Headline Opini Surat Dari T1

Surat dari T1: Board Game Yang Mahal

Board gamenya kok mahal? Memang apanya yang mahal sih, khan cuma kertas (karton) aja? Buat apa bayar semahal itu cuma buat “mainan”? Ini adalah serangkaian pertanyaan yang biasa kami dapatkan.

Dalam sebuah diskusi, seseoran ahli marketing menjelaskan bahwa orang Indonesia itu sukanya yang gratisan – bahkan klo bisa, mereka akan lebih suka apapun yang “cheaper than free” dan menurutnya board game sungguh adalan barang mewah yang akan sangat sulit bisa diterima oleh market Indonesia.

Mungkin sang ahli ada benarnya.

Kumpulan board game Indonesia | Foto: boardgame.id

Tapi apakah benar sebuah board game Indonesia itu mahal?

Sebuah board game rata-rata bisa dimainkan oleh 4 orang dan umumnya bisa dimainkan berkali-kali dengan durasi minimal 20 min. Katanlah kita mendapatkan 3x (20 min) sesi bermain yang menyenangkan dengan 4 orang keluarga atau teman kita, 3×20 min kesempatan untuk berbagi gembira. Menurut Anda berapakah harga yang layak untuk setiap menitnya?

Belakangan ini kita melihat berbagai judul board game yang dikembangkan dengan tema khusus, mengangangkat nilai-nilai terbaik tentang Indonesia dari mulai ragam masakan, festival budaya hingga tema anti korupsi. Berbagai game tersebut terbukti menjadi sebuah media edukasi yang cukup efektif untuk bisa memotivasi hadirnya sebuah kegiatan belajar yang menyenangkan. Jika Anda punya kesempatan untuk hadirkan proses belajar yang efektif dan menyenangkan di rumah, di sekolah, di tempat anda berkarya, berapa harga yang bersedia Anda bayar?

Baca juga: Seru! Pengalaman Orang Tua Mengenalkan Adat Budaya Indonesia Lewat Card Game

Baru-baru ini kami membaca testimoni sebuah keluarga yang memainkan sebuah board game tentang berbagai ragam festival di Indonesia. Sang Ibu begitu bahagia melihat putranya yang terinspirasi oleh game tersebut untuk kemudian belajar lebih banyak tentang keragaman Indonesia. Jika anda mampu membayar untuk mendapatkan pengalaman yang sama hadir di tengah keluarga anda, sekali lagi, berapakah harga yang akan Anda bayar?

Baca juga: Anak-anak Hingga Dewasa Turut Ramaikan Peluncuran Board Game The Festivals

Sebuah board game yang didesain dengan baik memiliki potensi untuk hadirkan semua hal di atas: kesempatan berbagi gembira dengan keluarga/teman berkali-kali sekaligus juga sebuah media yang mampu memotivasi sebuah kegiatan belajar yang efektif dan menyenangkan. Oleh karena itu sebuah board game bagi kami bukanlah sebuah komoditi hiburan semata, melainkan juga sebuah bentuk investasi. Dengan segala potensinya, board game menjadi sebuah investasi yang bisa sangat menguntungkan.

Kembali ke pertanyaan awal, apakah benar board game mahal? Ya – jika kita tidak tahu bagaimana mengoptimalkannya.

Adalah tugas kita sama-sama berbagi cerita bagaimana kita bisa mengoptimalkan segala potensi yang ada. Karena hanya dengan begitu, banyak yang akan melihat bahwa setiap rupiah yang kita investasikan untuk kebangkitan industri board game Indonesia adalah bentuk investasi yang sangat bermakna.

 

Eko Nugroho,
Koordinator tim penulis/redaksi boardgame.id

Bagikan:
enugroho
Game designer, happy Player, Kiriya admirer, and a food hunter. Kadang juga bagi cerita, ide, dan foto via twitter: @eNugroho
http://eko.nugroho.web.id