Kabar Game

Patchwork, Ayo Kita Merajut Tiles!

Bagikan:

Kalian pernah merajut? Banyak yang belum pernah pastinya, karena merajut bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan siapa saja. Butuh keahlian khusus untuk bisa melakukannya dengan benar. Dan konon, ini adalah kegiatan perempuan. Jadi kalo lelaki, ya tidak merajut. Kamu lelaki dan mau merajut? Main Patchwork saja!

Patchwork adalah permainan yang didesain oleh Uwe Rosenberg, game designer dari Agricola, Le Havre, Caverna, Bohnanza dan lainnya yang sudah terkenal dalam hobi board game. Patchwork merupakan permainan untuk 2 orang tentang merajut, tentunya. Dalam permainan ini, pemain akan berusaha untuk melengkapi papan miliknya dengan tiles yang tersedia dalam waktu yang sudah ditentukan. Waktu dan kancing merupakan dua mata uang dalam permainan ini. Sederhananya, untuk merajut kita perlu menggunakan kancing dan juga memakan waktu. Kita juga menggunakan kancing untuk membeli bahan (tile) untuk dirajut.

Papan Pemain
Papan Pemain

Kotak permainan ini cukup kecil, lebih kecil dari kotak personal pan pizza. Isinya terdapat beberapa pion, tile dan juga papan. Terdapat 3 buah papan, masing-masing untuk satu pemain dan penanda waktu. Sebelum memulai permainan, pemain harus mengacak semua tile yang tersedia dan menyusun melingkari papan penanda waktu. Satu pion diletakkan di dekat tile yang paling kecil (dengan ukuran 2 petak). Sedangkan pion para pemain diletakkan pada posisi awal yang ada di papan permainan. Pemain mendapat papan masing-masing dan sejumlah kancing.

[fruitful_tabs type=”accordion” width=”80%” fit=”false”]
[fruitful_tab title=”Informasi Permainan”]

Judul: Patchwork
Game Designer: Uwe Rosenberg
Ilustrasi: Klemens Franz
Publisher: Mayfair Games / Lookout Games / 999 Games / Funforge
Jumlah pemain: 2 orang
Waktu bermain: 15-30 menit
Rekomendasi usia: 6 tahun ke atas

[/fruitful_tab]
[/fruitful_tabs]
Pada gilirannya, pemain harus memilih satu (1) dari dua (2) aksi yang tersedia, antara mengambil tile rajutan atau memajukan pion miliknya di papan waktu. Jika pemain memilih mengambil tile rajutan, dia bisa memilih satu (1) dari tiga (3) tile di depan pion penanda saat itu berada. Disetiap tile tertera harga tile tersebut dan jumlah kancing yang dihasilkan pada saat menerima penghasilan (bisa saja tidak ada). Ketika mengambil tile, pemain harus membayar kancing dan waktu yang tertera, dan segera meletakkannya pada papannya. Setelah diletakkan, tile tersebut tidak bisa dipindahkan atau digeser lagi.

20150531_105900-1
Beberapa jenis dan ukuran tile dalam permainan

Ketika memilih untuk memajukan pion, pemain memindahkan pion hingga berada 1 kotak didepan pion pemain lawan dan mendapatkan kancing sejumlah berapa kotak pion pemain tadi melangkah. Jika dampak kedua hal diatas membuat pion pemain melewati simbol kancing pada jalur, pemain menerima penghasilan kancing sejumlah simbol kancing yang dimiliki pada papannya. Dan ketika melewati tile kotak, pemain pertama akan mendapatkan bonus ini dan segera meletakkannya di papan untuk menutup lubang.

Patchwork
Patchwork

Mudah bukan? Cara bermainnya memang mudah, tapi jangan salah, untuk memenangkan permainan ini dibutuhkan perhitungan yang cukup cermat dan keputusan yang optimal. Karena semua tile yang diambil memiliki biaya, pemain akan dihadapkan pada pilihan apakah tile tersebut cukup menguntungkan untuk diambil. Pertimbangan tersebut berasal dari harga kancing dan waktu yang harus dibayar, waktu pengambilan apakah masih cukup giliran untuk tile tersebut menghasilkan keuntungan, dan seberapa besar ukuran tile dan bentuknya. Semakin besar ukuran tile, semakin banyak tempat yang tertutup, mengurangi poin negatif yang dihasilkan tempat yang tidak tertutup diakhir permainan. Akan tetapi biasanya tile ukuran besar tidak begitu menghasilkan kancing. Hal inilah yang membuat permainan ini sangat menantang. Semakin hebat lawannya, semakin tinggi tantangannya.

Memilih tile rajutan
Memilih tile rajutan

Jadi jangan liat tampilan permainannya yang lucu, imut dan cukup menawan, ini merupakan kegiatan merajut yang serius. Mudah dimainkan tetapi memberikan tantangan yang cukup tinggi. Jadi, kalau kalian masih tertarik merajut, ayo kita rajut tiles bersama! Ajak main keluarga, teman-teman dan siapa saja bermain merajut sambil mengasah otak.

Baca juga:

Patchwork Board Game Kini Bisa Dimainkan di Handphone Salah satu tantangan dalam bermain board game adalah keharusan mengumpulkan para pemain di satu tempat. Terkadang untuk beberapa orang sangat sulit me...
Fans Star Wars Dimanjakan Di Spiel 2015 Perwujudan Star Wars dalam dunia board game sudahlah menjamur. Mulai dari X-wing, RPG, LCG, hingga yang ber-genre petualangan seperti Star Wars: Imper...
Cottage Garden, Berkebun dengan Board Game Karya Uwe Rosenberg Bagi penggemar board game dengan gaya euro kamu pasti kenal dengan judul-judul seperti Agricola, Caverna: The Cave Farmers atau Patchwork. Ketiga judu...
Bagikan:
vardamir
Angrod Vardamir (aka Kris Ardianto) started his board gaming journey in 2011 when a friend asked him to play Monopoly, which He dislikes. After that He went to try His first 'true' board game in Arkham Horror and fell in love with the hobby. He found out His passion in board gaming and joined IBG (Indo Board Games) community during it's pinnacle moment, exploring hundreds of titles with other members. Now He is sort of a board game connoisseur though there are still a lot of things to learn. He plays, collects and manages blog review about board games (https://myboardgamejournal.wordpress.com). Vardamir has been an avid gamer since the beginning but his true taste lies on games with Euro-style, constrained luck and non-abstract. Of course despite of His taste, he still likes great epic Ameritrash or Hybrid games like Twilight Imperium, Chaos in The Old World and others.
https://myboardgamejournal.wordpress.com/