Opini Tips/ Tutorials

Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #10: Koleksi Bagian 2

Bagikan:

Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain board game, yang kemudian lebih sering disebut sebagai Board Game Cafe. Melihat hal positif ini, penulis memutuskan untuk membuat seri artikel tentang tips-tips bagaimana membuka usaha board game cafe yang baik. Ulasan dalam seri artikel ini akan merujuk pada video yang diunggah langsung oleh board game cafe paling terkenal di Toronto, Amerika yaitu Snakes & Lattes.

Tips #10 – Koleksi Bagian 2

Pada tips kedua lalu BoardGame.id telah membahas tentang koleksi board game. Poin yang bisa diambil dari tips kedua kurang lebih adalah berapa banyak board game yang perlu ada cafemu pertama kali. Tentu, makin bervariasi judul dan jenis permainan makin baik. Namun, ternyata hal ini tidak begitu baik, mengapa ?

Baca juga: Seri artikel Tips Membuka Usaha Board Game yang lain

Belajar dari Snakes & Lattes yang sudah mulai membuka usaha 6 tahun yang lalu, variasi judul bukanlah yang terpenting dalam melengkapi koleksi di cafemu.  Menurut pengalaman mereka justru menduplikasi atau memperbanyak judul-judul board game yang populer justru pilihan yang terbaik.

Koleksi
Koleksi board game Snakes & Lattes Cafe | Foto: garoumush.wikia.com

Tentu pengunjung akan cenderung sering memainkan game-game yang sudah populer. Apalagi tipikal orang Indonesia beberapa diantaranya malas belajar rule permainan yang baru (game yang lain). Mending main yang sudah tahu peraturannya, semacam itu. Nah, ketika game populer tersebut sedang dimainkan dan ada pengunjung baru datang yang juga ingin memainkannya apa yang kamu lakukan? Merekomendasikan game yang baru kadang bukan solusi yang tepat dengan melihat karakteristik diatas. Jadi memiliki satu judul game dengan jumlah lebih dari satu kopi mungkin patut dicoba.

Selanjutnya bahasan tentang populer game itu sendiri akan dikupas rabu depan, stay tuned!

 

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!