Wah! Rupanya Agen-Agen CIA Juga Bermain Board Game

Wah! Rupanya Agen-Agen CIA Juga Bermain Board Game

Siapa bilang board game hanya seru untuk menghabiskan waktu senggang bersama teman-teman?

Dilansir dari situs Ars Technica, Central Intelligence Agency – atau yang lebih dikenal dengan CIA ternyata menjadikan board game sebagai media pelatihan calon agen yang akan diterjunkan ke lapangan! Badan intelijen yang bermarkas di Fairfax, Virginia, Amerika Serikat ini memulai ide tersebut pada 2008 lalu, sebagai salah satu variasi latihan agar tidak ‘membosankan’.

Collection | Foto: arstechnica.com

Menariknya, proses desain game ini mengadaptasi beberapa judul yang mungkin tidak asing di telinga para penggemar board game. Sebut saja Collection, yang dibuat berdasarkan board game Pandemic, dimana tersedia bermacam peran seperti politikus, militer, atau analis ekonomi yang harus bekerjasama membasmi krisis dunia.

Clopper tidak membuat Collection sebagai game yang mudah, game ini sangat sulit katanya. “Game ini sangat menitik beratkan pada kolaborasi” Ungkap Clopper. “Kami melihat [game session], mereka [pemain] benar-benar memanfaatkan waktu yang ada untuk berkomunikasi dengan yang lain, berbicara tentang kapabilitas pribadi mereka, bagaimana cara mereka bekerja sama, menyusun strategi, ‘Aku jalan duluan, kamu selanjutnya’. Mereka berusaha untuk menang”.

Masih penasaran dengan judul lainnya? Ada juga Collection Deck yang bercerita tentang uji kecerdasan dalam menyelesaikan masalah yang harus diselesaikan dengan melihat kendala yang ada. Dimainkan layaknya duel dalam Magic: The Gathering, sumber daya yang ada mungkin tidak bisa digunakan sepenuhnya.

Collection Deck | Foto: arstechnica.com

 

Lalu ada Kingpin: The Hunt of El Chapo mungkin akan  mengingatkan kamu dengan aksi kejar-kejaran antara buron dan mata-mata. Di sini satu orang pemain akan menjadi penjahat yang identitasnya sulit dideteksi. Sementara itu, pemain lain bertugas untuk mengejar dan menjebloskannya ke penjara.

Kingpin: The Hunt of El Chapo | Foto: arstechnica.com

Tak hanya itu, uniknya, ketika bermain mereka diperkenankan untuk berbuat curang. Hal ini akan membuat problematika kian nampak nyata, di mana pasti akan banyak muncul kecurangan diberbagai kasus yang dihadapi CIA.

Kamu mungkin tidak akan mendapatkan game-game ini di toko-toko board game. Namun satu pelajaran penting, bahwa tidak semua game memberi dampak buruk. Board game contohnya, terbukti memiliki segudang potensi positif yang bisa dimanfaatkan seperti sebagai media, alat bantu untuk pelatihan atau simulasi.

Sumber: arstechnica.com

 

You may also like