Opini Tips/ Tutorials

Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #6: Perawatan

Bagikan:

Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain board game, yang kemudian lebih sering disebut sebagai Board Game Cafe. Melihat hal positif ini, penulis memutuskan untuk membuat seri artikel tentang tips-tips bagaimana membuka usaha board game cafe yang baik. Ulasan dalam seri artikel ini akan merujuk pada video yang diunggah langsung oleh board game cafe paling terkenal di Toronto, Amerika yaitu Snakes & Lattes.

Tips #06: Perawatan

Jangan keliru, tips membuka usaha board game cafe kali ini bukanlah tentang perawatan cafe, melainkan perawatan koleksi board game yang ada di cafe. Ini penting karena daya tarik utama dari cafemu tentu dari si board game itu sendiri.

1. Card Sleeve

Card Sleeve & Dominion | Gambar: starlitcitadel.com

Hal paling utama yang perlu kamu lakukan untuk perawatan board game adalah dengan memberikan sleeve untuk setiap kartu. Sleeve akan mengurangi resiko kartu sobek, tertekuk, dan kusut. Board game sekelas Dominion yang memiliki 500 kartu mungkin terlihat berat untuk di sleeve, namun untuk kelas Dominion yang ada di cafe bisa memperpanjang nyawa kartu. Ingat! berbeda dengan koleksi pribadi, jam terbang koleksi board game yang ada di cafe sangat tinggi dan bisa jadi satu board game akan dimainkan setidaknya 5 kali dalam sehari. Jadi, yakin kamu tidak menginvestasikan budget-mu untuk belanja sleeve ?

2. Pernis

Lalu bagaimana cara merawat papan permainan, dadu, tile atau cardboard ? Kamu bisa menyemprotnya atau mempernisnya. Tentu pilih bahan pernis yang bening (clear). Dengan dipernis papan permainan juga bisa tahan air. Jika digunakan pada dadu kayu, pernis bisa mencegah warna/simbol agar tidak luntur/terkelupas.

Baca juga: Seri artikel Tips Membuka Usaha Board Game yang lain

3. Komponen Cadangan

Bisa jadi sering kali, usai bermain pelanggan tidak menghitung kembali komponen permainan. Alhasil ketika dimainkan lagi ternyata jumlah komponen tidak utuh. Jadi ada baiknya kamu siapkan cadangan komponen, untuk meeple/token kamu bisa membuatnya sendiri ke pengrajin kayu atau terkadang bisa juga minta langsung ke publisher game yang bersangkutan. Mau cara yang lebih mudah? cari toko aksesoris dan kamu bisa gunakan manik-manik sebagai pengganti komponen yang hilang.

Semoga bisa menjadi tips yang berguna, sampai jumpa lagi di tips selanjutnya tentang “Konsumen” rabu minggu depan. Stay tuned ya!

Baca juga:

Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #3: Karyawan Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain boa...
Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #10: Koleksi Bagian 2 Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain boa...
Tips Membuka Usaha Board Game Cafe #7: Pengunjung Perkembangan industri board game di Indonesia makin hari makin bertumbuh. Mulai banyak bermunculan kafe-kafe yang menyediakan tempat untuk bermain boa...
Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!