Site icon Boardgame.id | Info terbaru board game Indonesia & dunia

Mengenal Board Game Candrageni – Cara Bermain (Bagian 2 – Habis)

Penerbit Kompas sebentar lagi akan merilis board game Candrageni. Board game ini merupakan salah satu jawara Kompas Ring of Fire Board Game Challenge tahun lalu. Sebelum dirilis dan dipasarkan, tim Kompas ingin mengajak warga Indonesia untuk lebih dahulu menjajal board game ini lewat Playday yang digelar serentak di lima kota pada Sabtu, 18 Juli 2017.

Baca juga: Playday Serentak! Dapatkan kesempatan menjajal board game Celebes dan Candrageni di lima kota

Kamu bisa menemukan video tutorial cara bermain Candrageni lewat Youtube. Tutorial tersebut disampaikan dengan bahasa inggris, pada kesempatan kali ini coba memaparkan cara bermainnya dalam bahasa Indonesia.

Persiapan

Sebelum bermain baiknya kamu perlu memahami dulu isi dari board game ini. Kamu bisa baca dulu artikel sebelumnya yang membahas cerita dan komponen board game Candrageni agar lebih familiar dengan pernak pernik yang terdapat dalam game ini.

Pertama, letakkan tile gunung berapi di tengah-tengah area permainan, pemain secara bergantian meletakkan tile lahan. Tile lahan pertama harus ditempelkan disebelah tile gunung berapi. Mulai dari tile lahan kedua dan seterusnya, harus diletakkan bersentuhan dengan minimal dua tile yang sudah ada sebelumnya.

Kedua, setelah tile lahan hijau habis terpasang lanjutkan memasang tile lahan warna coklat yang menggambarkan pantai. Jadi letakkan tile ini bersebelahan dengan sisi terluar tile lahan hijau (namun tidak boleh menempel tile gunung berapi.

 

Ketiga, pemain memilih warna dan mendapat semua komponen yang sesuai dengan warnanya. Dengan kata lain setiap pemain memperole: 1 papan pemain, 5 token aksi, 1 meeple pemain, 2 tile ladang, 7 kartu aksi, dan 4 penanda.

Letakkan setiap jenis penanda pada papan pemain masing-masing sesuai simbol yang ada dari angka 0 (nol). Kemudian semua pemain meletakkan meeple pemain pada tile lahan bertuliskan “purantara”.

Terakhir buka tiga kartu Candi untuk setiap level. Pemain hanya bisa membangun candi dari salah satu kartu candi yang telah terbuka. Ambil kartu bar,u untuk mengisi kembali bila ada pemain yang telah membangun candi.

Cara Bermain | Aksi Pemain | Objektif & Akhir Permainan

Cara Bermain

Setiap giliran semua pemain memilih dua atau tiga kartu aksi (tergantung dari jumlah pemain) dan meletakkannya secara tertutup di depannya. Buka kartu bila semua pemain sudah menyimpan. Lalu, lihat simbol bencana yang muncul pada kanan atas semua kartu yang dibuka. Simbol yang paling banyak muncul akan menyebabkan bencana (erupsi/tsunami). Ambil kartu paling atas bencana yang terjadi dan jalankan efeknya. Bila salah satu tumpukan kartu bencana habis semua pemain kalah.

Mulai dari pemain yang memegang token pemain pertama, meletakkan token aksi pada slot kartu aksi yang masih tersedia. Pemain pertama tidak boleh meletakkan token aksinya di kartu aksinya sendiri, tempatkan meeple hitam di depan kartu aksi yang dipilih. Lalu pemain menjalankan aksi sesuai di mana ia menyimpan token aksinya.

Lalu dilanjutkan secara bergantian searah jarum jam. Pemain berikutnya hanya boleh meletakkan token aksinya sejauh maksimal tiga kartu setelah kartu aksi yang dipilih pemain sebelumnya (yang ditandai oleh meeple hitam). Ia kemudian menjalankan aksi yang dipilih dan seterusnya. Fase ini berulang dan dilakukan hingga semua pemain menghabiskan token aksinya.

Pemain juga bisa melakukan aksi alternatif yaitu meletakkan token aksinya pada papan pemainnya sendiri untuk mendapatkan dua emas.

Persiapan | Aksi Pemain | Objektif & Akhir Permainan

Aksi Pemain

Beberapa kartu aksi memeberikan aksi seperti: Jalan, Berkuda, Menanam, Istirahat dan Regroup.

Jalan
Pemain bisa menjalankan meeple pemain 2 langkah kemudian mengaktifkan 3 tile di sebelahnya. Tile gunung, tile yang diduduki oleh meeple pemain lain dan tile yang terisi oleh tile ladang tidak bisa diaktifkan.

Berkuda
Pemain menjalankan meeplenya 4 langkah dan mengaktifkan 2 tile di sebelahnya.

Istirahat
Membuat pemain melakukan aksi berikutnya dua kali.

Menanam
Meletakkan token ladang di sebelah meeple pemain atau membalik token ladang yang sudah ada di sebelah meeple pemain.

Regroup
Memanggil satu token aksi milik pemain yang tertinggal area lawan dari setiap lawan.

Persiapan | Cara Bermain | Objektif & Akhir Permainan

Objektif Permainan

Tujuan dari permainan Candrageni adalah menjadi pemain pertama yang meraih 15 poin. Poin-poin ini bisa didapatkan dengan beberapa cara:

  1. Membangun Candi
    Ada tiga jenis candi dalam permainan ini yang memiliki tingkat kebutuhan, bonus, dan poin yang berbeda. Candi dapat di bangun dengan dua cara, yaitu:a. Lewat Purantara
    Jika pemain telah mendapatkan cukup uang, ia bisa mengambil aksi Jalan atau Berkuda untuk mengaktifkan tile purantara. Ambil candi yang tersedia dan bayarkan uang sesuai kebutuhan candi yang ingin dibangun.

    b. Lewat Pekerja
    Jika pemain telah mendapatkan cukup sumber daya, ia bisa mengambil aksi Jalan atau Berkuda untuk mengaktifkan tile pekerja. Ambil candi yang tersedia dan bayarkan sumber daya sesuai candi yang ingin dibangun.

  2. Berdagang
    Setiap akhir ronde akan ada kapal pedagang yang akan masuk ke pesisir Mataram. Pemain boleh mengklaim kapal pedagang tersebut dengan membayarkan kebutuhan yang diminta. Setiap Kapal yang berhasil diperoleh menghasilkan satu poin.

Akhir Permainan

Jika satu pemain telah memiliki 15 poin maka permainan berakhir dan ia memenangkan permainan. Permainan juga berakhir jika kartu terakhir pada salah satu dek bencana terbuka dan semua pemain kalah. Pemain tidak perlu menghitung poinnya bila kondisi kedua ini terjadi.

Nah! Bagaimana, sekarang sudah tahu cara main board game Candrageni kan? Siap memainkannya? Mari kita tunggu bersama jadwal perilisan game ini.

Persiapan | Cara Bermain | Aksi Pemain

Exit mobile version