Mudik Bawa Board Game? Berikut 4 Tipsnya!

Mudik Bawa Board Game? Berikut 4 Tipsnya!

  • Opini
  • May 23, 2020
  • 231
  • 7 minutes read

Disclaimer: Meskipun tahun ini kegiatan mudik ditiadakan, namun tips ini masih bisa berguna untuk mudik selanjutnya. Untuk saat ini, kamu bisa tetap beraktifitas di rumah saja dan tetap jaga kesehatan ya!

Mudik sudah menjadi tradisi budaya yang melekat dibenak masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman masing-masing dikala libur lebaran. Setiap orang yang mudik pasti memiliki gaya masing-masing. Ada yang bawa oleh-oleh makanan, ada yang bawa baju baru, ada juga yang koleksi board gamenya dibawa pulang ke kampung halaman. Alasannya tentu agar nanti bisa dimainkan bersama keluarga dan kerabat.

Baca Juga: Seru, Board Game yang Kental Dengan Suasana Timur Tengah

Mudik
Ilustrasi mudik | Gambar: Marketeers

Kenyataannya, membawa board game ketika mudik itu bisa sangat beresiko lho. Box bisa penyok karena berdesak-desakan, dan juga menghabiskan area penyimpananmu di dalam tas. Oleh sebab itu, penulis ingin sedikit berbagi tips mudik ala board gamer agar kamu tidak kewalahan membawa board game.

Bawa board game yang kecil

Kebanyakan board game berukuran cukup besar (big box), seperti Catan, 7 Wonders, Ticket to Ride dan lainnya. Bawa dua judul itu saja sudah sangat makan tempat. Jadi, ada baiknya kamu beralih untuk bawa game-game yang kecil saja (small box), seperti Hanabi, Coloretto, Love Letter, Zombie Dice, Resistance, Coup atau yang lain. Ada banyak kok box yang ukurannya kecil dan ramah di kantong.

Cari board game edisi perjalanan

Game-game yang populer biasanya memiliki travel edition, tentu edisi yang satu ini memiliki ukuran lebih kecil dari edisi originalnya. Beberapa game seperti Catan Traveler, Carcassonne Travel, Hive Pocket dan Mr. Jack Pocket mungkin bisa menjadi solusi untuk menghemat tempat bawaanmu.

Board game di dalam board game

Tips ketiga ini sangan ampuh untuk bisa membawa beberapa game ukuran besar tanpa harus kehabisan tempat. Caranya adalah dengan mengeluarkan insert atau sekat di dalam board game. Biasanya, game big box miliki banyak area kosong di dalamnya. Dengan membuang insert, area kosong akan jadi semakin banyak.

Setelah mendapat cukup ruang dalam sekotak board game besar, area kosong ini bisa kamu manfaatkan untuk diisi dengan board game lain. Bila box board game lain ini juga memiliki insert dan banyak area kosong, bisa diisi lagi dengan board game yang lain lagi dan begitu seterusnya sampai dirasa cukup. Penulis melakukan ini dan berhasil memasukkan 6 game dalam satu box.

Bisa juga, box board game lain tidak perlu dimasukkan cukup ambil board, kartu dan komponen lainnya saja. Tentu jangan sampai overload ya! atau jangan sampai memaksakan memasukkan board game yang melebihi ukuran box utamanya.

Baca Juga: Waduh, Juara Scrabble di Perancis ini Justru Tidak Fasih Berbahasa Perancis!

Beli tas board game

Untuk kamu yang merasa kurang mantap jika meninggalkan kotak board game dan hanya membawa komponennya saja, bisa juga lho membeli tas board game. Tas jenis ini telah didesain sedemikian rupa agar muat mengangkut beberapa big box game. Bila kesulitan mendapatkannya kamu bisa coba menggunakan cargo/storage bag. Kamu tinggal menyesuaikan dengan ukurannya.

Tas board game untuk mudik
Tas board game dari The Game Canopy

Bagaimana? Kamu punya tips lain untuk membawa pulang banyak board game ke kampung halaman? Berapa banyak board game yang bisa kamu bawa ketika mudik? Share di kolom komentar yuk!

*artikel ini telah terbit sebelumnya dengan judul “4 Tips Mudik ala Board Gamer Yang Perlu Kamu Ketahui” oleh Isa R. Akbar tanggal 04 Juli 2016.

You may also like