Headline Opini Surat Dari T1

Surat dari T1: Board Game Yang Mahal

Bagikan:

Board gamenya kok mahal? Memang apanya yang mahal sih, khan cuma kertas (karton) aja? Buat apa bayar semahal itu cuma buat “mainan”? Ini adalah serangkaian pertanyaan yang biasa kami dapatkan.

Dalam sebuah diskusi, seseoran ahli marketing menjelaskan bahwa orang Indonesia itu sukanya yang gratisan – bahkan klo bisa, mereka akan lebih suka apapun yang “cheaper than free” dan menurutnya board game sungguh adalan barang mewah yang akan sangat sulit bisa diterima oleh market Indonesia.

Mungkin sang ahli ada benarnya.

Kumpulan board game Indonesia | Foto: boardgame.id

Tapi apakah benar sebuah board game Indonesia itu mahal?

Sebuah board game rata-rata bisa dimainkan oleh 4 orang dan umumnya bisa dimainkan berkali-kali dengan durasi minimal 20 min. Katanlah kita mendapatkan 3x (20 min) sesi bermain yang menyenangkan dengan 4 orang keluarga atau teman kita, 3×20 min kesempatan untuk berbagi gembira. Menurut Anda berapakah harga yang layak untuk setiap menitnya?

Belakangan ini kita melihat berbagai judul board game yang dikembangkan dengan tema khusus, mengangangkat nilai-nilai terbaik tentang Indonesia dari mulai ragam masakan, festival budaya hingga tema anti korupsi. Berbagai game tersebut terbukti menjadi sebuah media edukasi yang cukup efektif untuk bisa memotivasi hadirnya sebuah kegiatan belajar yang menyenangkan. Jika Anda punya kesempatan untuk hadirkan proses belajar yang efektif dan menyenangkan di rumah, di sekolah, di tempat anda berkarya, berapa harga yang bersedia Anda bayar?

Baca juga: Seru! Pengalaman Orang Tua Mengenalkan Adat Budaya Indonesia Lewat Card Game

Baru-baru ini kami membaca testimoni sebuah keluarga yang memainkan sebuah board game tentang berbagai ragam festival di Indonesia. Sang Ibu begitu bahagia melihat putranya yang terinspirasi oleh game tersebut untuk kemudian belajar lebih banyak tentang keragaman Indonesia. Jika anda mampu membayar untuk mendapatkan pengalaman yang sama hadir di tengah keluarga anda, sekali lagi, berapakah harga yang akan Anda bayar?

Baca juga: Anak-anak Hingga Dewasa Turut Ramaikan Peluncuran Board Game The Festivals

Sebuah board game yang didesain dengan baik memiliki potensi untuk hadirkan semua hal di atas: kesempatan berbagi gembira dengan keluarga/teman berkali-kali sekaligus juga sebuah media yang mampu memotivasi sebuah kegiatan belajar yang efektif dan menyenangkan. Oleh karena itu sebuah board game bagi kami bukanlah sebuah komoditi hiburan semata, melainkan juga sebuah bentuk investasi. Dengan segala potensinya, board game menjadi sebuah investasi yang bisa sangat menguntungkan.

Kembali ke pertanyaan awal, apakah benar board game mahal? Ya – jika kita tidak tahu bagaimana mengoptimalkannya.

Adalah tugas kita sama-sama berbagi cerita bagaimana kita bisa mengoptimalkan segala potensi yang ada. Karena hanya dengan begitu, banyak yang akan melihat bahwa setiap rupiah yang kita investasikan untuk kebangkitan industri board game Indonesia adalah bentuk investasi yang sangat bermakna.

 

Eko Nugroho,
Koordinator tim penulis/redaksi boardgame.id

Bagikan:
enugroho

Game designer, happy Player, Kiriya admirer, and a food hunter. Kadang juga bagi cerita, ide, dan foto via twitter: @eNugroho

http://eko.nugroho.web.id
  • Essen Spiel Games Leaks 2017

    board game / permainan papan lokal masih termasuk mahal untuk mayoritas masyarakat indonesia, kebanyakan dijual dengan harga di atas 100 rb. Bandingkan dengan harga eceran beberapa boardgame impor yang terkategori dalam produksi masal industri mainan di negara luar, seperti: catur 58 rb, othello/reversi 58 rb, kartu standar-52 18 rb, kartu uno 18 rb, uno stacko 57 rb dan masih banyak lagi. Harga Alkisah dan Bhinneka adalah 66 rb dan 70 rb.

  • Essen Spiel Games Leaks 2017

    Candrageni 487rb
    Oh My Sheep! 400rb

    Pagelaran Yogyakarta 292rb
    Laga Jakarta 280rb
    The Festivals 259rb
    Flipeek Medieval 250rb
    Perjuangan Jomblo 239rb

    Balloon 195rb
    Simpang Dago 189rb
    Monas Rush 189rb
    Waroong Wars 175rb
    Wowo Wiwi 150rb
    Keris Tanding 120rb
    PiPoYa Get Egg 120rb

    Lelang Mania 99rb
    Alkisah 75rb
    Bhinneka 70rb
    Mashup Monsters 66rb

  • Essen Spiel Games Leaks 2017

    Daftar 81 Board Game buatan orang Indonesia:

    Adventure of D, Alkisah 75rb, A.I.D.I.S, ACARAKI, Anipair, Aquatico, Balloon 195rb, Bhinneka 70rb, Buto Ijo dan Timun Emas, Candrageni 487rb, Celebes, Cibaku, Cloud Dungeon, D’Hospital, DoMiKaDo, Dungeon of D (DoD), Fighters of D (FoD), Flipeek Medieval 250rb, Galaxy of D (GoD), Gift From Nyi, Goblins vs Zombies, Gotong Royong, Island of D (IoD), Island of D 2: The Shadow of Dawn (IoD2), Kakak Teladan, KANALOA, Kata Emak, Kaya, Keris Tanding 120rb, Kings Feud, Klepon, Ksatria, Laga Jakarta 280rb, Le Voleur, Lelang Mania 99rb, Linimasa, Lotus Pond, Mahardika, Mashup Monsters 66rb, Mat Goceng, Mataram, Mie Ayam, Mint Works, Monas Rush 189rb, Newbie Navigators, Oh My Sheep! 400rb, Orang Rimba, Overseas, Paduka Patih, Pagelaran Yogyakarta 292rb, PDKT, Perahu Buru-Buru, Perjuangan Jomblo 239rb, Pet War, PiPoYa Get Egg 120rb, Pokemon of D (PoD), Politrik, Rescuer’s Journey, Rimid Nested, Rise of the Zombies, Roar-a-Saurus, Roket Raket, Sand Castle Kingdom, Santet, Senggal Senggol Gang Damai, Sengkala, Seratus, Simpang Dago 189rb, Slimes of D (SoD), Soccer 17, Suro Lan Boyo, Terajana, The Art of Batik, The Festivals 259rb, Tornado Charge, Uptime, Virtual Emergency Room, Waroong Wars 175rb, Waves of Heroes, Wowo Wiwi 150rb