Kabar Game

The Little Prince, Dari Novel Menjadi Film dan Board Game

Bagikan:

Baru-baru ini, di sosial media tengah ramai dibicarakan sebuah film yang baru saja tayang di bioskop. Film tersebut adalah “The Little Prince”. Sebuah film yang mengadaptasi cerita dari novel dengan judul yang sama karya Antoine de Saint-Exupéry. Novel The Little Prince pertama kali diterbitkan pada tahun 1943 yang kemudian tahun ini ditransformasikan menjadi film animasi dengan teknik stop motion yang disutradarai oleh Mark Osborne.

The Little Prince memang memiliki banyak adaptasi, mulai film musikal, opera, serial tv hingga board game. Disini penulis mencoba memaparkan seperti apa perwujudan The Little Prince dalam bentuk board game. Salah besar kalau dengan membaca artikel ini, kamu akan menemukan review atau komentar tentang filmnya.

Box cover dari The Little Prince: Rising to the Stars | Gambar: boardgamegeek.com

Di versi board game pun Little Prince sudah memiliki banyak judul dan versi, yang paling baru adalah The Little Prince: Make Me a Planet (2013) dan The Little Prince: Rising to the Stars (2015). Dua board game tersebut dibuat oleh duet Antoine Bauza (7 Wonders, Tokaido, Ghost Stories) dan Bruno Cathala (Five Tribes, Cyclades, Mr. Jack).

Box, Komponen dan Rulebook dari The Little Prince: Make Me a Planet | Foto: boardgamegeek.com

The Little Prince: Make Me a Planet adalah board game dengan mekanisme tile placement dimana para pemain harus membuat planet yang berisikan binatang-binatang yang ada di cerita The Little Prince seperti Si Rubah, Domba, Gajah dan Ular. Ingat, usahakan jangan sampai planetmu terdapat banyak gunung berapi atau pohon baobab. Bisa dimainkan untuk 2-5 pemain dengan durasi waktu sekitar 25 menit untuk satu kali permainan.

The Little Prince: Make Me a Planet ketika sedang dimainkan | Foto: boardgamegeek.com

Sedangkan The Little Prince: Rising to the Stars, mengadaptasi seri filmnya yaitu terbang dan bertemu dengan si Little Prince. Disini kamu akan berpetualang dengan tujuan untuk mengumpulkan bintang sebanyak-banyaknya. Kamu akan terbang menggunakan bidak pesawat dan melangkah menggunakan kartu menuju planet si Little Prince. Jumlah bintang yang kamu dapatkan tergantung dari kartu yang kamu mainkan dan dimana kamu mendarat. Bisa dimainkan untuk 2-6 pemain dengan durasi permainan sekitar 20-30 menit.

Setup & Komponen dari The Little Prince: Rising to the Stars | Gambar: boardgamegeek.com

Jadi, sudahkah kamu menonton filmnya dan bermain board gamenya?

Baca juga:

Board Game Berpotensi Tingkatkan Minat Baca, Bagaimana Bisa? Euforia perayaan SPIEL'17 memang masih terasa. Wajar saja, pasalnya Indonesia mendapat respon positif dari para pengunjung di ajang board game terbesa...
Monopoly Mau Dibikin Filmnya, Seperti Apa Bentuknya? Tidak aneh rasanya jika ada orang yang bermain Monopoly. Ya Monopoly sudah menjadi boardgame yang sangat mainstream di kalangan umum. Hanya saja jika ...
Film Bisa Manfaatkan Board Game untuk Bercerita – Menggunakan Jumanji (1995) sebagai contoh, saya ingin membahas bagaimana board game bisa berperan penting dalam sebuah film. Terutama, tentunya, dalam...
Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!