Latih Anak Atur Strategi dan Bangun Karakter dengan Board Game

Latih Anak Atur Strategi dan Bangun Karakter dengan Board Game

Artikel ini merupakan saduran langsung yang diambil dari health.detik.com

Board game atau permainan yang menggunakan media papan menjadi salah satu alternatif real life game bagi anak. Ketika memainkan board game, ada beragam manfaat yang bisa didapatkan si kecil.

“Dilihat dari banyak penelitian permainan bisa melatih kemampuan anak termasuk kemampuan berpikir, bahasa, motorik, dan menahan emosi. Nah, board game mengandung manfaat bagi empat kemampuan itu,” kata psikolog anak dari Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima, MPsi, Psikolog dalam Peluncuran Papan Permainan Indomilk Jagoan Boboi Boy di Bunga Rampai Resto, Jl Teuku Cik Ditiro, Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Dengan bermain board game, ada kontak mata yang bisa dilakukan anak dengan lawan mainnya. Kemudian, dengan berganti teman, anak bisa melakukan adaptasi dan mengenal lebih banyak orang dengan berbagai karakter. Untuk itu, Saskhya mengatakan pada dasarnya permainan bisa menjadi medium bagi anak pemalu untuk bersosialisasi.

Bangun Karakter
Bermain Board Game | Foto: Detik.com
Board game Boboiboy
Board game Boboiboy | Foto: Detik.com

Dengan bergabung dalam sebuah permainan, anak bisa mengenal teman yang lain dengan lebih enjoy. Selain itu, melalui board game anak juga bisa mengasah strategi dan belajar berkompetisi. Sehingga, ketika besar nanti anak sudah tidak kaget lagi jika ia kalah dalam sebuah kompetisi. Begitupun saat menang, ia tidak merasa sombong dan untuk mencapai kemenangan ada usaha yang mesti dilakukan.

“Anak bisa mengatur strategi dan kreatifitas. Dia juga bisa mengontrol emosi kan karena anak harus menunggu gilirannya. Kemudian saat dia menang apa yang mesti dia katakan ke temannya, tidak mengungkapkan nada sombong atau mengejek, mereka bisa lebih mengontrol emosinya,” kata Saskhya.

Board game Boboi Boy

Hadir dalam kesempatan sama, marketing manager Indomilk Liquid PT Indolakto, Vanda Ratana, mengatakan pihaknya ingin mengajak orang tua menerapkan prinsip bermain yang seimbang, baik real life ataupun digital sehingga fungsi kognitif dan sosial anak bisa baik. Nah, board game jagoan boboi boy merupakan permainan alternatif yang bisa diterapkan anak untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

“Cara main board game ini, setiap pion maju satu langkah, baik ke kiri, kanan, ataupun diagonal. Jika sudah berhadapan head to head bisa dipilih adu power atau mengambil skill. Nilai power dan skill terdapat di bagian bawah kartu yang terlipat. Siapa yang nilai powernya paling tinggi maka harus disingkirkan kartunya. Sedangkan, skill berisi perintah misalnnya geser satu langkah ke kiri. Namun jika tidak bisa melakukan skill, maka harus adu power. Siapa yang menang adalah yang bisa mencapai markas lawan lebih dulu atau kartu lawan sudah habis lebih dulu,” terang Vanda.

You may also like