Headline Komunitas

Komunitas Board Game Salatiga Ajarkan Siswa SD Pilah Sampah Lewat Board Game

Bagikan:

Hayo ngaku, di sini siapa yang masih suka buang sampah sembarangan? Atau malas memilah sampah menjadi bagian terpisah? Ya, hal ini kadang menjadi kelalaian hampir setiap orang di Indonesia.

Nah, demi menanamkan kesadaran akan sampah pada generasi muda, beberapa orang membuat cara yang menarik untuk dilakukan. Salah satunya adalah belajar menjaga kebersihan lewat media board game!

Rupa board game Pilah Sampah
Rupa board game Pilah Sampah | Foto: Komunitas Board Game Salatiga

Tepatnya Rabu (24/5) kemarin, Komunitas Board Game Salatiga mengadakan testplay board game buatan mahasiswa DKV Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Bersama 40 anak dari SD St. Theresia Marsudini 77 Salatiga, komunitas ini bermain game berjudul Pilah Sampah.

Game ini mengajak para anak-anak SD berperan sebagai pasukan peduli lingkungan yang ingin menyadarkan masyarakat tentang kebersihan. Game ini dibuat dengan memanfaatkan mekanisme roll and move, serta pick-up and deliver.

Pemain harus mengambil sampah yang tersebar di papan dan memasukkannya ke tempat sampah yang sesuai untuk mendapat poin. Tak hanya itu, poin tambahan bisa didapat jika pemain bisa mengumpulkan sampah untuk didaur ulang. Akhirnya, pemain dengan poin terbanyak berhak menjadi sang pemenang.

Dimulai sejak pagi, para siswa SD terlihat sangat antusias memainkan game buatan Imanuel Vicky Christian ini. Bahkan mereka tidak mau berhenti walaupun waktu sudah habis, dan membuat para guru cukup kewalahan. Beberapa anak juga tertarik untuk membeli board game yang dibuat sebagai tugas akhir tersebut.

Ketika diminta mengapresiasi acara ini, Bapak Anton mengaku senang dan sangat mendukung sistem belajar dengan media game. “Belajar dengan game pasti akan lebih menarik, terutama untuk usia SD. Materi jadi lebih mudah ditangkap oleh siswa.” Jelas guru SD St. Theresia ini.

Sesi playtest Pilah Sampah
Sesi playtest | Foto: Komunitas Board Game Salatiga

Harapannya, game Pilah Sampah ini bisa memberi informasi tentang sampah dan kebersihan, serta melatih motorik dan kemampuan sosialisasi anak. Selain itu, para guru juga bisa memakai game ini dalam pembelajaran di sekolah, lho. Sekolah menjadi lebih seru, bukan?

Nah, itu tadi keseruan di acara bermain bersama di Salatiga yang luar biasa. Semoga nantinya semakin banyak karya anak bangsa yang bisa mengubah lingkungan jadi lebih baik, ya. Ssst, Komunitas Board Game Salatiga masih akan mengadakan testplay dalam waktu dekat nih, dengan tema Pancasila dan Sejarah Kerajaan di Indonesia. Nantikan beritanya, ya!

Penasaran dengan kegiatan mereka? Gabung saja ke facebook group Komunitas Board Game Salatiga.

 

Bagikan:
amaliacindra
Like to discover everything (including board game). Like to play everything (especially board game). Love chocolate a lot. Caca is my nick, so better call me with that. Glad to know you guys!