Kabar Game Komunitas

PopCon 2015 Panggungnya Board Gamer Indonesia

Bagikan:

JCC Senayan, tempat dilangsungkan helatan PopCon 2015 menjadi saksi Melody, seorang gadis muda yang menyampaikan cintanya kepada Ariel Woah, ketika dalam momen yang tak jauh berselang Agung mencoba melamar Fara King, pujaan hatinya yang seorang juru masak. Ternyata kedua usaha menyatakan cinta tersebut (dan puluhan percobaan lainnya) adalah bagian dari permainan bertajuk “Jomblo” yang digelar di area board game PopCon 2015.

Ya, card game “Jomblo” ini memang mengisahkan tentang perjuangan seorang mahasiswa Bandung dalam menyatakan cintanya. Card game ini merupakan penyabet juara 3 kompetisi desain boardgame yaitu Board Game Challenge (BGC) yang diselenggarakan oleh Harian Kompas dan Kummara Game Design Studio. Dalam sesi permainan yang berlangsung di area tersebut tidak jarang gelak tawa tak tertahankan ketika seorang pemain gagal menyatakan cintanya, atau bahkan saat seorang pemain berhasil mengisengi pemain lain dengan membuatnya putus dengan sang kekasih di sesi permainan tersebut.

Pengunjung PopCon 2015 terlihat memainkan boardgame Monas yang adalah juara favorit Board Game Challenge 2015.
Pengunjung PopCon 2015 memainkan Monas. (Sumber: Facebook Board Game Challenge)

Jomblo tidak sendiri, dia ditemani oleh jawara-jawara BGC 2015 lainnya yaitu Waroong Wars (juara 1), Pagelaran Yogyakarta (juara 2) dan Monas (juara favorit).  Semua board game dan card game tersebut mewarnai area yang board game di PopCon. Jelas BGC 2015 mungkin memberi warna menarik bagi industri board game tanah air.

Di meja lain juga terlihat purwarupa dari board game The Festivals of Indonesia dimainkan. Permainan yang merupakan judul baru dari Manikmaya Games ini tengah dalam masa pengembangan, lantas melengkapi beberapa produk sebelumnya yang kental mengangkat konten lokal Indonesia.

Pengunjung area boardgame di PopCon 2015 menanti boardgame coach yang akan mengajari cara bermain Waroong Wars (Sumber: Facebook Board Game Challenge)
Pengunjung area boardgame di PopCon 2015 bermain Waroong Wars (Sumber: Facebook Board Game Challenge)

Area board game , khususnya pada hari pertama dan kedua pelaksanaan PopCon juga diramaikan oleh komunitas-komunitas pencinta board game dari seluruh pelosok Jakarta. Antusiasme dan demam board game betul-betul ditularkan oleh para coach yang berasal dari berbagai komunitas (dan toko) seperti Arcanum, Board Game Wonders, Ogre Gading, Frea Toys, Eduarga dan Dicemasters Indonesia. Area board game PopCon 2015 menjadi seakan tidak ada matinya dan selalu terisi teriakan-teriakan kemenangan, atau bahkan terkadang tawa atas kegembiraan merasakan serunya bermain board game. Para komunitas tersebut memperkenalkan dan membimbing pengunjung PopCon 2015 untuk mencoba board gameboard game modern yang sedang tumbuh pesat di era digital ini.

Area Boardgame PopCon 2015 (Sumber: Facebook Board Game Challenge)
Area Boardgame PopCon 2015 (Sumber: Facebook Board Game Challenge)

Bisa unjuk gigi dalam panggung semegah PopCon jelas merupakan kesempatan yang sangat besar untuk memperkenalkan board game ke lebih banyak orang di Indonesia. Banyak pengunjung PopCon yang baru diperkenalkan dengan board game modern yang sebelumnya hanya kenal board game klasik seperti Ular tangga dan Monopoly. Aktivitas bermain board game dalam kesempatan ini mengamini bahwa permainan dengan intensitas interaksi seperti ini sangat cocok dimainkan oleh keluarga-keluarga di Indonesia karena tidak bersifat soliter atau main sendiri.

Berkembangnya komunitas board game di Indonesia akan berimbas pada meningkatnya angka transaksi atau permintaan akan board game dengan kualitas terbaik. Semakin matangnya komunitas juga akan diiringi industri lokal yang berusaha memenuhi standar tersebut dan dengan demikian akan menjadi gir yang saling bersambung dan bergerak bersama. Berpartisipasinya komunitas, dan pelaku industri board game di Indonesia di PopCon 2015 jelas akan mengakselerasi tercapainya mimpi tersebut.

Bagikan:
andredubari
boardgame enthusiast. spreading the joy and happiness of #playtogether at Manikmaya Games. will be willingly to share a board game session and a cup of coffee anytime you visit Bandung.
http://www.manikmaya.com