Opini

Pulsar 2849: Jelajahi Antariksa Dengan Sumber Daya Tak Terbatas [Review]

Bagikan:

Kamu sudah pernah nonton film Interstellar (2013), karya Christopher Nolan? Dalam film ini, sang tokoh utama mengetahui bahwa 48 tahun silam muncul sebuah wormhole di dekat planet Saturnus, lubang ini dipercaya mampu menjadi jembatan menuju galaksi yang lain.

Dengan segala keterbatasan sumber daya dan teknologi yang ada dalam film tersebut, mencari satu planet layak huni saja sangat sulit. Pada akhirnya, planet atau koloni pertama yang bisa dihuni baru ditemukan tahun 2160-an.

Nah! sekarang bayangkan, seperti apa atau semaju apa eksplorasi luar angkasa 700 tahun setelahnya? Biar lebih seru, yuk sambil bermain Pulsar 2849. Board game satu ini akan membawa para pemain ke tahun 2849 di mana manusia berlomba mencari planet-planet layak huni dengan memanfaatkan sumber daya dan energi tak terbatas yang disebut Pulsar.

Penasaran seperti apa permainannya, mari simak ulasannya berikut ini.

Impresi Awal

Pulsar 2849 merupakan salah satu lini game baru dari Czech Games Edition (CGE) yang dirilis di SPIEL’17 bersama dengan That’s a Question!. Dirancang oleh Vladimír Suchý (Last Will, Shipyard, The Prodigals Club), game ini bisa mengakomodir 2-4 pemain berusia 14 tahun ke atas. Satu sesi bermain dapat selesai dalam kurun waktu 1 sampai dengan 2 jam.

Baca juga: That’s a Question!: Buat Temanmu Menghadapi Pilihan Sulit [Review]

Melihat dari rekam jejak Suchý, bisa dipastikan game ini menganut gaya euro-style game dan hal ini menjadi daya tarik pertama yang saya rasakan. Selebihnya, pengambilan tema sci-fi dan luar angkasa untuk Pulsar 2849 bisa dibilang cukup segar.

Game ini tidak bercerita tentang peperangan luar angkasa, kamu tidak akan menemukan aksi tembak-menembak atau berburu alien. Bukan juga tentang menyerang dan merebut koloni atau planet lawan namun bagaimana para pemain sebagai korporasi, bersaing secara adil dan sehat untuk mencari Pulsar dan mengeksploitasi kekayaannya.

Sedikit tambahan, mekanik utama berupa dice drafting game ini cukup membuat saya penasaran saat pertama kali menjajalnya. Apakah faktor keberuntungan akibat dadu sangat berpengaruh untuk jenis game bergaya euro-style game? Sebelum dijawab, mari telaah cara bermainnya.

Cara Bermain

Secara garis besar, permainan ini terbagi dalam tiga fase: Fase Dadu, Fase Aksi dan Fase Produksi.

  • Fase Dadu: Fase di mana pemain secara bergantian mengambil dadu. Dadu-dadu ini akan dipakai untuk membayar aksi di fase berikutnya. Pemain hanya akan mengambil dua dadu dari tujuh (2p & 3p) atau sembilan dadu (4p).
  • Fase Aksi: Pemain secara bergantian harus melakukan aksi dari sekitar tujuh aksi yang tersedia. Setiap aksi akan dibayar dengan dadu yang didapat pada fase sebelumnya. Artinya pemain hanya akan melakukan dua pilihan aksi di setiap putaran (bisa tiga aksi dengan mendapatkan bonus dadu).Beberapa aksi diantaranya adalah menggerakkan Survey Ship untuk mendapatkan Pulsar dan mendirikan stasiun di planet baru. Membangun Gyrodyne dan membuatnya bekerja untuk mengeksploitasi energi dari Pulsar. Membangun Transmitter. Atau Mengerjakan proyek dari Markas (untuk mode ahli)
  • Fase Produksi: Di sini urutan main akan berubah dan pemain mendapatkan poin atau energi tergantung teknologi, pulsar, transmitter yang diperolehnya selama permainan.

Ya! Seperti itu saja runutan fase setiap putaran. Permainan akan berakhir setelah putaran kedelapan. Pemain dengan poin tertinggi akan keluar menjadi pemenang.

Impresi Akhir

Komponen

Tak perlu diragukan lagi, Czech Games Edition bekerja bagus untuk menerbitkan board game dengan kualitas tinggi. Papan utama untuk Pulsar 2849 berbentuk lingkaran yang terbagi dalam tiga lipatan, tercetak sangat rapi. Komponen untuk pesawat dan token penanda terbuat dari plastik yang berkualitas. Bahkan CGE memberikan token cadangan.

Sören Meding, menambah cantik segala komponen dari cardboard dengan ilustrasinya. Suasana antariksa tidak akan tercipta jika bukan karenanya. Apalagi beberapa ilustrasi yang ada di rulebook dibuat sangat detail, seperti sedang melihat satu adegan dalam film Interstellar.

Aksi

Wow! Itu ungkapan pertama saya yang keluar setelah menyelesaikan sesi pertama. Permainan ini sangat menantang, dan ada banyak cara untuk menang. Pemain harus bisa benar-benar mengoptimalkan dadu yang ia peroleh untuk melakukan aksi-aksi yang canggih dan menguntungkan.

Ternyata peran keberuntungan dalam permainan ini tidak terlalu besar, malah, karena ada cukup banyak pilihan aksi dan jenis dadu yang harus dibayarkan membuat semua angka dadu sangat berarti. Hampir setiap gilirannya, pemain selalu bisa membayarkan dadu-dadunya untuk aksi-aksi tertentu tanpa harus memanipulasi hasil dadu.

Beberapa aksi terkadang juga memberikan bonus aksi, dengan kata lain pemain bisa mendapatkan kombo dengan melakukan aksi yang tepat yang membuahkan aksi-aksi gratis (yang seharusnya perlu dibayar dengan dadu).

Memiliki dua dadu dan harus memilih satu dari tujuh aksi yang ada sangatlah memutar otak, mana aksi yang paling optimal dan menguntungkan. Berusaha mendapatkan kombo setiap putaran menjadi hal yang paling saya suka dari Pulsar 2849. Kombo bisa membuat dua dadu yang dimiliki pemain seakan-akan menjadi tiga atau bahkan empat!

Penyeimbang

Dadu yang acak malah membuat Pulsar 2849 terasa menjadi permainan yang cukup berimbang antara strategi dan keberuntungan. Biasanya dadu angka kecil aksinya tidak terlalu kuat, sedangkan dadu besar banyak diperlukan untuk aksi-aksi yang kuat dan lebih menguntungkan. Tapi game ini menghadirkan Median, atau nilai tengah.

Pada Fase Dadu, setelah dadu dilempar dan diletakkan ke Dice Board, Median harus ditentukan dengan cara mencari dadu tengah (dadu keempat atau dadu kelima di Dice Board, tergantung jumlah pemain). Ada 6 kotak untuk setiap sisi dadu pada Dice Board. Median berfungsi untuk menggeser Initiative Track (menentukan urutan main) atau Engineering Track (menentukan jumlah engineering token yang didapat).

Jadi, semakin kecil angka dadu yang diambil biasanya akan menggeser salah satu track di atas ke arah kiri (yang mana makin menguntungkan), dadu besar akan menggeser track ke kanan dan bisa berujung ke minus poin. Artinya, meskipun dadu besar menguntungkan untuk melakukan berbagai aksi tapi disaat yang sama juga akan merugikan pemain.

Kesimpulan

Jika dilihat sepintas, karena komponennya yang cukup banyak dan muncul banyak simbol di mana-mana, orang akan mengira Pulsar 2849 adalah permainan yang kompleks. Nyatanya tidak kok. Seperti yang bisa dilihat dari urutan cara bermain, sebenarnya permainan ini sederhana dan mudah dimainkan. Menariknya lagi, permainan ini tidak membubuhi teks atau tulisan di setiap komponennya. Murni simbol saja.

Pulsar 2849 merupakan permainan yang cukup fleksibel. Pemain selalu bisa berganti rencana tergantung dadu yang ia dapatkan. Bukan berarti pemain harus mengubah strateginya, namun ia bisa memanfaatkan dadu yang ada untuk aksi yang paling optimal dan kembali ke strategi awal ketika dadu yang dicari sudah ia dapatkan.

Meskipun banyak cara untuk mendapatkan poin, namun mencari pulsar dan mengaktifkan gyrodyne janganlah diremehkan. Karena gyrodyne yang sudah aktif akan memberikan poin pasif setiap putaran hingga permainan selesai.

Tidak ada kata ‘salah’ dalam memilih aksi di permainan ini. Pun jika rencanamu tidak berjalan baik, poin mu tidak akan tertinggal jauh. Sejauh ini saya sudah memainkan Pulsar dua kali, bersama tiga pemain dan empat pemain. Meskipun tidak ada konflik langsung antar pemain, namun bermain dengan full player lebih seru.

Terakhir, Pulsar 2849 dijamin tidak bosan dimainkan beberapa kali, banyak faktor yang membuat game ini memiliki replayability yang tinggi. Banyak komponen papan yang memiliki sisi ganda, jadi permainan dan strategi pemain sangat mungkin untuk berubah dari satu sesi dengan sesi bermain berikutnya.

Jika kamu ingin mencari board game dengan unsur faktor keberuntungan yang cukup, pilihan strategi yang banyak plus bertema luar angkasa dan bergaya euro-style game, Pulsar 2849 wajib kamu coba.

Tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih kepada Czech Games Edition yang telah memberikan review copy Pulsar 2849.

 

 

 

Bagikan:
vagansza

Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover who works on Manikmaya Games, board game publisher from Bandung.
Nice to meet you!