar SPIEL] kali ini, pantengin selalu situs berita boardgame.id tercinta untuk berita SPIEL terbaru. Jangan lupa LIKE fanpage Boardgame.id agar tidak ketinggalan berita teranyar terkait industri board game dunia dan tanah air.

GBK portraits credits to Naif Al’as (2015)
Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!