Fenomena Solo Game Meningkat di Industri Board Game!

Fenomena Solo Game Meningkat di Industri Board Game!

Kita mengenal board game sebagai permainan yang bisa dimainkan beramai-ramai. Satu keluarga duduk bersama di satu meja memainkan sebuah board game sudah mulai menjadi hal yang lumrah.

Board game hadir dengan jumlah pemain yang beragam. Ada yang bisa sampai empat orang, lima orang, enam orang atau bahkan sampai 60-an orang seperti Ultimate Werewolf.

Scythe mode Automa (Solo mode) | Youtube.com

Tak jarang pula ada game yang cuma bisa dimainkan berdua saja. Biasanya dicari oleh pasangan-pasangan muda untuk berduel satu sama lain. Namun, belakangan ini mulai muncul fenomena di mana Solo Game makin populer. Benarkah?

Solo Mode Melejit

Morten Monrad Pedersen, Seorang pengguna situs Boardgamegeek, melakukan riset untuk board game yang rilis dari tahun 2000 sampai 2018. Dia menemukan kenaikan yang signifikan terhadap board game yang memiliki fitur mode Solo (dapat dimainkan sendirian).

Bagan persentase kenaikan game yan dari tahun 2000-2018 | Boardgamegeek.com

Solo Game di sini tidak hanya board game yang memang hanya bisa dimainkan seorang diri seperti Friday atau Finished karya Friedeman Friese. Kebanyakan board game besutan Uwe Rosenberg atau keluaran Stonemaier Games menyediakan mode Solo meskipun utamanya adalah permainan empat pemain atau lebih.

Baca juga: Puzzle dan Secangkir Kopi dalam Board Game Ini Bisa Bantu Kamu Lewati Hari Kerja yang Membosankan

Bagaimana menurutmu tentang fenomena Single Player di ranah board game?

Sumber: Boardgamegeek.com

Feauted image: Boardgamegeek.com

You may also like