Kabar Game

Serunya Main Board Game di Pameran Animasi, BIAF 2015

Bagikan:

Baros International Animation Festival (BIAF) sejatinya memang merupakan festival yang diperuntukkan bagi para animator lokal unjuk gigi. Didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Cimahi, BIAF 2015 dilangsungkan di area Simply Valore The Edge Hotel Baros 7-10 Oktober 2015 mengundang banyak sekali nama besar dunia animasi internasional (setidaknya dari 15 negara) dan tentunya animator-animator lokal yang tidak kalah berkualitas.

Sebagaimana pelaksanaan BIAF tahun 2014 lalu, tahun ini BIAF pun ikut mengundang para pelaku industri kreatif di luar animasi. Komik dan game juga ikut berpartisipasi dalam BIAF 2015. Bahkan ada gazeebo yang dialokasikan khusus untuk bermain board game lho!

Beberapa pengunjung BIAF 2015 memainkan Mat Goceng card game Foto: Boardgame.ID
Beberapa pengunjung BIAF 2015 memainkan Mat Goceng card game
Foto: Manikmaya Games

Area board game ini dimanfaatkan oleh Manikmaya Games yang menggelar Waroong Wars dan Pagelaran Yogyakarta dua judul board game yang memang baru pertama kali ini diperkenalkan dalam event industri kreatif di Indonesia. Pengunjung BIAF yang didominasi pelajar usia SMA/SMK terlihat sangat menikmati memainkan board game – board game anyar ini.

Waroong Wars dimainkan di BIAF 2015 Foto: Boardgame.ID
Waroong Wars dimainkan di BIAF 2015
Foto: Manikmaya Games

BIAF 2015 terbukti mampu mengkoneksikan para pelaku industri kreatif dengan pemerintah dengan mendatangkan perwakilan dinas maupun lembaga pemerintah lainnya, serta menjadi show case produk industri kreatif yang disaksikan langsung oleh para pengunjung yang didominasi pelajar. Bukan tidak mungkin ke depannya BIAF akan menjadi hub atau konektor antara kreator dan lebih banyak lagi pihak di luar sana untuk melahirkan banyak kolaborasi-kolaborasi yang selama ini diimpikan para pelaku industri kreatif.

Foto-foto arena bermain board game di BIAF 2015, selengkapnya bisa dilihat di Album dari Manikmaya Games berikut ini:

Bagikan:
andredubari
boardgame enthusiast. spreading the joy and happiness of #playtogether at Manikmaya Games. will be willingly to share a board game session and a cup of coffee anytime you visit Bandung.
http://www.manikmaya.com