Opini

[Glaiverion Review] Waroong Wars, Memasak Hidangan Khas Surabaya Melalui Card Game

Bagikan:
Coverbox Depan
Coverbox Depan

Waroong Wars adalah card game Indonesia yang menjadi juara dalam ajang kompetisi Board Game Challenge 2015 yang diadakan oleh Kummara & Harian Kompas. Saat mengetahui game ini dirilis resmi oleh Kompas saya tiba-tiba “Kompas ngerilis board game?  wow, bakal keren nih” dengan label Kompas tercantum di box Waroong Wars. Game ini makin terlihat keren saja (dan saya baru dapet gamenya akhir-akhir ini, haha)
lalu muncul pertanyaan dalam benak saya, kenapa waroong wars bisa jadi juara ya? saya coba ulas di review saya kali ini.

[fruitful_tabs type=”horizontal” width=”100%” fit=”false”]
[fruitful_tab title=”Informasi Permainan”]

Game Title: Waroong Wars
Designer: Adhicipta R. Wirawan, Aditya Pradana, David Santoso, Wikan Prabowo
Publisher: Kompas
Jumlah pemain: 3-5 player
Lama Bermain: 15-30 menit
Waktu bermain: 5-15 menit
Rekomendasi usia: 8 tahun ke atas

[/fruitful_tab]
[fruitful_tab title=”Komponen”]

20 Kartu Menu
20 Kartu Pelanggan
43 Kartu Bahan Utama
4 Kartu Bahan Pelengkap
2 Kartu Kurir Bahan
1 Full-color Rulebook

[/fruitful_tab]
[fruitful_tab title=”Penghargaan”]
Juara 1 Board Game Challenge 2015
[/fruitful_tab]
[/fruitful_tabs]

Latar Cerita

Dalam game Waroong Wars ini pemain akan menjadi pemilik warung atau waroong khas surabaya yang bersaing dengan warung-warung milik pemain lainnya, pemain akan belanja bahan masakan, lalu memasaknya untuk dipesan oleh pelanggan yang akan datang ke warung masing-masing pemain.

Persiapan (Setup)

Setup dimulai dengan memisahkan background kartu menjadi 3 dek yang berbeda (bisa dilihat dari warna dibelakang kartunya), yaitu dek kartu bahan (hijau), dek kartu menu (biru), dan dek kartu pelanggan (hitam).

Buka 2 (dua) kartu menu ke sebelah dek kartu menu. Tentukan siapa pemain yang akan menjadi first player, nantinya dia diperbolehkan memasak lebih dulu, dan game siap untuk dimainkan.

Setup game
Setup game
setup game
Setup game

 

 

 

 

 

 

Tujuan permainan

Tujuan game ini adalah mengumpulkan victory point (VP) sebanyak-banyaknya. Di akhir game, pemain yang memiliki (VP) paling banyak adalah pemenangnya.
VP bisa didapatkan dari memasak menu makanan, dimana setiap kartu menu memiliki VP yang berbeda-beda di dalamnya.

kartu menu dimana setiap kartu menu memiliki vp di pojok kiri atasnya
kartu menu dimana setiap kartu menu memiliki vp di pojok kiri atasnya

Pemain juga mendapat VP dari kartu pelanggan, dimana setiap kartu pelanggan yang tidak digunakan akan bernilai 1 (satu) poin di akhir game, dan hal itu belum termasuk kartu pelanggan selebritis yang bernilai 3 (tiga) poin.

Gameplay

Dalam Waroong Wars pemain akan melalui 2 fase yaitu:

      1. Fase Belanja
        Fase Belanja diawali dengan membuka kartu paling atas dari dek menu. Lalu menempatkannya di barisan kartu menu yang terbuka dengan mula-mula menggeser tumpukan yang sudah terbuka ke kanan. Setelah itu pemain dibagikan 6 (enam) kartu bahan.
        Di fase belanja ini pemain akan melakukan drafting bahan masakan yang akan dimasak di fase kedua, pemain akan menyimpan 1 (satu) kartu bahan dari tangannya secara tertutup di atas meja, lalu sisa kartunya (5 kartu) akan diberikan ke pemain sebelah kirinya, setelah itu pemain akan menerima kartu bahan dari pemain sebelah kanannya. Drafting akan dilakukan terus hingga kartu bahan yang ada di tangan habis (semua kartu bahan telah disimpan didepan pemain).
      2. Fase Memasak
        Ambil kartu bahan yang sudah disimpan di depan masing-masing pemain dan kartu-kartu inilah yang akan dipakai sebagai bahan memasak di fase ini.
        Dimulai dari first player, pemain dapat memasak kartu menu yang terbuka di sebelah deck kartu menu. Caranya adalah dengan membuang kartu bahan yang dibutuhkan oleh kartu menu dan mengambil kartu menu tersebut lalu simpan di depan pemain. Kemudian, pemain tersebut mengambil kartu pelanggan dari tumpukan kartu pelanggan.
        Kartu pelanggan memiliki berbagai kemampuan dan dapat diaktifkan saat turn player untuk memasak di fase 2. Pemain boleh memasak lebih dari satu menu jika bahan-bahan yang dibutuhkan masih bisa digunakan untuk memasak. Selanjutnya, giliran memasak perpindah searah jarum jam dari first player.
Bahan yang diperlukan untuk memasak sate klopo adalah beras dan daging
Bahan yang diperlukan untuk memasak sate klopo adalah beras dan daging

Akhir Permainan

Game berakhir disaat semua kartu menu sudah habis dimasak atau dibuang.


Glaiverion Review

Jumlah  Pemain
          3-4 player merupakan jumlah pemain yang saya nikmati permainannya, karena dalam 5 player game, pemain terakhir akan memasak masakan yang bahannya banyak di ronde-ronde awal, dikarenakan perbandingan masakan berbahan banyak dan rendah adalah rendah > banyak, hal ini membuat pemain awal akan mendapat keuntungan dari kartu pelanggan lebih cepat, namun hal ini tidak selalu terjadi, hal lain dari 5 player adalah downtime  yang cukup lama.

Persiapan dan Waktu Bermain
          Setup yang dibutuhkan hanya memisahkan deck kartu yang sudah diberi backcover card yang berbeda warna yang menyita waktu kurang dari 5 menit.Llama bermain yg tertulis di box adalah 15-30 menit dimana memang benar adanya, namun akan lebih lama bila ada pemain yang belum paham cara bermain waroong wars.

Pemain
          Keluarga dan orang yang belum awam dengan board game cocok untuk memainkan game ini karena tema masakan khas surabaya ini sangatlah menarik perhatian, pemainpun akan mendapat penjelasan tentang masakan di tiap kartu masakanya.

Artwork
         Saya suka dengan ilustrasi dalam game ini karena unik, warna-warni cerah yang menggambarkan keceriaan dan gambar masakan yang membuat orang jadi ingin mencicipinya.

Replayability
          Replayability dalam game ini bergantung juga pada pemain yang bermain dikarenakan menu masakan yang tidak terlalu banyak ini dapat menurunkan replayability game ini, bisa saja dalam 5 game, 1 pemain sudah memasak semua masakan, terlepas dari kartu pelanggan yang banyak dan unik.

Kartu pelanggan. jangan lupa ada jekete48 yang datang ke warung mu bernilai 3 poin!
Kartu pelanggan. Jangan lupa ada jekete48 yang datang ke warung mu bernilai 3 poin!

Kesimpulan
          Kenyataan bahwa game ini adalah game yang menjadi juara BGC 2015 membuat saya penasaran ingin memainkanya dan mengetahui kenapa game ini menjadi juara. Lalu setelah saya memainkanya, memang tidak aneh kenapa game ini menjadi juara, yang saya rasakan adalah tema di game ini sangat kuat dimana tindakan yang dilakukan player semuanya berhubungan dengan tema, yaitu belanja bahan, lalu gunakan bahan untuk memasak menu, yang kemudian masakan tersebut dipesan oleh pelanggan.

Hal lain yang saya suka adalah ternyata game ini adalah set collection! dimana saat memiliki 1 set bahan yang diperlukan, pemain mendapat reward berupa VP. VP terletak di kartu menu adalah ide yang sangat hebat bagi saya. dan bahan didapat dengan drafting (ini hal yang saya masih belum paham apa yang terjadi saat pemain belanja bahan dengan drafting, apa artinya mereka saling bertukar barang satu sama lain?) selain reward berupa VP, reward pun didapat berupa pelanggan dimana pelanggan yang tidak digunakan bernilai 1 VP (yang saya pikirkan adalah kartu pelanggan tertutup di depan pemain adalah pelanggan biasa dan bila pelanggan tersebut diaktifkan barulah jadi pelanggan luar biasa, namun tanpa VP, ya kecuali selebritis).

Penggunaan sistem drafting dan set collection dalam game ini memperkenalkan sistem bermain baru di Indonesia yang mungkin orang umum akan masih asing dengan mekanik kartu seperti itu.
Saya enjoy bermain Waroong Wars bersama teman saya, apalagi dengan logat sunda yang nyebut beras adalah beas, dan keceriaan teman saya saat ada anggota jekete48 datang ke warungnya serta kartu pengusaha yang mirip dengan ibu teman saya, haha.
Tema yang bagus, Tema yang mengandung kuliner Indonesia, solid rules and gameplay, artwork yang menarik, rules yang mudah dipelajari semua orang bisa memainkannya, saya dan teman-teman enjoy memainkanya, tidak aneh Waroong Wars menjadi juara BGC 2015

Glaiverion Rate (skala 1 – 10)

Complexity : 4
Replayability : 3
Artwork : 8
Components : 7
Luck Factor : 4

BGG Rating : 9
Glaiverion Rating : 6

Bagikan:
Glaiverion
Omni-Boardgame-Player yang demen "ngatain" boardgame buatan orang. Sangat suka Thematic dan Gateway game. game fave saat ini : Dead of Winter