BAZNAS INDONESIA

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional!

BAZNAS kemudian membentuk Lembaga Beasiswa BAZNAS (LBB), yang merupakan program khusus Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat yang bertugas menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi golongan kurang mampu/miskin sebagai pertanggungjawaban antar generasi sekaligus menyiapkan generasi penerus bangsa yang memiliki kedalaman ilmu pengetahun dan keluhuran akhlak.

Sejak terjadinya bencana gempa di Lombok dan Palu, LBB memutuskan untuk membuat sebuah permainan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tanggap bencana. Permainan tersebut kini dikenal dengan nama board game SIAGA: SIAP TANGGAP BENCANA

PERJALANAN BOARD GAME SIAGA

2019

Desember
-
Bermain bersama murid

Kamis, 19 Desember 2019 bertempat di MIS AL-Amin Wani, Kabupaten Donggala, Palu telah dilaksanakan sesi pembelajaran menggunakan board game SIAGA : Siap Tanggap Bencana bersama para siswa kelas 4, 5 dan 6.

Dilangsungkan juga, dihari yang sama,kegiatan Game Based Learning SIAGA: Siap Tanggap Bencana olehBAZNAS bersama Yayasan Ludere Nusantara Gemilang (Ludenara) dengan mengunjungi SD Negeri 3 Gumantar di Dusun Melepah Desa Gumantar Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara.

Selengkapnya:https://boardgame.id/board-game-siaga-di-sekolah-palu/

2019

November
-
Uji Coba di Mall

Pada tanggal 12 November 2019, BAZNAS mengajak warga Bandung untuk mencoba board game SIAGA! di Mall 23 Paskal, Bandung. Sekitar 40 pengunjung menghadiri undangan uji coba board game BAZNAS. Acara ini pun diikuti pula oleh siswi-siswi dari SMK Pasundan 1.

Selengkapnya:https://boardgame.id/baznas-simulasi-tanggap-bencana-board-game/

2019

SEPTEMBER
-
Game SCHOOLing SIAGA!

BAZNAS berkolaborasi dengan Yayasan Ludere Nusantara Gemilang (Ludenara) yang memiliki program Game Schooling, program edukasi yang mengajak murid-murid belajar menggunakan game.

Tentu kesempatan ini dimanfaatkan baik oleh BAZNAS untuk sekalian menguji board game SIAGA di SMP Cendikia Baznas, Bogor

testimoni

kata guru dan murid tentang BOARD GAME SIAGA!

“Kami bersyukur bisa mendapat pelatihan dari BAZNAS, pelatihan ini beda dari yang lain, terima kasih untuk game SIAGA yang telah diberikan kepada sekolah kami semoga jadi amal jariyah untuk BAZNAS, dan bisa langsung kami implementasikan ke murid-murid kami,”

kata Syahril dari SDN 3 Filial Sambik Elen Bayan Lombok Utara sebagai salah satu peserta pelatihan guru SIAGA.

“Kami sering bermain game, namun permainan SIAGA ini berbeda dengan game yang kami mainkan hari ini. Game SIAGA ini memberikan kami banyak pelajaran yang belum kami dapatkan sebelumnya,”

ungkap Firli siswa kelas 4 MIS AL Amin Wani, Donggala.

Translate »