Ikuti Launching Event Board Game Monas Rush Di Jakarta Pekan Ini

Ikuti Launching Event Board Game Monas Rush Di Jakarta Pekan Ini

  • Event
  • August 1, 2016
  • 223
  • 4 minutes read

Pengambangan Monas Rush diawali dengan keikutsertaan tim Monas Rush yang terdiri dari Bernadus Boy, Timothy Istianto, William Davis dan Nikko Soetjoadi pada sebuah event bernama Board Game Challenge (BGC) yang diadakan pada bulan Mei 2015. BGC merupakan sebuah event yang memberikan tim Monas Rush pelatihan terhadap game desain board game. Kemudian mereka ditantang untuk mendesain game buatan mereka sendiri selama tiga hari dengan hasil akhir berupa playable prototype. Dari sanalah awal mula lahirnya Monas Rush yang sebelumnya masih berjudul Panjat Jakarta.

bentuk permainan Monas Rush
Gambaran permainan | Foto: Tim Monas Rush

Panjat Jakarta merupakan permainan kooperatif dimana para pemain membantu para jagoan dari tiap distrik untuk memanjat pinang dan Panjat Jakarta merupakan salah satu perwakilan dari lima finalis BGC dari kota Jakarta yang akan mengikuti Grand Final Board Game Challenge pada bulan Juli 2015 lalu. Setelah terpilih, tim segera mengerjakan dan memperbaiki permainan Panjat Jakarta agar menjadi lebih baik lagi. Pada saat final Grand Final judul Pajat Jakarta diubah menjadi Monas dan Monas berhasil menjadi juara favorit di ajang BGC 2015.

Monas Juara Favorit BGC 2015
Monas (kiri) menjadi juara favorit BGC 2015 | Foto: Tim Board Game Challenge

Setelah itu, selama satu tahun dan sempat vakum beberapa bulan akhirnya Monas berproses menjadi lebih jauh lagi. Tim Monas sering melakukan playtest untuk mendapatkan feedback dari target audience, mencari mekanik terbaik sehingga bisa dinikmati banyak orang bahkan hingga penggantian artwork dan penajaman konsep permainan. Monas juga telah mengikuti beberapa event dari PopCon 2015, Batavia Bazaar Invade 2015, Indonesia Comic Con 2015.

monas rush bersama pak gubernur
Kreator Monas Rush, Timmy (kiri) dan Boy (kanan) bersama Gubernur Jakarta, Pak Basuki Tjahaja Purnama | Foto: Tim Monas Rush

Akhirnya Monas berubah nama menjadi Monas Rush dan menjadi board game keempat yang dipublish oleh PT. Kompas Media Nusantara. Saat ini Monas Rush sudah diedarkan melalui toko buku Gramedia (hanya wilayah tertentu), Kompasstore.com dan juga Manikmaya.com dengan harga Rp 189.000. Untuk menyambut rilisnya Monas Rush, akan diadakan acara Launching Product yang akan digelar pada tanggal 7 Agustus 2016 mulai dari pukul 14.00 WIB di Toko Buku Gramedia Central Park Mall, Jakarta.

Baca juga: [Wawancara] Dibalik pembuatan Board Game Monas Rush

monaslaunching

You may also like