Headline Kabar Industri

Gila! Seperempat Total Dana yang Terkumpul di Kickstarter Berasal dari Ranah Board Game

Bagikan:

Tahukah kamu, kalau seperempat total dana yang terkumpul di Kickstarter selama semester satu tahun 2017 berasal dari kategori board game? Hal ini bukan hoax semata, malah data ini muncul dari pakarnya, yaitu sebuah perusahaan analis, ICO Partner.

Mereka melaporkan, kategori board game bertanggung jawab atas masuknya 24% dari total dana seluruh kategori di situs galang dana ini. Persentase ini bukan hal remeh lho! Pasalnya, kategori board game terus menembus rekornya sendiri dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: 10 Tabletop Game Terbaik Di Kickstarter Edisi November 2016

Tahun 2016 lalu, ranah board game menuai total dana sebesar 1,5 Triliun Rupiah yang jelas melebihi total dana di tahun 2015. Data berbicara, di tahun 2015 sepertiga dari total 4,8 T yang terkumpul di Kickstarter berasal dari kategori board game.

Total jumlah proyek kategori board game per semester (terdanai/tidak) | Grafik: ICO Partners

Tahun ini, meskipun baru memasuki semester dua, board game sudah menyumbangkan sekitar 918 M atau 270 M lebih banyak dari tahun sebelumnya untuk hitungan waktu yang sama (6 bulan pertama). Tentu bisa diprediksi angka 1,5 T di tahun 2016 akan jebol begitu tahun ini berakhir.

Dana 918 M ini berasal dari 1.500 proyek board game, diantaranya 957 proyek sukses terdanai. Beberapa proyek seperti Rising Sun, Zombice Green Horde, Kingdom Death 1,5 berkontribusi cukup banyak untuk dana di atas. Bagaimana tidak, masing-masing mengumpulkan 57 M, 67 M dan 167 M alias hampir sepertiga.

Baca juga: Kucing-Kucing Meledak di Kickstarter Dalam Hitungan Menit

“Melihat dari pertumbuhan setiap proyek yang terdanai, bukan suatu hal yang menakjubkan lagi rekor akan terpecahkan dalam setengah tahun berikutnya, dan jika tren ini berjalan lancar bukan mustahil jika tahun 2017 bukanlah tahun terbaik untuk kategori (board game) ini”. Ungkap Thomas Bidaux dari ICO.

Total dana terkumpul untuk proyek board game yang sukses per semester | Grafik: ICO Partners

Sepertinya board game memang makin digemari, dan kategori board game tidak akan dihapus dari kickstarter. Artinya, kamu perlu bersiap diri (terutama dompet) untuk menyambut board game-board game baru dan keren yang akan selalu muncul setiap bulan.

Baca juga: Main Board Game Sambil Belajar Biologi? Ya Cuma di Cytosis: A Cell Biology Game

Jangan lupa juga mendukung industri board game Indonesia dengan membeli board game buatan anak bangsa. Kesulitan mencari? Kunjungi saja pasar.boardgame.id, di sana kamu bisa temukan beragam judul board game Indonesia yang bisa kamu beli.

Sumber: tabletopgaming.co.uk

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!