Gong Xi Fat Chai! Rayakan Imlek Bareng Board Game Ini Yuk!

Gong Xi Fat Chai! Rayakan Imlek Bareng Board Game Ini Yuk!

Gong Xi Fat Chai! pembaca tentu masih ingat dengan ungkapan khas Imlek tersebut. Baru saja dirayakan di tanggal 12 Februari kemarin, hari raya yang dominan dengan warna merah dan emas ini banyak dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga. Meskipun tahun ini imlek terasa agak berbeda karena pandemi, tentunya kita tak perlu khawatir karena masih banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah main board game! Ya, ternyata ada banyak lho permainan papan bertema imlek yang bisa dicoba di Tahun Kerbau ini. Berikut di antaranya:

Baca Juga: 8 Board Game Ini Cocok Dimainkan Bersama yang Tersayang di Hari Valentine

Lanterns: The Harvest Festival (2015)

board game imlek

Jumlah pemain: 2-4 orang
Durasi permainan: 30 menit

Menyabet game terbaik di Mensa Select 2015, game ini mengajakmu mempersiapkan festival lampion yang akan digelar di istana. Kamu Pemain adalah seniman lampion yang bersaing untuk menjadi seniman paling mengesankan saat festival dimulai. Pemain akan mendapat sejumlah tile dengan warna berbeda serta kartu lampion dengan warna tertentu. Saat satu pemain menempatkan tile di papan, semua pemain lainnya akan menerima kartu lampion berwarna sama dengan tile di depan masing-masing.

Dirancang oleh Christopher Chung, dapatkan poin dengan mengumpulkan set kartu lampion. Contohnya, tiga pasang kartu yang sama, atau tujuh kartu dengan warna lengkap. Pemain dengan poin tertinggi akan resmi jadi pemenang di permainan ini. Oh ya, game ini juga ada versi roll and write-nya, yang berjudul Lantern Dice dan sudah rilis di tahun 2019 lalu.

Dragon Castle (2017)

board game imlek

Jumlah pemain: 2-4 orang
Durasi permainan: 30-45 menit

Pembaca tahu permainan Mahjong? nah, board game ini terinspirasi dari permainan tersebut. Secara bergiliran, pemain mengambil sepasang tile yang sama dari “kastil” — yang disebut sebagai Dragon Castle. Kemudian tempatkan tile tersebut di papan pemain untuk membuat istana pribadimu. Untuk setiap tile yang membentuk set yang sama, kamu bisa “memperkuat” tile-tile tersebut dengan membaliknya dan mencetak poin.

Diterbitkan oleh Horrible Guild Games, kamu juga bisa membangun kuil di atas tile dan mendapat poin lebih banyak. Tapi hati-hati karena kuil bisa membatasi opsi membangun istana. Jangan lupa gunakan juga kekuatan dari kartu arwah yang tersedia, tentunya dengan membayar sejumlah persyaratan. Pemain yang keluar dengan poin terbanyak akan keluar sebagai pemenangnya.

Gùgōng (2018)

board game imlek

Jumlah pemain: 1-5 orang
Durasi permainan: 60-90 menit

Kali ini kita akan kembali ke dataran Cina tahun 1570, dimana negara ini berada di bawah kekuasaan Kaisar Longqing dari Dinasti Ming. Menurut sejarahnya, Kaisar ini mewarisi kerajaan yang berantakan akibat korupsi bertahun-tahun. Tempat tinggalnya adalah Gùgōng atau Kota Terlarang, yang dikenal sebagai rumah para kaisar di bawah Dinasti Ming. Judul board game ini sendiri diambil dari lokasi istana Kaisar Longqing tersebut.

Diterbitkan oleh Game Brewer Games, pemain akan berperan sebagai keluarga berpengaruh di Cina yang ingin menambah kekuasaan mereka. Caranya adalah dengan menukar hadiah dengan pejabat istana. Sebagai pemain, nilai kartu hadiah yang kamu tawarkan harus lebih tinggi dari yang kamu terima, sehingga memaksa kamu untuk menentukan pilihan aksi. Kamu bisa memilih dari sejumlah aksi seperti berkeliling Cina, berlayar di Kanal Besar, membeli batu giok, membantu pembangunan Tembok Besar, hingga bertemu dengan sang Kaisar. Pemain dengan poin terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Jangan lupa kunjungi juga Tokopedia atau Shopee Galeri Boardgame ID untuk mendapatkan puluhan board game karya anak bangsa yang tak kalah seru untuk dimainkan bersama keluarga di rumah.

Sumber: Boardgamegeek

You may also like