Kabar Game

[Resensi] Pagelaran Yogyakarta Board Game Tentang Pertunjukan Seni Khas Yogyakarta

Bagikan:

Pagelaran Yogyakarta

Judul                    : Pagelaran Yogyakarta

Kategori               : Board Game

Game Designer   : Adhitya W. Purnama, Diah C, Eko HS dan Erwin Emji

Publisher              : Harian Kompas

Penghargaan       : Juara 2 Board Game Challenge 2015 

Jumlah Pemain   : 2-4 orang

Waktu Bermain   : 40 menit

Volume Kotak      :  34 x 26,5 x 5,5 cm (950gr)

Dalam permainan papan Pagelaran Yogyakarta setiap pemain akan memerankan salah satu dari empat karakter manajer muda berbakat yang mendapat tantangan mengelola sebuah teater di kota Yogyakarta yang di ambang kebangkrutan. Mampukah para talenta muda ini mengkombinasikan pagelaran khas dan tradisional di Yogyakarta dengan pertunjukan yang lebih modern untuk menggaet penonton dari segala usia?

Pagelaran Yogyakarta mengadopsi mekanisme yang sangat sederhana. Sejatinya setiap pemain harus memilih satu dari tiga pilihan aksi setiap gilirannya, yaitu mementaskan pertunjukan, melakukan riset pertunjukan (mengambil kartu pertunjukan) atau meminjam uang dari bank. Meski terkesan rumit, namun Pagelaran Yogyakarta termasuk permainan ringan yang sangat tepat dimainkan oleh keluarga.

Saat memilih untuk menggelar pementasan pertunjukan, setiap pemain sangat disarankan mengenal karakter para penonton yang hadir di gedung pertunjukan. Jika para penonton cocok dengan gelaran pertunjukan yang dihelat maka akan berimbas positif kepada nilai (rating) dan memberikan pemasukan lebih besar. Pemain dengan rating tertinggi di akhir permainan akan memenangkan permainan. Sistem score tracking dalam Pagelaran Yogyakarta mengadopsi Kramerleiste yang diperkenalkan oleh Wolfgang Kramer, game designer kenamaan dari Jerman.

Bermain menjadi manajer gedung pertunjukan di Pagelaran Yogyakarta
Bermain menjadi manajer gedung pertunjukan di Pagelaran Yogyakarta

Mementaskan pertunjukan tidak selamanya gampang, terkadang pemain harus berhadapan dengan tamu VIP seperti Pak Presiden maupun Sri Sultan. Dan bukan itu saja, beberapa pengunjung “nakal” pun dapat mensabotase pertunjukan dengan memutus aliran listrik. Persaingan yang panas dengan manajer lain pun terkadang berimbas pada dinamika perputaran penonton di gedung pertunjukan. Jadi, siap menerima tantangan menjadi manajer pertunjukan terbaik?

Saat ini board game Pagelaran Yogyakarta dapat didapatkan di Toko Buku Gramedia (P. Jawa) , Manikmaya Games , atau di page Facebook Pagelaran Yogyakarta .

Board Game Pagelaran Yogyakarta

Bagikan:
andredubari
boardgame enthusiast. spreading the joy and happiness of #playtogether at Manikmaya Games. will be willingly to share a board game session and a cup of coffee anytime you visit Bandung.
http://www.manikmaya.com