Editorial Opini Surat Dari T1

Surat dari T1: Ketika Board Game Indonesia Ada

Bagikan:

Pada tanggal 6 Maret tahun lalu, sesi pembuka Board Game Challenge (BGC) dilaksanakan di kota Yogyakarta. Dengan dukungan tim Kummara dan Kompas, BGC hadir dengan niat “Bersama Hadirkan Warna Baru Industri Game Indonesia” yang sekaligus juga menjadi judul presentasi pembuka di setiap sesi workshop. Satu tahun berlalu setelah sesi pembuka tersebut, saat ini ada lebih dari 4000 copy board game Indonesia yang hadir di pasar Indonesia dan ribuan lainnya telah mengantri dalam proses produksi. Ribuan karya tersebut dihasilkan oleh para game designer Indonesia dan sebagian besar juga mengangkat tema Indonesia. Berbagai bentuk kolaborasi antara para game developer digital dan para board game designer telah memberi variasi game indonesia dengan citarasa baru. Lebih dari itu, berbagai komunitas board game muncul di berbagai kota dan berperan aktif untuk menyuarakan potensi positif game Indonesia. Mereka semua telah membuka kesadaran masyarakat tentang potensi game Indonesia luar biasa. Pelan tapi pasti, penghargaan terhadap karya-karya game Indonesia mulai tumbuh. Harapan kami untuk menghadirkan warna baru game Indonesia mulai menjadi nyata.

BGC2015 winner

Sayangnya semua hal di atas sepertinya belum cukup. Terlepas fakta bahwa dalam satu dekade terakhir ini Industri board game internasional berkembang semakin luar biasa dan ribuan board game Indonesia telah mulai hadir,. Perhitungan bisnis, penyerapan tenaga kerja, serta statistik industri dari board game Indonesia yang baru saja dimulai sepertinya masih relatif kecil dan kabarnya kurang signifikan dibanding industri kreatif lainnya. Mungkin itulah sebabnya banyak pihak yang seharusnya peduli seperti masih bertanya dalam hati: produk apakah board game ini? Mereka belum sepenuhnya yakin bahwa board game punya cukup potensi untuk ikut berkontribusi positif di industri kreatif Indonesia sehingga mereka memutuskan untuk diam dalam ragu dan menunggu.

Kita tidak punya kemewahan untuk ragu atau menunggu, apalagi berharap dukungan dari mereka yang bahkan mungkin belum sadar bahwa board game Indonesia ada (dan telah beredar ribuan jumlahnya). Waktu kita semakin sempit untuk bisa bersiap menyambut semakin banyaknya game internasional yang segera akan bertamu. Kita sama-sama harus terus menghadirkan board game terbaik untuk Indonesia. Board game Indonesia ada untuk membangun kesadaran akan potensi game seutuhnya. Board Game Indonesia ada untuk memupuk kesadaran masyarakat akan untuk lebih menghargai game dan semua talenta di baliknya. Board game Indonesia ada agar kita semua punya cerita bahwa kita telah mencoba yang kita bisa untuk benar-benar hadirkan warna baru di industri game Indonesia. Lebih dari apapun, Board game Indonesia ada agar kelak anak-anak kita bisa mengenal semua yang terbaik tentang negerinya dengan penuh suka cita. Cukuplah itu semua untuk jadi alasan kita terus berkarya.

Eko Nugroho,
Koordinator tim penulis/redaksi boardgame.id

Bagikan:
enugroho
Game designer, happy Player, Kiriya admirer, and a food hunter. Kadang juga bagi cerita, ide, dan foto via twitter: @eNugroho
http://eko.nugroho.web.id