battle-chess
Kabar Game

Ternyata di Facebook Messenger Kamu Bisa Bermain Catur

Bagikan:

Yap, ini fakta yang sungguh unik. Kamu bisa bermain catur di Facebook Messenger. But, bagaimana caranya untuk bisa bermain catur di Facebook Messenger atau Facebook Chat?

Tidak seperti pada zaman dulu Yahoo Messenger, yang memang dirancang agar bisa bermain game dengan teman chat kamu. Pada zaman Yahoo Messenger masih sangat populer sekitar tahun 2006-2010, kamu bisa langsung bermain game, salah satunya catur di Yahoo Messenger. Untuk bermain catur di Facebook Messenger kamu perlu untuk mengetikan sebuah code ketika sedang mengobrol/chatting bersama teman.

Cara Bermain Catur Yang Unik

Lalu bagaimana caranya? Kamu cukup mengetikkan @fbchess play di kotak chat ketika kamu sedang chatting bersama temanmu. Yang unik ketika bermain catur di FB Messenger ini, kamu bukan melakukan click and drag untuk menggerakan bidak catur, melainkan kamu harus mengetik kode untuk menggerakan berbagai bidak.

Setiap bidak diberi kode, seperti P untuk pion, lalu N untuk knight/kuda, B untuk Bishop/luncur, R untuk Rook/benteng, Q untuk ratu/menteri, dan K untuk raja. Lalu contoh jika kam ingin menggerakan pion, kamu perlu mengetikkan kode @fbchess Pb3 untuk menggerakan pion yang berada di kotak b.

Tidak hanya itu, game catur ini juga memberikan fitur untuk draw, yaitu dengan mengetik @fbchess draw. Lalu untuk melakukan undo atau jika ada kesalahan langkah, kamu bisa ketik @fbchess undo. Jika kamu ingin mengulang lagi, kamu bisa ketik @fbchess resign.

Fitur ini memang belum dirilis secara umum, akan tetapi kamu sudah bisa mencoba untuk menggunakannya. Tinggal ajak saja temanmu untuk bermain catur di FB Messenger.

Bagikan:
Rizal Ziz
Seorang lulusan S1 yang sedang mengambil studi lanjut pascasarjana, memiliki hobi dan pengalaman di dunia gaming. Suka juga mengutarakan pikiran melalui tulisan.