Site icon Boardgame.id | Info terbaru board game Indonesia & dunia

Keren! Makna di Balik Logo APIBGI Bikin Boardgamer Luar Negeri Terpukau

Sebuah logo sudah sejatinyaa mencerminkan pribadi sebuah brand, perusahaan, badan usaha, lembaga atau asosiasi. Dalam logo pasti tersirat sebuah makna atau arti khusus yang menempel dalam setiap huruf, bentuk, lekukan, dan warna. Logo juga bisa menjadi identitas, memudahkan orang mengenali brand atau yang lainnya hanya dengan melihat logo.

Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) pun memiliki logo. Ada pembaca yang tahu? Apa makna yang terkandung di balik logo APIBGI? Penasaran? Mari perhatikan dengan seksama logo di bawah ini.

 

Andre Dubari, selaku ketua umum dari APIBGI, menguak makna logo APIBGI kepada seorang jurnalis asal Jerman bernama Hilko Drude. Awalnya Hilko tertarik dengan puluhan board game Indonesia yang akan dipamerkan di Essen SPIEL 2018 akhir Oktober ini. Untuk menggali informasi tersebut Ia pun menghubungi Andre.

Tak mau kelewatan, kesempatan ini juga manfaatkan Hilko untuk mencari tahu maksud dari logo APIBGI.

“Jika diihatlebih dekat ke logo APIBGI, tampak seolah-olah ada 4 orang (disimbolkan dengan 4 lingkaran) berpegangan tangan yang tengah membawa api. API dalam bahasa Indonesia berarti api, 4 orang yang memegang tangan merepresentasikan orang-orang atau pemain yang sedang bermain board game bersama di meja.” Jelas Andre.

Musyawarah Nasional yang diadakan oleh APIBGI bulan April lalu | Foto: Isa R. Akbar

Sang jurnalis pun kaget, jawaban yang diberikan Andre ternyata jauh dari bayangan dan ekspektasinya.

“Api obor berukuran relatif kecil (dibandingkan dengan orang-orang dalam logo) menunjukkan kehangatan karena kami mencoba menghadirkan hal terbaik dalam budaya bermain untuk orang Indonesia, terutama untuk keluarga, melalui permainan papan. Posisi api terlihat seperti obor untuk menerangi jalan, itu menunjukkan kita mencoba untuk pergi ke menuju puncak, kita berkomitmen untuk menumbuhkan industri untuk selalu melihat ke depan hal-hal hebat dan melakukan hal-hal yang baik terutama kepada industri itu sendiri.” Ungkap Andre melanjutkan penjelasannya.

Pertengahan September lalu, artikel yang ditulis Hilko pun rilis lewat situs lidude dalam rubrik Du bist dran! yang dikelolanya. Tak lama, artikel tersebut ditayangkan di website Boardgamegeek, sebuah situs tempat berkumpulnya para penikmat board game di dunia.

Tahun ini BEKRAF dan APIBGI akan hadir di SPIEL 2018 di Jerman untuk mengenalkan board game Indonesia lewat booth Archipelageek | Foto: Isa R. Akbar

“API, sebuah singkatan dari Asosiasi Pegiat Industri yang juga berarti api, adalah alat, kendaraan, cara menuju ke suatu tempat. BGI di sisi lain adalah orang-orang, penumpang, yang membawa objek atau obor api, dipersingkat dari Board Game Indonesia”. Ungkap Andre menutup perbincangannya dengan Hilko.

Setelah artikel Hilko naik di Boardgamegeek, para boardgamer yang berasal dari mancanegara memenuhi kolom komentar. Mereka menyatakan apresiasi logo APIBGI dan makna di baliknya. “Sejarah dari logo sungguh keren. Aku sendiri ingin menghabiskan waktu mencoba game di bulan Oktober.” Komentar Rand Lemley, seorang pengguna Boardgamegeek.

Baca juga: BEKRAF Optimis Industri Board Game Indonesia Mampu Ciptakan Pesan Positif untuk Indonesia

“Informasi menarik tentang pertumbuhan permainan papan Indonesia. Saya setuju dengan Rand di atas, bahwa deskripsi logo sangat keren. Seseorang menaruh banyak pemikiran ke dalamnya. Saya sangat menghargai makna di balik logo tersebut.” Sahut Christina Law yang juga pengguna Boardgamegeek saat merespon komentar dari Rand.

Exit mobile version