Headline Komunitas

Makin Luas dan Makin Seru, Asyiknya Main Board Game di BGLIB Solo yang Baru

Bagikan:

Seperti yang mungkin sudah kamu tahu, sejak tahun lalu Kota Solo punya perpustakaan board game lho! Tempat main board game yang akrab disebut BGLIB atau Board Game and Library ini bisa dikunjungi di Kompleks Pertokoan Muara Market, beralamat di Jalan Lumban Tobing, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sayangnya, sejak awal tahun ini BGLIB Solo tutup, hmm.. kenapa ya?

Usut punya usut, ternyata mereka sedang melakukan renovasi sekaligus berpindah tempat. Tepat tanggal 9 Maret 2018 lalu, BGLIB Solo melangsungkan Grand Re-opening yang artinya perpustakaan kembali dibuka untuk umum. Masih di Kompleks Muara Market, BGLIB rupanya hanya bergeser ke ruko no. 4A.

Suasana BGLIB yang baru | Foto: BGLIB

Pendiri sekaligus pemilik BGLIB, mas Erwin J. Skripsiadi dan istrinya, mbak Nurcahyawati Windri Astuti memutuskan untuk sedikit mengubah konsep BGLIB. Kini BGLIB tidak hanya menyediakan board game namun juga berbagai literatur mulai dari novel, komik, artbook.

Pengembangan BGLIB yang baru ini dibantu juga dari teman-teman Komunitas Mantu Mapan (Main Kartu Make Papan) yang terdiri oleh Adhitya W. Purnama, Diah Rahmawati, Eko Heri S, Alvian C.B, Anggreini Pratiwi, Rosalia Destarisa, Kurnia Nur H., Yossalva Kayasa.

Selain 400-an judul board game dan buku, fasilitas yang ada di BGLIB hingga saat ini (sampai re-opening kemarin) ada dua meja boardgame, 8 kursi bermain, ekspansi tempat bermain (tergantug situasi dan kondisi pengunjung).
Pengunjung dipersilakan main sepuasnya pada jam buka dari hari Selasa-Sabtu dari pukul 18:00-21:00 (jam buka meja terakhir). Bagi pengunjung yang masih asing dengan board game akan dibantu oleh coach game BGLIB.

Makin luas | Foto: BGLIB

Re-opening diadakan sebagai bentuk apresiasi Tim kepada para pengunjung dan teman-teman pegiat boardgame, khususnya di Jawa Tengah, karena berkat teman-teman semuanya-lah boardgame makin dikenal dan digemari oleh lebih banyak orang dan kalangan. Selain itu re-opening ini bisa dibilang sebagai bentuk rasa syukur karena BGLIB bisa pindah ke tempat baru.

Terdata ada sekitar lebih dari 35 pengunjung yang menghadiri Grand Re-opening BGLIB. Menariknya, pengunjung yang datang tidak hanya dari warga Solo saja tetapi juga dari teman-teman Komunitas Boardgame Salatiga, Perwakilan Kampus UKSW, Dakon Boardgame Library Jogja, Perwakilan pegiat boardgame Semarang, dan lainnya. Acara ini memang dikhususkan untuk teman-teman pegiat boargame di daerah Jateng-DIY.

Kegiatan di awali dengan pembukaan dan sharing soal perkembangan boardgame Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan main bareng. Pengunjung dibebaskan memilih boardgame maupun cardgame apapun yang mau dimainkan. Perubahan dari BGLIB sebelumnya bisa dilihat dari tempat yang lebih besar, lebih luas dan lebih berwarna Harapannya tentu semoga lebih nyaman buat para pengunjung. Koleksi boardgame juga lebih banyak dari sebelumnya. Selain itu akan ada tambahan koleksi buku seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Makin ramai | Foto: BGLIB

Beberapa board game yang kerap dimainkan dan menjadi idola pengunjung, antara lain: Klask, Fold-It, Twin it, Ghost Blitz, Cash n gun, Rabbit rally, Dancing Egg, Ticket to Ride (Junior & Europe), Century Spice Road, Santorini. Untuk judul board game lokal yang banyak diminati ada Math Cat, Kaka Teladan, The Art of Batik, dan lain-lain.

BGLIB menetapkan sistem “member” dengan biaya Rp50.000 per bulannya. Fasilitasnya berupa main game sepuasnya di jam buka yang telah ditetapkan, termasuk free pass ketika playday, serta bisa menikmati koleksi buku bacaan di pojok Library. Untuk pengunjung non-member cukup membayar Rp5.000 per kunjungan. Fasilitas berupa main game sepuasnya di jam buka yang telah ditetapkan dia dan bisa menikmati koleksi buku bacaan di Library.

Ingin tanya-tanya lebih lanjut tentang BGLIB Solo, kontak saja melalui sosmed BGLIB yang ada di Facebook Page maupun instagram @boardgamelibrary

 

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!