Event Headline Pendidikan

60 Pelajar di Kota Solo Giat Sebarkan Perdamaian Lewat Board Game

Bagikan:

Ketika pembaca masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas atau baru menjajaki perkuliahan, hal-hal apa saja yang pernah kalian capai? Juara 1 di kelas? Meraih medali emas dalam olimpiade sains? Menjadi wakil fakultas dalam debat internasional?

60 pelajar SMA dan Mahasiswa di kota Solo memilih untuk menyebarkan nilai-nilai perdamaian lho! Mereka percaya, segala macam kerusuhan, terorisme dan penghakiman massal bisa ditekan jika makin banyak orang yang tahu tentang nilai-nilai perdamaian. Lalu bagaimana cara mereka melakukannya?

Pertengahan November lalu, Peace Generation melangsungkan pelatihan khusus pelajar SMA dan Mahasiswa untuk menjadi agen perdamaian. Dalam melangsungkan pelatihan ini, organisasi non-profit yang bermarkas di kota Bandung secara terang-terangan menggunakan board game untuk program yang mereka namai “Board Game for Peace”.

Foto: Robbi Esha (PeaceGen)

Selama dua hari, 30 pelajar SMA dan 30 Mahasiswa yang terpilih diberi tidak hanya berupa materi dan studi kasus, namun juga belajar menggunakan board game untuk memudahkan mereka menyalurkan semangat perdamaian. Bahkan di hari kedua, mereka secara khusus menelaah manfaat board game yang akan mereka gunakan untuk menyebar perdamaian.

Ternyata mereka memainkan Galaxy Obscurio, board game rancangan Kummara Studio dan Peace Generation. Board game ini menantang para pemainnya untuk menjadikan planet miliknya lebih unggul dari pemain lain. Namun banyak hal yang perlu diperhatikan agar tidak ada satupun planet lain yang hancur.

Pelajar Solo
Foto: Robbi Esha (PeaceGen)

Usai mengulik Galaxy Obscurio, peserta ditantang untuk mengajak orang-orang baru (yang kebanyakan bahkan tidak mereka kenal) untuk bermain board game perdamainan ini. Yup! hanya dengan mengajak orang memainkan Galaxy Obscurio, setidaknya semua permain yang terlibat akan merasakan bahwa perdamaian itu penting.

Menariknya, program Board Game for Peace ini tidak hanya berhenti di kota Solo saja lho! Peace Generation masih membuka pendaftaran bagi para pelajar SMA dan Mahasiswa untuk regional Surabaya (pendaftaran hingga 2 Desember 2017), Padang (pendaftaran hingga 26 Desember 2017) dan Makassar (pendaftaran hingga 2o Januari 2018).

Segera kunjungi situs Peace Generation untuk informasi lengkap dari program ini. Cari tahu juga segala update kegiatan mereka di instagram: @peacegenid. Untuk pendaftaran, klik: Registrasi Board Game for Peace.

Bagikan:
vagansza

Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover who works on Manikmaya Games, board game publisher from Bandung.
Nice to meet you!