Event Pendidikan Press Release

Yuk Gali Potensi Game Guna Tingkatkan Mutu Pendidikan dalam #NgobrolGame Bandung

Bagikan:

Menggali Potensi Game dalam Meningkatkan Mutu Dunia Pendidikan Anak di Indonesia

Diskusi publik terkait peranan game dalam dunia pendidikan akan digelar di Bandung pada Maret 2018

Bermain sering diidentikkan sebagai lawan dari belajar. Sering terdengar pula orangtua atau guru yang mengungkapkan kekhawatiran mereka akan anaknya yang sulit berhenti bermain. Yang kita tidak sadari, bermain merupakan bagian dari proses belajar yang dialami oleh setiap anak dalam masa perkembangan.

Ludenara bersama Pustakalana menggelar kegiatan #NgobrolGame dengan tema “Game dan Dunia Pendidikan” pada Sabtu, 10 Maret 2018 di Ruang Komunitas Simpul Space #3, Bandung pada pukul 09.30 – 12.00 WIB.

#NgobrolGame sebelumnya telah diadakan di Code Margonda, Depok pada awal Maret. Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 20 orang yang berasal dari berbagai komunitas serta orangtua dan guru. Berbagai pertanyaan mengenai game dan penggunaannya di lingkungan keluarga maupun sekolah banyak dilontarkan oleh peserta.

Baca juga: Cerita Seru Tentang Game dan Pendidikan dari #NgobrolGame Episode Depok

Eko Nugroho, game designer asal Bandung yang juga merupakan Game-based Learning Expert di Indonesia akan hadir sebagai teman diskusi dalam kegiatan #NgobrolGame.

“Game memiliki potensi untuk sebuah media pembelajaran yang sangat efektif. Karena ketika seseorang bermain game ia bisa bebas mengeksplorasi banyak hal, melihat dari sudut pandang beda, berlatih untuk senantiasa berpikir kritis dan tidak takut untuk gagal. Masalahnya, kadang kita lupa untuk mengoptimalkan potensi tersebut. #NgobrolGame adalah satu ruang untuk kita sama-sama mengingatkan.” ujar Eko menutup sesi #NgobrolGame di Depok minggu lalu.

Lewat sesi #NgobrolGame, Eko berharap lebih banyak orang yang bisa ikut terlibat dalam diskusi mengenai game serta hubungannya dengan dunia pendidikan. Tidak hanya dari sisi buruknya, tetapi peserta diskusi diajak untuk melihat game dari berbagai perspektif sekaligus kesempatan untuk menggunakan game sebagai media pembelajaran demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam kegiatan di Bandung, Ludenara bekerjasama dengan Pustakalana selaku organisasi yang menyediakan perpustakaan anak dan kegiatan ruang terbuka ramah anak.

“Pustakalana sebagai Perpustakaan Anak dan Ruang Terbuka memiliki visi untuk dapat menjadi sebuah komunitas yang mendukung tumbuh-kembang anak melalui usaha penyediaan akses terhadap buku-buku bermutu, mainan edukatif, dan kegiatan kreatif agar kelak anak-anak menjadi pribadi yang cerdas, kritis, terbuka, dan mudah beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang semakin cepat dalam era globalisasi ini,” ungkap Puti Ceniza Sapphira selaku Director of Pustakalana.

“Dan kami merasa bahwa game memiliki potensi besar untuk dapat mendukung visi kami terhadap anak-anak – ​the way they should learn and enjoy the process of learning​ tak lain dan tak bukan adalah dengan bermain game bersama pendidik utama mereka yakni orangtua dan guru.”

Ke depannya, Ludenara dan Pustakalana berencana menjalin kerjasama lebih erat lagi melalui berbagai program rutin terkait game. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan potensi bakat Indonesia di bidang tersebut agar bisa berkiprah di tingkat global.

Tentang Ludenara:

Ludere Nusantara (Ludenara) adalah sebuah organisasi ​not-for-profit​ yang fokus pada implementasi pembelajaran berbasis game (game-based learning) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pendidikan di Indonesia.

Tentang Pustakalana:

Pustakalana merupakan organisasi ​not-for-profit​ yang menyediakan layanan berupa perpustakaan untuk anak dan kegiatan ruang terbuka untuk anak (khususnya untuk usia 2 – 6 tahun). Harapannya, Pustakalana dapat menjadi tempat di mana orang tua dapat meluangkan waktu bersama anak untuk membaca buku, bermain dan saling bertukar pikiran lewat buku-buku bermutu dengan harga terjangkau.

Untuk pendaftaran kunjungi tautan berikut: http://bit.ly/PustakalanaMar18
Untuk keterangan lebih lanjut hubungi: Novieta Wibowo – 0858 1448 8298

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!