FeiraTochi, Pasutri yang Semangat Mengembangkan Board Game

FeiraTochi, Pasutri yang Semangat Mengembangkan Board Game

Jarang ditemui ada game developer yang merupakan pasangan Suami Istri, salah satunya adalah Feira Tochi ini. Nama Feira Tochi adalah gabungan dari nama panggilan mereka, Feira nama panggilan dari Fitriani Naim dan Tochi nama panggilan dari Dany Aditya.

Sebelumnya, mereka sama-sama bekerja disebuah perusahaan publisher dan developer online game terkemuka di Indonesia selama 8 tahun. Mereka memutuskan untuk resign di pertengahan 2015 dan mencoba membangun impian untuk menjadi developer game mereka sendiri di Jakarta bulan september 2015 lalu.

Dengan pengalaman sebelumnya dalam merancang konten dan mekanik game, mereka yakin dapat mewujudkan impian mereka. Saat ini belum ada produk yang mereka dipasarkan, tetapi salah satu game mereka, King’s Feud, telah terpilih untuk memasuki putaran final pada Korea Board Games Contest 2016.

Feira Tochi ikut KBG Contest 2016 karena sering ikutan kontes kecil di boardgamegeek sebelumnya, lalu saat dapat info tentang kontes KGB mereka memberanikan diri untuk ikut. Mereka tertarik ikut kontes ini karena tema yang diusung untuk family game dengan durasi dibawah 1 jam. Saat itu mereka juga sudah punya game King’s Feud yang sedang dikembangkan dan memiliki spesifikasi seperti uang disyaratkan.

Berikut game game yang sedang mereka buat:

King’s Feud

Permainan ringan untuk 2 orang pemain. King’s Feud dirancang untuk dapat dimainkan oleh orang tua dan anak, pasangan atau teman-teman yang sedang memiliki waktu luang. King’s Feud memerlukan waktu setup yang sebentar dan lama permainan antara 10-15 menit saja.

feiratochi King's Feud

 

Keunikan King’s Feud terletak pada penggunaan dadu yang tidak biasa. Pemain masih mempunyai kebebasan bergerak apapun hasil dadu yang dihasilkan, tentunya jika dadu menunjukkan angka yang tepat, pemain akan mendapatkan lebih banyak pilihan yang dapat digunakan. Selain itu kotak packaging juga unik karena jika digabungkan antara bagian bawah dan bagian atas, kotak dapat difungsikan sebagai Dice Tower.

Game specification:
– 2 players (4 players variant)
– Age 6+
– Dice Rolling, Card Formation
– 10-15 minutes

Le Voleur

Le Voleur berarti pencuri dalam Bahasa Perancis. Dalam Le Voleur, pemain bertindak sebagai grup pencuri yang berusaha untuk beraksi pada downtown Paris. Selain berusaha mencuri, pemain juga dapat saling melaporkan untuk menghentikan langkah lawan sekaligus memperoleh keuntungan.

Keunikan Le Voleur berada pada mekanik utama game yang berupa switch. Main board akan bergerak sesuai dengan langkah-langkah yang dilakukan pemainnya. Seperti ahli strategi, para pemain akan berusaha mengambil kesempatan sekaligus mengurangi informasi yang diberikan pada tim lawan.

feira tochi le

 

Komponen pada Le Voleur juga unik karena dapat digabungkan untuk menjadi dial. Gabungan ini disebut Agent. Selama permainan, pemain dapat memperoleh informasi dari abilities dan skill yang digunakan. Dengan informasi yang cukup, pemain dapat mengungkap identitas Agent lawan dan memperoleh point kemenangan. Jika identitas Agent terungkap, pemain harus melepas dial, mengembalikannya pada kantong dan mengambil kembali dial baru untuk digabungkan kembali menjadi Agent baru.

Le Voleur juga memiliki mekanik lain seperti mobil polisi, peluit pemanggil dan garis polisi. Fungsi-fungsi ini meningkatkan rasa intense pada permainan. Le Voleur adalah game yang cukup heavy karena membuat pemain untuk teliti dan menggunakan pertimbangan yang baik pada setiap langkah yang dilakukan.

Game specification:
– 2-4 players
– Age 15+
– Set Collection, Deduction
– 60-90 minutes

Balloon

Game yang dirancang sebagai lambang persahabatan. Tema pada Balloon sangat damai, yaitu mengumpulkan Balloon dan memperoleh point. Mekanik utama Balloon adalah menyusun warna balloon untuk membuat combo point.

feira tochi balloon

Setiap pemain akan memiliki player board. Pada player board ini, setiap pemain harus memikirkan strategi yang tepat untuk dapat memperoleh point seefektif mungkin. Pemain juga harus mengatur penggunaan kartu resource, karena membuang sebuah resource terus menerus memungkinkan game untuk selesai lebih cepat.

Keunikan lainnya, game ini memiliki 2 tipe permainan, yaitu: mogul mode dan party mode. Player board digunakan pada mogul mode, sedangkan pada party mode pemain akan having fun dengan memperoleh point dengan berpartisipasi untuk memeriahkan suasana!

Game specification:
– 2-4 players
– Age 6+
– Card Placement
– 30-40 minutes

Selain game game diatas, beberapa game juga sedang dikembangkan oleh Feira Tochi, seperti Space Available (Party game tentang mengelola parkir UFO pada stasiun luar angkasa), GOES TO: GunungKidul (game tentang pariwisata GunungKidul yang merupakan kolaborasi mereka dengan Demeira Nusantara), dan Kedai Minang (game mengenai mengelola sebuah rumah makan padang). Mari kita doakan bersama agar game mereka King’s Feud dapat memenangkan Korea Board Games Contest 2016, yang pemenangnya akan diumumkan diakhir bulan ini.

Contact Feira Tochi:
www.feiratochi.com

Social Media :
Facebook.com/feiratochi
twitter.com/feiratochi
instagram.com/feiratochi
YouTube

Sumber: Satumeja.com

You may also like