Headline Komunitas

Tabletopia, Tempat Berkibarnya Bendera Board Game Indonesia di Popcon Asia 2017 (Day 1)

Bagikan:

Jakarta (5/8). Kemarin board game Indonesia turut hadir di tengah-tengah keanekaragaman industri kreatif dalam menyemarakkan Popcon Asia 2017. Pameran yang digelar di Jakarta Convention Center, tepatnya di Exhibition Hall B ini memang mewadahi para kreator-kreator lokal agar karya-karya unik mereka mulai dari animasi, komik hingga game bisa diperkenalkan dan dinikmati khalayak ramai.

Board game Indonesia menjadi salah satu bentuk kreatifitas anak bangsa yang meramaikan acara Popcon Asia 2017. Setidaknya terdapat 22 judul board game asli Indonesia bisa ditemukan di sebuah area khusus yang diberi nama Tabletopia. Meskipun seperempatnya masih belum rilis dan masih berupa prototype atau purwarupa, namun hal ini tidak mengurangi rasa penasaran pengunjung.

Beberapa menu board game Indonesia | Foto: boardgame.id
Beberapa menu board game Indonesia

Coba bayangkan, bagaimana reaksimu kalau melihat ada sebuah board game berjudul Mie Ayam, atau Kakak Teladan? Kalau kamu baru pernah mencicip board game seperti Monopoly dan Ular Tangga , pasti terbesit dipikiran kalian bagaimana cara mainnya. Apa yang kira-kira bisa membuat game dengan judul di atas bisa lebih seru daripada Monopoly atau ular tangga? Memang Indonesia Bisa?

Bisa kok, buktinya, hampir sepanjang hari pertama Popcon Asia 2017 dibuka, Tabletopia selalu dipadati pengunjung yang antusias menjajal macam-macam board game Indonesia. Ada yang selesai main satu judul, mereka lanjut memainkan judul yang lain. Bahkan ada juga yang saking penasarannya, setelah main satu judul, mereka main dan mengulang game yang sama saking mereka anggap sangat seru sehingga tidak bosan dimainkan berkali-kali.

Menjajal board game Indonesia
Seorang Ayah (kiri) dan putrinya menjajal tiga judul game yang berbeda karena penasaran dengan serunya | Foto: boardgame.id

Judul-judul yang board game Indonesia yang bisa dimainkan di Tabletopia ada banyak seperti: The Festivals, Keris Tanding, Get Egg, Mashup Monsters, Aquatico, Perahu Buru-Buru dari Manikmaya Games; ada juga Candrageni, Perjuangan Jomblo, Kakak Teladan, Waroong Wars, Monas Rush, Pagelaran Yogyakarta dari Penerbit Kompas; dan masih banyak lagi.

Daripada disebutkan satu-satu, mending hari minggu ini kamu langsung datang saja dan lihat sendiri berbagai macam board game Indonesia di Popcon Asia 2017. Yup! Kamu tidak salah baca. Popcon masih dibuka di hari minggu ini, dan ini merupakan hari terakhir lho!.

Raut keceriaan seorang ibu yang merasakan serunya bermain board game di Tabletopia bersama anaknya | Foto: boardgame.id

Jadi jangan sampai kamu kelewatan. Ajak teman dan keluargamu ke Popcon untuk menjajal board game-board game unik asli Indonesia. Ayo segera mampir ke area Tabletopia! Ditunggu ya!

Jangan lupa like Facebook boardgame.id untuk dapatkan live report Tabletopia hari kedua dan segala informasi seputar board game Indonesia dan dunia.

Baca juga: Popcon Asia 2017 Akan Kembali Diserbu Board Game-Board Game Lokal

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!