Kabar Game Kabar Industri

Sewon Gamers, Komunitas Gamer Yang Membuat Board Game

Bagikan:

Sekarang ini, sudah banyak bermunculan komunitas-komunitas board game di tanah air. Namun, keberadaan komunitas board game yang dibentuk oleh mahasiswa di kampus yang juga membuat serta memproduksi board game sendiri masih sangat jarang. Salah satu yang mewakili adalah Sewon Gamers, sebuah komunitas para gamers yang dibentuk oleh sekumpulan mahasiswa Kampus ISI Yogyakarta pada tanggal 10 September 2013. Sewon sendiri diambil dari nama kecamatan dimana kampus mereka berdiri, berada di Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Sewon Gamers pertama kali didirikan oleh sekitar 16 mahasiswa dengan hobi yang sama yaitu bermain game. Mereka membentuk Sewon Gamers juga untuk untuk memaksimalkan fasilitas Lab. Komputer dari kampus dan menggali potensi diri dibidang game yang juga termasuk salah satu cabang dari Desain Komunikasi Visual (DKV).

Sampai tahun 2016 ini, Sewon Gamers sudah mengalami perubahan bentuk yang awalnya komunitas biasa yang hanya bermain games, menjadi komunitas yang produktif membuat dengan fokus TableTop Games sebagai produk utama yang mereka kerjakan.

Sewon Gamers belum memiliki struktur kepengurusan yang baku, karena mayoritas masih belajar dan baru dalam dunia game developer. Jadi rata-rata karya yang mereka hasilkan adalah hasil karya bersama dan melibatkan semua anggota. Namun yang berperan sebagai penanggungjawab utama di Sewon Gamers adalah Taufan Fadhlil atau yang lebih dikenal dengan nama Kecebong Ekor Sembilan di social media. Taufan juga merupakan salah satu founder dari Sewon Gamers.

Sampai saat ini, Sewon Games telah berhasil membuat 3 Games yang sebagian masih dalam status prototype.

1. AOB ( Asah Otak Berkualitas )

adalah produk pertama dari Sewon Gamers. Card game dengan genre bluffing card game yang mengajak pemainnya untuk melatih kemampuan berfikir dan juga kemampuan untuk mengemukakan pemikirannya untuk memenangkan kartu karakter yang akan ditentukan oleh pemain yang berperan menjadi juri saat permainan berlangsung.

Sewon Gamers - AOB

2. Robot Gelut (Prototype)

Boardgame tentang pertarungan antar robot untuk menentukan siapa yang terkuat dengan saling serang dan menjadi pemain terakhir yang bertahan di arena. Pada permainan ini kami meng-eksplorasi bentuk pion dengan metode print 3D dan diperbanyak menggunakan cetak resin. Bentuk pion disesuaikan dengan karakter robot yang dirancang agar pemain lebih menikmati permainan.

Sewon Gamers - Robot Gelut

3. Temple Battle (Prototype)

Karya Tugas Akhir salah satu pendiri Sewon Gamers yaitu Gilang Aditya yang menceritakan tentang pertarungan antar player untuk mengumpulkan puing-puing candi dan menyatukannya agar menjadi satu bentuk untuk menyerang player lain. Selain ketegangan dalam beradu strategi di medan tempur boardgame ini juga mengedukasi playernya untuk lebih mengenal istilah dan bentuk ornamental yang terdapat pada candi borobudur dan prambanan.

Sewon Gamers - Temple Battle

Untuk saat ini, Game karya-karya di atas dapat dibeli melalui pameran-pameran yang mereka ikuti maupun pembelian secara online melalui Facebook Sewon Gamers atau silakan menghubungi Taufan di 081 65544 77. (eFKa)

sumber: satumeja.com

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!