Event Headline Ngobrol Game Pendidikan Press Release

Penasaran Apa Pengaruh Game Ke Dunia Pendidikan? Ikut #NgobrolGame Aja di Depok Sabtu Ini

Bagikan:

Mengkaji Potensi dan Peranan Game untuk Meningkatkan Mutu Dunia
Pendidikan di Indonesia

Diskusi publik terkait peranan game dalam dunia pendidikan akan digelar pada awal Maret
2018.

Game dan dunia pendidikan seakan-akan dua hal yang berbeda. Tidak aneh ketika kita mendengar orangtua atau guru meminta anaknya untuk berhenti bermain game dan belajar. Padahal, proses bermain merupakan proses belajar yang esensial dalam perkembangan seorang anak.

Tentunya topik ini masih jadi perdebatan dan mengundang banyak pertanyaan. Untuk itu Ludenara bersama Code Margonda menggelar kegiatan #ngobrolgame dengan tema “Game dan Dunia Pendidikan” pada Sabtu, 3 Maret 2018 di Code Margonda, Depok, pada pukul 13:00 – 16:00 WIB.

Kegiatan #ngobrolgame akan menghadirkan Eko Nugroho, game designer asal Bandung yang telah menjadi finalis di Gamification World Award dan merupakan seorang Game-based Learning Expert di Indonesia. “Ketika kecil, manusia itu belajar dengan permainan lho. Kenapa semakin kita besar, semakin kita berhenti belajar? Itu salah satu hal yang ingin kami diskusikan dalam kegiatan ini,” ujar Eko.

Eko mengatakan, diskusi #ngobrolgame ini diharapkan bisa membuka percakapan mengenai game dalam berbagai aspeknya, termasuk dalam hal ini kaitannya dengan dunia pendidikan. Peserta diskusi diharapkan bisa membuka pikiran mereka akan berbagai kemungkinan dan sudut pandang, demi sama-sama meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam kegiatan di Depok, Ludenara bekerjasama dengan Code Margonda selaku community hub yang fokus pada inovasi dan kreativitas. Didi Diarsa, salah satu pendiri Code Margonda, menyambut baik berbagai upaya pengembangan dunia pendidikan di Indonesia.

“Code Margonda selama ini juga sangat peduli dengan pendidikan dan keluarga. Kami memiliki beberapa program rutin, misalnya konseling untuk anak berkebutuhan khusus. Di bidang game, kami juga beberapa kali melakukan pelatihan pembuatan game untuk developer,” ujar Didi.

Ke depannya, Ludenara dan Code Margonda berencana menjalin kerjasama lebih erat lagi melalui berbagai program rutin terkait game. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan potensi bakat Indonesia di bidang tersebut agar bisa berkiprah di tingkat global.

Tentang Ludenara:
Ludere Nusantara (Ludenara) adalah sebuah organisasi non for profit yang fokus pada implementasi pembelajaran berbasis game (game-based learning) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pendidikan di Indonesia.

Tentang Code Margonda​:
Didirikan sejak 2013, Code Margonda merupakan sebuah community hub​ yang dibangun dari dan untuk komunitas di Depok. Visinya adalah menjadikan Depok memiliki sumberdaya yang mampu bersaing di tingkat global dengan memanfaatkan inovasi dan kreativitas.

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi: Novieta Wibowo – 0858 1448 8298

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!