Begini Pengalaman Pertama Datang ke Jakarta Tabletop Expo

Begini Pengalaman Pertama Datang ke Jakarta Tabletop Expo

Minat masyarakat Indonesia terhadap board game meningkat sejak tiga tahun belakangan ini. Komunitas board game mulai bermunculan di berbagai daerah, board game library/cafe juga kini banyak tersebar di kota-kota besar. Dengan fanbase para penikmat hobby board game yang sudah cukup banyak, beberapa komunitas memberanikan diri menggelar pameran board game di kota mereka.

Sebut saja Surabaya Board Game Market yang digelar awal November kemarin. Pameran tersebut sudah berlansung selama tiga tahun dan awal mulanya digagas oleh komunitas PADAS (Papan Dolanan Arek Suroboyo). Lalu baru-baru ini sebuah komunitas di Jakarta bernama Blue Moon Board Game Community juga telah merampungkan pameran board game pertama mereka.

Bertajuk Jakarta Tabletop Expo (JTE), acara ini mempertemukan berbagai komunitas board game di Jakarta dan Tangerang. Tak luput ada pula distributor dan penerbit board game yang turut ikut serta meramaikan acara. JTE berlangsung selama tiga hari dari tanggal 30 November – 2 Desember 2018 di Mall @ Alam Sutera.

JTE menawarkan berbagai agenda kegiatan menarik bagi para penggemar board game. Ada bermacam turnamen board game dan yang paling menarik adalah sesi pelelangan board game. Setiap harinya pameran ini mulai dibuka untuk umum sedari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

Saat pertama kali datang (sekitar jam 11), tim Boardgame.id tidak banyak melihat pengunjung. Keadaan lalu berubah drastis setelah jam makan siang usai. Meja-meja yang disediakan oleh panitia tiba-tiba dipenuhi oleh mereka yang dengan gembira bermain board game bersama teman ataupun keluarganya.

Di satu sisi beberapa pengunjung terlihat tegang lantaran serius mengikuti turnamen Catan, Captain Sonar dll. Di sudut yang lain, para pecinta storytelling dan RPG berkumpul dengan ceria mengikuti cerita dan tantangan dari Dungeon Master saat bermain Dungeons & Dragons.

Pengunjung yang menyukai miniatur juga sudah duduk saling berhadapan bermain Warhammer. Di meja sebelahnya bersanding orang-orang yang berduel memainkan Legend of the Five Rings atau card game yang sedang hype, Keyforge.

Di area tengah pameran, tersedia meja-meja panjang yang langsung diserbu pengunjung untuk memainkan beragam judul board game yang disediakan panitia. Puluhan board game yang bisa dimainkan dipajang di sebuah rak, pengunjung boleh mengambilnya untuk dimainkan di area pameran.

Beberapa pengunjung juga terlihat membawa koleksi board gamenya sendiri dan mencari lawan tanding. Deretan board game Indonesia seperti Bluffing Billionaires, Waroong Wars, Kancil the Board Game, dan Perjuangan Jomblo tidak kalah peminatnya.

Tentu sebagai gelaran pertama, masih banyak yang bisa ditingkatkan dari acara ini agar selanjutnya bisa lebih baik lagi. Sukses selalu untuk JTE semoga tidak berhenti di tahun ini. Setelah ini semoga makin banyak pameran atau festival board game yang muncul, tidak hanya di Jakarta dan Surabaya saja.

Dokumentasi Jakarta Tabletop Expo selengkapnya bisa dilihat di Facebook Boardgame.id:

https://www.facebook.com/media/set/?set=a.2250342668542884&type=1&l=57ec7b7963

You may also like