Event Komunitas

Serunya Bermain Board Game Selama 4 Hari 3 Malam Di PlayDay Camp 2017

Bagikan:

Sebagian kalangan mungkin menganggap tanggal 5 januari lalu merupakan hari yang biasa, dan mereka beraktivitas seperti biasanya. Namun tidak bagi para peserta yang tergabung dalam acara PlayDay Camp 2017 yang digawangi oleh Manikmaya Games.

Tanggal 5 Januari, 14 peserta PlayDay Camp berkumpul di suatu rumah di Ciwaruga – Bandung untuk memulai PlayDay Camp hari pertama. Para peserta dijemput menggunakan uber menuju lokasi. Tepat pada pukul 13.00 WIB semua sebagian telah hadir. Hanya tinggal 3 peserta lagi yang baru akan menyusul malam harinya.

Begitu tiba di lokasi tentu hal yang pertama dilakukan ialah menata board game dari para peserta agar nantinya mudah diambil ketika ingin dimainkan. Seusai menata game yang jumlahnya lebih dari 50 judul, Patchwork, sebuah game karya Uwe Rosenberg yang hanya menampung dua pemain ini langsung diraih dan menjadi game pertama yang dimainkan dalam Camp.

Sebagian menu game selama PlayDay Camp 2017
Sebagian menu game selama PlayDay Camp 2017

Tidak semua peserta hadir dengan membawa koleksi board game pribadinya, ada juga yang datang membawa ps4 terbarunya.

Waktu terasa berjalan cepat hingga jam telah menunjukkan pukul 16.00 WIB yang artinya memasuki waktu untu Pizza Party. Seperti biasa, pizza datang dalam kurun waktu kurang dari 30 menit dan habis mungkin kurang dari 10 menit.

Ada sedikit perubahan rundown pada hari kedua, sesi Cooking class yang harusnya dilaksanakan pada hari sabtu harus digeser ke hari jum’at setelah shalat jum’at karena permintaan sang juru masak. Tepat pukul 13.00 WIB meja-meja yang ada di tengah ruangan diubah menjadi dapur dadakan.

Hal yang pertama dilakukan oleh para peserta yang dipandu oleh chef Ervan adalah membelah daging ayam menjadi hampir dua bagian, dan membumbuinya dengan garam dan lada. Daging-daging ayam ini kemudian disingkirkan untuk sementara karena mereka beralih untuk membuat adonan kulit pastel yang dimulai dari nol (dari tepung hingga menjadi adonan yang kemudian dipipihkan).

Sesi Cooking Class
Sesi Cooking Class

Singkat cerita, Cooking Class yang dipandu oleh chef Ervan yang memiliki bisnis pempek di kota Tangerang ini menghasilkan dua menu, yaitu pastel dan juga chicken wellington. Walaupun kegiatan ini ternyata cukup memakan waktu dan energi namun tentu hasilnya terbayarkan dengan kelezatan akan makanan yang dibuat oleh para peserta Camp.

Selain bermain board game banyak kegiatan seru lainnya yang dilakukan oleh para peserta seperti karaokean, nonton film, bermain ps4, cooking class dan juga barberque time di malam minggu.

Tak terasa, tiga malam telah terlewati, minggu pagi beberapa peserta harus ada yang harus undur diri terlebih dahulu. Setelah sarapan, sebelum beres-beres masih ada satu game yang dimainkan. Tanz der Hornochsen! (Bullheand dance) yang merupakan versi board game dari 6 nimmt card game sebagai board game terakhir yang dimainkan.

Salah satu potret saat sesi bermain, Vanuatu
Salah satu potret saat sesi bermain, Vanuatu

Total terdapat lebih dari 60 judul board game yang ada di Camp, dan tercatat ada setidaknya 41 game session selama Camp berlangsung.

Manikmaya Games selaku penyelenggara mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kerja sama dan partisipasi dari seluruh peserta. Camp tidak akan berjalan lancar tanpa kehadiran para peserta sepenuhnya.

Album dokumentasi PlayDay Camp 2017 selengkapnya bisa dilihat di facebook page Manikmaya Games: 

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!
  • Wira Yulianto

    Sayang euy acara yang ini saya gak jadi ikutan…