Advertorial Kabar Game Opini

Zombie Fever: Hidup atau Jadi Zombie [Review]

Bagikan:

Di luar negeri, board game bertema zombie mungkin jumlahnya sudah hampir tak terhitung. Di Indonesia sendiri masih jarang kreator yang mengambil tema fantasi, apalagi zombie. Mungkin karena kultur di Indonesia sangat berbeda. Di sini eksistensi zombie tidak sepopuler pocong ataupun kuntilanak.

Sejauh yang saya bisa ingat, board game bertema zombie pertama di Indonesia dibawakan oleh Jack Darwid dari JackD Games dengan gamenya yang berjudul Goblin vs Zombie. Kali ini ada penerbit pendatang baru yang bermarkas di Jakarta, Dicebox Games. Mereka mencoba memasuki pasar board game Indonesia dengan karya pertama mereka, Zombie Fever.

Seperti apa permainannya? Mari kita telaah ulasannya berikut ini.

Bedah isi Zombie Fever

Cara Bermain

Zombie Fever bisa dimainkan mulai dari 2-6 pemain. Dengan komponen yang sederhana, hanya berisikan kartu tujuan permainan ini sangat sederhana. Pemain berusaha menjadi manusia terakhir yang tidak dimakan oleh zombie.

Sebelum permainan dimulai, kocok kartu zombie dan kartu utama secara terpisah untuk menjadi zombie deck dan main deck. Setiap giliran pemain boleh memainkan sebanyak apapun kartu yang dimilikinya dan mengakhiri gilirannya dengan mengambil SATU kartu dari main deck.

Berdoalah jangan sampai mengambil kartu Zombie Ate You

Bila kartu yang diambil adalah kartu Zombie Ate You maka pemain akan menjadi zombie kecuali ia memiliki kartu Safe. Pemain yang telah menjadi zombie akan mengambil kartu dari zombie deck. Permainan berlanjut sampai tinggal satu pemain yang belum berubah menjadi zombie dan dialah pemenangnya.

Ulasan

Permainan ini hanya mengandalkan kartu untuk dimainkan. Tidak ada token, dadu, ataupun meeple. Secara kualitas, box Zombie Fever sangat keren, berbeda dari packaging board game biasanya. Kartu-kartu yang disediakan juga sepertinya sedikit lebih lebar dari ukuran kartu standart sehingga enak dipegang.

Ilustrasi yang ada pada kartu kebanyakan memparodikan sejumlah tokoh-tokoh terkenal seperti Son Goku, Superman, Doctor Strange, Don Corleone dan lainnya. Jumlah kartunya sendiri cukup banyak, 100 kartu utama dan 39 kartu zombie. Tersedia pita dalam box permainan untuk memudahkan pemain mengambil kartu dari box.

Ada beragam jenis dan fungsi kartu dalam main deck

Dari 100 kartu utama, ada sejumlah kartu yang memiliki efek berbeda. Fungsi setiap kartu tidak tercantum dalam kartu, semua efek dijelaskan dengan baik dalam buku peraturan. Meskipun ada banyak jenis kartu namun dalam beberapa putaran pemain bisa mulai hafal setiap fungsi kartu hanya dengan melihat simbol/nama/warna kartu tersebut.

Yang menarik dari permainan ini, kamu bisa mengerjai lawan yang lain dengan kartu-kartu tertentu. Saat pemain selamat dari zombie menggunakan kartu Safe, pemain harus mengembalikan kartu Zombie Ate You ke main deck. Pemain boleh menyimpannya kembali ke tumpukan paling atas, paling bawah, setelah kartu ketiga atau ke manapun sesuka hatinya tanpa diketahui pemain lain. (Merasa familiar dengan gaya permainan ini?)

Ada 6 kartu Zombie Ate You

Paling ampuhnya lagi, pemain juga bisa mengumpulkan kartu kombo set tertentu untuk mengoprek main deck dan memunculkan kartu zombie ke tumpukan paling atas. Otomatis pemain berikutnya dipastikan akan menjadi zombie jika tidak memiliki penangkal.

Setelah menjadi zombie, pemain tetap bermain dengan memanfaatkan kartu-kartu dari zombie deck. Peran pemain zombie di sini untuk membuat pemainan menjadi lebih cepat selesai karena kebanyakan kartu zombie adalah kartu Attack.

Ya! Zombie Fever tipe permainan yang cepat dan ringkas. Para pemain bisa kembali mengulang permainan ini lagi dan lagi layaknya bermain Uno. Zombie Fever cocok untuk tipe pemain yang suka dengan mekanik Take That (mengerjai lawan) dan Push-Your-Luck.

Akhir kata, Tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada Dicebox Games yang telah memberikan review copy Zombie Fever.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!