Kabar Game

Para Penyabet Gelar “Spiel des Jahres” Tahun 2015

Bagikan:

Senin kemarin (6/7), telah diumumkan para pemenang penghargaan “Game of the Year” atau yang biasa disebut Spiel des Jahres. Sedikit mengingatkan apa itu Spiel des Jahres (SdJ), adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada board game-board game terbaik. Tidak hanya film atau aktor saja yang bisa mendapatkan penghargaan. Bisa dibilang SdJ bagaikan Piala Oscar di industri board game. Jadi board game yang berhasil menyabet gelar SdJ, diibaratkan board game paling baik sejagad.

Bulan Mei lalu nominasi SdJ sudah diumumkan dan kini saatnya mengumumkan board game terbaik tahun 2015.

Kinderspiel des Jahres

Ini adalah kategori untuk game anak-anak, diartikan juga sebagai Game anak-anak terbaik. Pemenangnya Kategori ini adalah Spinderella.
Permainan yang dibuat oleh Roberto Fraga ini menciptakan mekanisme yang unik. Memadukan mekanisme magnet dengan papan permainan yang bertingkat. Tingkat pertama menjadi area dimana bidak pemain yang dalam game ini berlaku sebagai semut. Tingkat kedua menjadi area laba-laba yang ingin memangsa para semut. Laba-laba inilah yang memiliki magnet. Para semut (pemain) harus berlomba menelusuri hutan (papan permainan) agar sampai tujuan tanpa ditangkap oleh laba-laba.

Kennerspiel des Jahres

spinderella

Merupakan kategori untuk gamer-gamer lanjutan, game-game yang masuk nominasi ini juga memiliki tingkat kompleksitas dan kesulitan yang tinggi, perlu mencurahkan banyak strategi untuk memainkannya. Pemenang untuk kategori ini adalah Broom Service.
Dirancang oleh Andreas Pelikan & Alexander Pfister. Menceritakan seorang penyihir yang akan membuat ramuan ajaib dan mengantarnya kepada pemesan dengan sapu terbangnya. Permainan ini dipenuhi dengan kebimbangan akan pilihan yang tidak bisa diambil sembarangan. Sebagai penyihir pemain dihadapkan dengan pilihan ‘Berani’ atau ‘Penakut’. Jika memilih dengan berani, hasil yang akan didapat juga berlimpah namun tentu sangat beresiko. Seperti kata pepatah “High risk, high return“. Memilih jalan penakut terkadang juga menjadi pilihan yang tepat walaupun kepuasan yang didapat tidaklah seberapa.

Spiel des Jahres

colt express

Merupakan kategori utama. Judul-judul yang masuk ke dalam nominasi dan para jawara yang telah lalu untuk kategori ini selalu ramah untuk dimainkan bersama keluarga. Permainannya pun tidak terlalu rumit namun tetap menantang. Pemenang Spiel des Jahres 2015 jatuh kepada Colt Express, buah karya dari Christophe Raimbault.
Disini pemain menjadi perampok yang sedang berencana membajak kereta api. Ya! berencana. Itulah sebenarnya garis besar permainan ini. Pemain akan mengatur langkah demi langkah dengan menyusuh urutan beberapa kartu aksi, namun aksi tersebut baru dieksekusi diakhir giliran. Dilengkapi juga dengan kereta dan gerbong-gerbongnya yang terbuat dari cardboard secara ciamik, membuat Colt Express memang layak menyabet gelar permainan terbaik tahun ini.

Nah, sudahkan kamu mencoba memainkan para jawara diatas?

Bagikan: