Headline Opini Pendidikan

Survey Membuktikan! 78% Keluarga Percaya Board Game Mampu Ajarkan Perilaku Anti-Korupsi Untuk Generasi Muda

Bagikan:

Hits: 0

“A child loves his play, not because it’s easy, but because it’s hard.” – Benjamin Spock.

Anak dan bermain memang dua hal yang tak bisa dipisahkan. Jika kamu penasaran, coba deh tanyakan tentang aneka permainan pada adik, sepupu atau anak kamu – apa saja yang sudah ia mainkan sampai sekarang? Pasti hasilnya akan bermacam-macam.

Banyak fakta menarik di balik kegiatan favorit anak ini. Selain menghibur, bermain adalah salah satu proses yang mampu membentuk kepribadian anak itu sendiri. Karena itu, keluarga sebagai lingkungan pertama tentu menjadi faktor penentu, apakah mereka melibatkan si anak dengan permainan yang baik?

Sebenarnya hal apapun bisa jadi sebuah permainan untuk anak. Salah satunya adalah board game. Sebagai salah satu permainan interaktif, belakangan board game memang menarik perhatian para orang tua masa kini. Bahkan, bukan tidak mungkin jika kita bisa mengajarkan perilaku anti-korupsi lewat permainan ini, lho!

Ya, beberapa waktu lalu teman-teman dari komunitas Ibu Profesional mengadakan survey tentang efek bermain board game untuk keluarga. Kali ini mereka berkesempatan mencoba aneka game anti-korupsi dari KPK, seperti Terajana, Jaga Sekolahku, Politriks dan PDKT dan Sahabat Pemberani.

Bermain board game Terajana | Foto: Ibu Profesional

Lalu, apa sih hasil yang ditunjukkan dari survey tersebut? Rupanya sebanyak 78% pemain bisa memahami perilaku anti-korupsi lewat praktek permainan, dalam hal ini adalah board game edukasi anti-korupsi dari KPK! Sebuah angka yang luar biasa, bukan?

Menurut Ibu Septi Peni Wulandani, pendiri dari Ibu Profesional, hal ini wajar saja karena sejatinya anak adalah makhluk yang senang bermain. “Ada 3 hal yang tidak ditolak anak: dongeng, bermain dan hadiah.” jelas beliau. Wah, jadi karena itu ya board game bisa jadi kegiatan yang efektif, apalagi jika dilakukan bersama orang tua, tentu menyenangkan!

Nah, jika kamu ingin tahu info lebih detail tentang survey mereka, bisa langsung unduh dokumen berikut ini. Selamat bermain bersama keluarga!

Baca juga:

Surat dari T1: Hadirkan Lebih Dari Sekedar Media Hiburan Satu hari di sekitar tahun 1902, Elizabeth Meggie menghadirkan sebuah board game berjudul "Landlord Game". Game ini didesain untuk memberikan pemahama...
D’Hospital, Seri Board Game KPK Bagian 5 Satu lagi board game purwarupa yang dikembangkan oleh Anti-Corruption Learning Centre (ACLC) Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pe...
Hebat! Para Guru Ini Buktikan Bermain Adalah Bagian dari Belajar Lewat Acara Play Time Kalau kamu menjadi peserta workshop atau seminar, apa yang biasa kamu lakukan setelahnya? Membagikan ilmu seminar ke teman-temanmu yang lain? atau lan...
Bagikan:
amaliacindra
Newbie board gamer who love writing and watching movies. For community event and report kindly contact me on amalia(at)boardgame(dot)id. See you every month at PlayTime Bandung!