Site icon Boardgame.id | Info terbaru board game Indonesia & dunia

Tips Merancang Board Game Kooperatif – Bagian 2 [Bedah Board Game]

Flash Point: Fire Rescue, salah satu board game kooperatif | Foto: Wikipedia/Bryce Carmony

Melanjutkan bahasan sebelumnya tentang “Mengenal Mekanik Kooperatif” yang lebih banyak membahas tentang dasar permainan kooperatif dan jenis-jenisnya. Artikel berikut merangkum paparan Isa Rachmad Akbar (perancang The Festivals, Business Craft dan Akatara) mengenai tips merancang board game kooperatif yang disampaikannya dalam sesi Bedah Board Game hari Sabtu lalu (28/09).

Baca juga: Mengenal Mekanik Kooperatif – Bagian 1 [Bedah Board Game]

Langsung saja, apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatikan apabila ingin merancang board game kooperatif?

Pertama, pastikan permainan memiliki tujuan yang harus dicapai bersama ditambah dengan menyebutkan beberapa kondisi yang bisa membuat pemain kalah. Kemudian, penting sekali untuk memperhatikan interaksi antar pemain. Untuk meningkatkan interaksi bisa dengan tidak menyembunyikan informasi alias semua informasi dilihat semua pemain. Misalnya, pemain tidak memegang kartu dan kartu yang didapat selalu diletakkan secara terbuka di depannya.

Dengan terbukanya informasi pemain bisa saling merespon, memberi saran atau membuka diskusi saat hendak menjalankan aksi. Bisa juga sih membatasi informasi yang memancing komunikasi agar pemain bertanya apa yang dimiliki rekan satu timnya. Hanya saja, “bertanya” hanya akan memperlama durasi permainan, dibandingkan ketika pemain bisa melihat informasi tersebut dengan sendirinya.

Kedua, saat merancang board game kooperatif perlu diperhatikan juga level design atau tantangan yang akan dihadapi pemain. Tingkat kesulitan dari setiap tantangan juga perlu disesuaikan dan usahakan cukup seimbang. Jangan sampai tantangan yang diberikan terlalu gampang yang akhirnya para pemain pun jadi mudah memenangkan permainan, jangan juga terlalu sukar agar pemain meski kalah Ia memiliki keinginan mencobanya lagi sampai menang.

Sesi Bedah Board Game dengan topik mekanik kooperatif | Foto: Aughya Shandriasti

Menghadirkan tantangan dalam permainan

Yang namanya kerjasama, pasti ada hal yang membuat para pemain gusar atau dilematis dalam menentukan prioritas. Beberapa hal berikut mungkin dapat dijadikan acuan dalam membuat pemain gusar:

Salah satu slide presentasi | Gambar: Isa R. Akbar/Boardgame.id

Tantangan saat merancang

Merancang board game kooperatif ada tantangannya sendiri. Ada beberapa hal yang musti diperhatikan, antara lain:

Baca juga:

Jadi tertantang merancang board game kooperatif?

Jangan lupa, hingga akhir Oktober ini pendaftaran karya untuk Kompetisi Rancang Board Game bertema Sustainable Development Goals (SDGs) masih dibuka. Untuk bisa sustain atau memberikan dampak yang berkelanjutan tentu perlu peran dari banyak pihak, board game kooperatif bisa menjadi pilihan karena tujuan SDGs bukan untuk saling menjatuhkan, melainkan kerjasama.

Temukan informasinya di sini: Rancang Board Game Bertema Sustainability Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Exit mobile version