Kabar Game

Queendomino, Sekuel dari Board Game Terbaik 2017 Akan Segera Hadir

Bagikan:

Kini sang Raja tak lagi sendirian. Setelah berhasil mengambil hati para juri yang kemudian membuatnya terpilih menjadi board game terbaik tahun 2017 dalam ajang penghargaan Spiel des Jahres, kini tiba waktunya Kingdomino mengenalkan sang Ratu.

Berjudul Queendomino, game ini akan menjadi sekuel dari Kingdomino. Masih digarap oleh Bruno Cathala, nantinya Queendomino bisa dimainkan sendiri secara terpisah maupun digabung dengan Kingdomino.

Buat yang belum tahu, dalam Kingdomino pemain menjadi Raja di suatu daerah. Sebagai raja yang ingin memperluas wilayah kekuasaannya, maka kamu harus menyambungkan kerajaanmu dengan berbagai lahan seperti: padang rumput, danau, hutan, gunung dan juga lahan gandum.

Seperti judulnya, lahan di sini berbentuk seperti kepingan domino yang mana ketika diletakkan, satu sisi keping harus tersambung dengan keping yang lain yang memiliki jenis lahan sama. Luas lahan maksimal haruslah 5×5 petak.

Sekuel ini nampaknya memperkenalkan lahan baru yang tentunya akan membuat permainan semakin menantang. Ada yang tahu lahan barunya apa? Kalau dilihat dari gambar cover game ini, lahan baru yang dimaksud adalah perkotaan.

Wajah baru sekuel Kingdomino | Foto: ludovox.fr

Lahan baru ini tidak memiliki simbol mahkota, yang mana akan menjadi pengali skor di akhir permainan seperti di Kingdomino. Fungsinya untuk memberikan pendapatan guna membangun kota yang akan membuat poinmu bertambah pesat.

Baca juga: Tips Membuka Usaha Board Game Cafe Episode 7

“Queendomino akan menjadi selangkah lebih kompleks daripada Kingdomino,” ujar Cathala dalam tulisannya di forum BoardGameGeek. “Meskipun begitu, game ini tidak akan menjadi game untuk mereka yang sudah ahli. Kenapa? Hanya karena Queendomino adalah game yang sebenarnya saya lebih nikmati setelah ratusan kali bermain Kingdomino.”

Baca juga: Game Ini Mampu Mengubah Stigma Buruk Tentang Datang Bulan

Jika digabungkan dengan pendahulunya, Queendomino bisa mengakomodir permainan hingga 6 pemain dengan batas lahan yang sama. Atau, bisa jadi 7×7 petak dengan maksimal 4 pemain. Game ini akan dikenalkan pertama kali di pameran Essen Spiel di Jerman Oktober mendatang.

Kamu sudah mencoba memainkan Kingdomino? Bagaimana menurutmu? Ceritain donk lewat kolom komentar di bawah.

Bagikan:
vagansza

Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover who works on Manikmaya Games, board game publisher from Bandung.
Nice to meet you!