Opini Surat Dari T1

Surat dari T1: Selamat Merayakan Waktu Bermain Bersama!

Bagikan:

ketupat dan bermain bersama

Hari Raya Idul Fitri selalu lekat dengan waktu bersama keluarga. Buat sebagian besar dari kita, mudik atau kembali ke kota kelahiran untuk berkumpul bersama seluruh keluarga jadi semacam keharusan. Untuk bisa menikmati waktu bersama keluarga di saat hari raya, sebagian dari kita kadang rela menikmati kemacetan berjam-jam juga berbagai tantangan lainnya selama di perjalanan. Satu gambaran betapa kita sungguh menghargai sangat tinggi waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

Menariknya, mengapa kita bersedia membayar begitu “mahal” untuk waktu bersama keluarga ketika hari raya? Mengapa waktu berkualitas sepertinya hanya bisa kita dapatkan pada saat-saat tertentu atau jika memenuhi syarat-syarat tertentu ? hanya ketika hari raya, hanya ketika sedang liburan di luar kota, hanya jika ada acara makan bersama di restoran ternama, dan berbagai syarat lainnya. Semakin menarik, karena bahkan ketika semua syarat itu terpenuhi – kita kadang malah tidak menikmati sepenuhnya dan memilih untuk sibuk dengan bertegur sapa di dunia maya.

Itulah mengapa bermain board game belakangan ini semakin diakui mampu menghadirkan waktu berkualitas. Banyak orang yang kemudian merasakan kegembiraan bermain bersama, bertatap muka, dan saling berbagi gembira. Board game perlahan jadi media yang identik dengan aktivitas bermain sehat dan juga sebuah media yang potensial untuk benar-benar menghadirkan waktu berkualitas di tengah keluarga. Board game juga menjadi semacam pengingat bahwa waktu berkualitas bisa kita hadirkan di mana saja, dengan cara yang relatif mudah dan sederhana: bermain bersama.

Bayangkan jika setiap keluarga di Indonesia bisa menikmati waktu berkualitas bersama, mungkin 2-3 jam setiap minggu, dengan bermain bersama. Bayangkan jika sekolah, kampus, dan setiap tempat kita bekerja menyediakan waktu khusus untuk semua bisa bermain bersama untuk kemudian memberi kesempatan semua berbagi sedikit gembira. Bayangkan jika bermain bersama dan menikmati game-game terbaik Indonesia jadi bagian keseharian dari anak-anak kita. Saya yakin sepenuhnya akan ada banyak hal luar biasa yang bisa tercipta. Untuk itu semua kita hanya perlu mulai belajar bersungguh-sunguh untuk kembali menikmati bermain bersama. Seminggu kedepan mungkin adalah waktu terbaik untuk kita memulai semuanya!

Selamat merayakan waktu bersama, selamat berbagi gembira, dan selamat menikmati bahagia!

Eko Nugroho,
Koordinator tim penulis/redaksi boardgame.id

Sumber gambar: wikipedia.org

Bagikan:
enugroho
Game designer, happy Player, Kiriya admirer, and a food hunter. Kadang juga bagi cerita, ide, dan foto via twitter: @eNugroho
http://eko.nugroho.web.id