Kabar Game Opini

Queendomino: Tantangan Baru dalam Membangun Kerajaan Bergaya Domino [Review]

Bagikan:

Pembaca sudah pernah mendengar atau malah pernah memainkan board game berjudul Kingdomino? Wajar, setelah dinobatkan sebagai peraih penghargaan Spiel des Jahres (Game of the Year) 2017 membuat Kingdomino cepat menuai ketenaran. Permainannya yang ringkas, mudah dan sederhana menjadi favorit menu bermain bersama keluarga di akhir pekan.

Bruno Cathala yang tak lain merupakan sang perancang gim mengaku Kingdomino terlalu sederhana, oleh karenanya iapun memutuskan untuk membuat seri lain yang bisa dibilang sedikit lebih membutuhkan strategi. Di pameran akbar Essen SPIEL 2017 lalu lahirlah Queendomino.

Kotak dan buku petunjuk

Jadi apa bedanya Queendomino dengan Kingdomino? Mari kupas tuntas lewat ulasan berikut.

Impresi Awal

Anggaplah kamu sama sekali belum pernah menjajal atau melihat isi Kingdomino. Dilihat dari durasi waktu, 25 menit untuk satu sesi permainan sangatlah cukup untuk membunuh waktu bersama 2-4 teman atau keluargamu. Hal-hal di samping sudah cukup membuatmu penasaran untuk memainkan dan memiliki Queendomino.

Apalagi game ini dibuat oleh perancang gim kenamaan, Bruno Cathala, yang telah melahirkan game-game berkualitas seperti Five Tribes, Shadow Over Camelot dan tentu Kingdomino. Di bagian belakang box tergambar preview komponen, dilihat sekilas, komponennya nampak banyak. Cukup membuat saya penasaran apakah benar game ini akan selesai hanya dalam kurun waktu 25 menit saja.

Komponen

Untuk bagian cover dan ilustrasi, Cyril Bouquet kembali melakukan tugasnya dengan baik. Gambar domba yang sedang menarik tali sangat lucu, menegaskan kalau permainan ini memang ramah dan layak dimainkan untuk anak di atas 8 tahun ke atas.

Cara Bermain

Note: Kalau kamu pernah bermain Kingdomino, kamu bisa lewati poin A dan mulai lanjutkan membaca mulai poin B.

Baca jugaKingdomino: Bangun Kerajaan Lewat Board Game Bergaya Domino Zaman Now [Review]

Pemain akan dihadapkan dengan keping-keping persegi panjang yang di dalamnya tergambar wilayah tertentu. Ada Ladang, Rumput, Rawa, Air, Hutan, Tambang emas, dan lahan kosong untuk membangun kota. Akan ada empat keping yang tersedia yang bisa dipilih oleh pemain ditiap putarannya.

A. Pasang keping (wajib)

Setiap giliran pemain diminta untuk memilih satu keping yang kemudian harus disambungkan dengan kerajaannya. Syarat meletakkan keping ini sama ketika kita bermain domino, hanya boleh disambung dengan angka yang sama atau dengan kata lain “wilayah” yang sama. Pemain akan mencoba memperluas kerajaan dengan menambah keping-keping ini hingga seluas 5×5 petak.

Perluas wilayah kerajaan!

Tujuannya, mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dengan menghitung petak untuk setiap wilayah yang kemudian dikalikan dengan jumlah mahkota yang ada dalam wilayah tersebut.

Misalnya pemain memiliki Ladang seluas 5 petak, di dalamnya terdapat dua simbol mahkota. Total poin untuk wilayah ladang ini adalah 10 (5 petak x 2 mahkota). Dengan kata lain, wilayah seluas apapun tidak akan menghasilkan poin jika tidak ada simbol mahkota di dalamnya sama sekali.

B. Tarik Pajak (opsional)

Kamu boleh mengirim 1 atau 2 token kesatrianya untuk memungut pajak ke wilayah yang ada di keping yang baru saja kamu mainkan. Kamu akan mendapat uang sebanyak luas petak wilayah tempat kamu memainkan token kesatria.

C. Mendirikan bangunan (opsional)

Dengan uang yang kamu miliki kamu bisa membeli bangunan yang tersedia di papan bangunan dan membayarkan uang sesuai harga yang tertera. Syaratnya kamu harus memiliki petak warna merah di kerajaanmu, hanya di petak ini kamu boleh membangunan.

Hati-hati, naga bisa hancurkan bangunan yang kamu incar

D. Menghancurkan bangunan (opsional)

Beberapa bangunan yang tersedia mungkin akan menguntungkan pemain lain, kamu bisa menghancurkannya dengan memberi naga iming-iming berupa koin. Kamu bisa menghancurkan satu bangunan yang tersedia di papan bangunan.

E. Memilih keping berikutnya (wajib)

Pemain harus meletakkan token Raja miliknya di atas keping lain yang tersedia, keping ini akan ia mainkan di putaran berikutnya. Urutan main akan ditentukan berdasarkan di mana token pemain berada. Semakin di atas token kamu berada, semakin awal pula kamu akan mendapat giliran, yang artinya semakin banyak pula kesempatanmu memilih keping yang tersedia pada putaran berikutnya.

Akhir permainan Queendomino
Akhir permainan

Permainan akan selesai setelah semua keping masuk ke dalam permainan. Jika bermain kurang dari empat pemain, sisa keping yang tidak terpilih pada putaran tersebut akan dikembalikan ke dalam box. Pemain dengan total poin paling banyak adalah pemenangnya.

Impresi Akhir

Cerdik, itulah yang saya rasakan ketika pertama kali memainkan Queendomino. Pemain tidak hanya diminta untuk memilih keping mana yang pas dengan kondisi kerajaannya namun beberapa opsi lain yang harus dipertimbangan demi kemakmuran kerajaan. Adanya opsi membangun membuat permainan ini semakin kaya akan strategi.

Pemain dengan token Ratu tidak bisa memerintah naga untuk menghancurkan bangunan

Mengapa? Beberapa bangunan akan memberikan efek langsung berupa token kesatria atau menara. Token kesatria diperlukan demi mendapatkan koin untuk mendirikan bangunan, sedangkan menara berguna untuk menarik hati sang Ratu. Pemain yang memiliki paling banyak menara akan memperoleh token Ratu yang membuat semua harga bangunan berkurang 1 koin. Di akhir permainan sang Ratu juga akan menjadi tambahan simbol mahkota untuk wilayahmu yang paling luas. Selain itu beberapa bangunan yang lain juga kan memberikan bonus berupa poin tambahan di akhir permainan.

Tidak ada komponen yang sia-sia dalam permainan ini, semua komponen terintegrasi dengan baik. Sisa koin di akhir permainan bisa menjadi poin juga lho! Karena ada banyak tambahan poin, Blue Orange Games juga dengan cerdik telah menyiapkan lembar skor untuk memudahkan pemain mengkalkulasikan poin-poin mereka. Menariknya, lembar skor ini dicetak bolak balik, satu lembar bisa dipakai untuk empat kali sesi main! Untuk masalah kualitas komponen kamu tak perlu khawatir, Blue Orange Games pasti akan memberikan yang terbaik.

Lembar skoring, satu halaman untuk dua sesi permainan

Kotak permainan Queendomino berukuran sedang (Ticket to Ride), uniknya kalau kamu jejerkan dengan kotak Kingdomino, ilustrasinya ternyata menyambung! Tidak hanya ilustrasi, Bruno Cathala rupanya juga sudah menyiapkan variasi yang membuat Kingdomino bisa dimainkan secara bersamaan dengan Queendomino.

Menariknya, kamu jadi bisa bermain dengan maksimal 6 pemain kedua game ini jika digabungkan. Ingin lebih menantang? gabungkan dan mainkan bersama 3 atau 4 pemain, kamu akan bisa memperluas kerajaan hingga 7×7 petak! Bisa juga dimainkan untuk 8 orang dengan mode tim yang terdiri dari 2 orang per tim.

Tak peduli kamu sudah punya Kingdomino atau belum, Queendomino wajib kamu miliki. Terlebih kalau kamu sedang mencari permainan strategi yang tidak membuatmu memutar otak sampai pusing. Anak-anak di atas 8 tahun juga sudah bisa diajak dan diajari bermain, quality time bersama teman dan keluarga tentu akan lebih terasa seru dengan Queendomino.

Akhir kata, Tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih kepada Blue Orange Games yang telah memberikan review copy Queendomino.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!