Opini

Yuk Belajar Membuat Board Game: Mengenal Genre Board Game!

Bagikan:

Siapa yang tidak suka bermain game? Aneh sekali rasanya jika memang ada seseorang yang tidak senang bermain game. Mungkin ada yang sudah bermain banyak game hingga ratusan judul game telah dimainkan. Baik board game, maupun video game.

Sekian lama telah bermain game, mungkin ada yang terpikirkan untuk membuat game. Anda bisa memilih membuat video game, dengan keahlian khusus seperti programming atau art design. Kamu juga bisa memilih membuat board game, yang hanya memerlukan skill desain game dan sedikit kemampuan menggambar.

Mulai Dari Mana Nih?

Sebelum membuat Board Game, ada baiknya kita mengenal dulu apa saja genre dalam board game. Tidak seperti video game yang memiliki genre tertentu, board game memiliki genre yang unik. Apa sajakah itu?

1. Classic Board Game

Classic board game biasa dimainkan oleh para keluarga, dan memiliki gameplay yang simpel. Biasanya game ini memiliki unsur ketergantungan terhadap keberuntungan yang besar, sehingga para pemain tidak perlu berpikir keras untuk bisa menang. Experience ketika bermain bersama-sama lebih menarik dibandingkan permainannya itu sendiri. Salah satu contoh board game yang memiliki genre ini adalah ular tangga.

2. Euro-Styles Games

Euro-Styles biasanya memiliki goal yaitu mengumpulkan victory points untuk menang. Board game dengan genre ini memiliki tema yang kuat di dalamnya. Biasanya kita melakukan manajemen sumber daya dalam permainan. Setiap pemain hanya diberikan sumber daya yang terbatas, dengan sumber daya tersebut para pemain dituntut untuk bisa mengumpulkan poin. Bagi pemain yang bisa mengumpulkan poin yang paling banyak dialah yang menang. Salah satu contoh board game yang memiliki genre ini adalah Carcassone.

3. Deck-Building Games

Deck Building Games memiliki konsep permainan yang mirip dengan Trading Card Games. Hanya saja memiliki perbedaan yang dimana para pemain memiliki jenis deck yang sama. Biasanya genre ini memiliki 15-20 tipe deck kartu, tapi hanya 10 yang bisa dimainkan. Contoh board game yang memiliki genre ini adalah Dominion.

4. Abstract Strategy Games

Catur, checkers adalah salah satu contoh board game yang memiliki genre ini. Jenis genre ini biasanya menuntut para pemain untuk merancang strategi yang kompleks, dengan menempatkan bidak-bidak di tempat yang tepat. Sehingga salah satu pemain bisa memenangkan permainan.

5. Strategy Games

Strategy games adalah genre yang memiliki fitur yang lebih kaya dengan berdasarkan Euro-Style games. Biasanya genre ini memiliki kekuatan narasi yang sangat kuat dan penting, dimana hal tersebut akan mengarahkan kemana permainan akan berlanjut. Game ini biasanya membutuhkan kerjasama yang tinggi diantara para kelompok pemain.

Game ini menuntut untuk para pemainnya berpikir dengan level yang lebih tinggi. Seperti memikirkan bagaimana caranya menjadi yang memimpin permainan, membentuk sebuah pasukan, hingga membaca gerakan pemain lainnya yang menjadi musuh, apa yang menjadi motif mereka membuat gerakan tertentu. Contoh board game yang memiliki genre ini adalah Risk.

6. Card-Based Strategy Games

Layaknya Strategy Games, akan tetapi genre ini menggunakan kartu sebagai elemen utama dalam game. Board game dengan genre ini biasanya memiliki unsur keberuntungan yang tinggi. Genre ini juga memiliki tema dengan kekuatan narasi yang sangat kuat.

Goal dalam genre ini biasanya mengumpulkan victory points, mengumpulkan jenis kartu tertentu, atau mengalahkan pemain lawan untuk menang. Contoh board game yang memiliki genre ini adalah Munchkin.

 

(Bersambung)

Baca juga:

7 Judul Buku untuk Kamu Belajar Membuat Board Game Membuat sebuah board game memang gampang-gampang susah, tetapi tidak bisa langsung jadi seperti apa yang ada di benak kepala. Banyak unsur yang perlu ...
Designer Newbie Navigators Berbagi Tips di Gathering SALAD “Ada yang tahu nggak apa itu Tabletop Game?” suara seorang perempuan membuka acara malam itu. Wajahnya berbinar dan nampak bersemangat. Beberapa peser...
Bagikan:
Rizal Ziz
Seorang lulusan S1 yang sedang mengambil studi lanjut pascasarjana, memiliki hobi dan pengalaman di dunia gaming. Suka juga mengutarakan pikiran melalui tulisan.