Kabar Game Pendidikan

Zamzamy, Belajar Membaca Huruf Hijaiyah Tak Pernah Seseru Ini

Bagikan:

Sebelum anak-anak mulai belajar membaca kitab suci Al-Qur’an, biasanya waktu ngaji mereka diajari dulu cara membaca huruf-huruf arab sesuai dengan tingkatan kemampuannya saat ini. Semua mungkin diawali dengan membaca Iqra jilid 1. Mereka baru siap membaca Al-Qur’an setelah lulus Iqra jilid 5 atau 6.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan cara belajar ini, hanya saja Kaksam Rizky merasa ada yang ganjil, ada yang kurang. Ia merasa tidak ada interaksi ketika belajar mengaji. Akhirnya, ia bersama timnya di Sebangku.com memutuskan untuk membuat board game yang mampu menjadi pelengkap anak-anak ketika ia belajar mengaji.

Lalu lahirlah Zamzamy, kartu sakti belajar ngaji. Rizky berkesempatan menceritakan seluk beluk Zamzamy dan kegunaannya dalam sebuah panggung talkshow di Surabaya Board Game market tanggal 16 Desember lalu. Zamzamy diambil dari air Zamzam yang memiliki banyak khasiat, game ini juga dimaksudkan agar juga memiliki banyak manfaat layaknya air Zamzam.

Ia bercerita, metode belajar ngaji saat ini masih menitikberatkan pada hafalan saja, nah Rizky mencoba menengahi dengan menghadirkan proses analisis. Jadi anak-anak tidak hanya tahu cara membacanya tapi juga mengenali bagaimana bentuk suatu huruf. Misalnya huruf ‘Nun’, bentuknya tentu berbeda ketika huruf ini berdiri sendiri, berada di awal, di tengah atau di akhir sebuah kata.

Ya! Zamzamy adalah sebuah board game yang membantu anak-anak untuk lebih memahami cara penulisan huruf-huruf Hijaiyah. Belajar mengaji seharusnya tidak hanya sebatas memahami cara bacanya saja tiap hurufnya saja.

Game ini menyediakan tiga tingkat kesulitan. Tingkat pertama bahkan bisa dimainkan untuk anak-anak yang belum mahir membaca huruf Hijaiyah sama sekali. Jadi mereka hanya diminta untuk mencari tahu bunyian suatu huruf, apakah Kasroh (a), Tanwin (i) atau Dhommah (u) saja.

Karena game ini disasarkan untuk anak-anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar, Zamzamy juga dilengkapi dengan lembar penilaian yang akan dipegang oleh guru-gurunya. Jadi ketika anak-anak bermain, guru bisa mengisi lembar nilai untuk melihat tingkat keaktifan, kelancaran membaca, dan lain-lain.

Penasaran seperti apa wujud dari Zamzamy dan komponen apa saja yang ada di dalamnya? Pantengin aja video berikut

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!