Kabar Game

Tak Lagi Atasi Penyakit, Pandemic Terbaru Ini Menawarkan Tantangan Baru

Bagikan:

Selama ini kamu dan teman-temanmu diharuskan bekerja sama untuk mencari cara membuat obat penawar untuk penyakit mematikan yang menyerang dunia dalam board game Pandemic. Alih-alih bergelut dengan virus, seri Pandemic teranyar ini menantang pemain untuk menghadapi masalah baru, yaitu banjit.

Diberi judul Pandemic: Rising Tide, game ini bercerita tentang peristiwa meluapnya level air yang kemudian membuat Belanda kebanjiran. Kini Matt Leacock, desainer Pandemic original, menggandeng Jeroen Doumen (Food Chain Magnate, Indonesia) dalam pengembangan seri ini.

Meski dibalut narasi dan tujuan yang berbeda, namun goal dari Rising Tide tetap sama yaitu menyelesaikan empat objektif. Keempat objektif ini tentu bukan lain mencari penawar untuk sebuah penyakit melainkan mencegah banjir.

Beberapa upaya yang bisa dilakuakn pemain mengganti cara kuno yang dilakukan masyarakat Belanda seperti membuat tanggul dan pompa bertenaga angin yang sebelumnya digunakan untuk menahan arus pasang surut dengan cara yang lebih modern yang bisa mengalihkan arus air dari pusat kota.

Baca juga: SpongeBob dan Kartun Nickelodeon Tahun 90-an Lainnya Hadir Kembali dalam Wujud Board Game

Sementara itu, pemain juga perlu mengatur penduduk Belanda di sekitar wilayah banjir, menjaga bisnis dan membangun pelabuhan di sepanjang Sungai Maas, serta situasi lain yang dipicu oleh air yang makin meninggi. Akan ada objektif baru menjadi skenario baru, sehingga setiap sesi permainan akan terasa berbeda.

Dalam Rising Tide, banjir juga dapat menyebar ke wilayah-wilayah lain layaknya Pandemic pada umumnya. Walaupun banjir pernah diangkat Matt Leacok dalam Forbidden Island buatannya, ia mengaku Rising Tide akan menawarkan permainan yang lebih kompleks dengan tetap memakai pakem asli Pandemic.

Z-man Games sekalu penerbit dari berbagai seri Pandemic menyatakan akan mendonasikan sebagian dana yang didapat dari Rising Tide untuk membantu korban bencana banjir. Sayangnya hingga saat ini masih belum ada kabar kapan tanggal rilisnya.

Sumber: Z-man Games

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!